Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Pura Agung Besakih di Bali

Pura agung Besakih. Bali merupakan daerah dengan kebanyakan umat Hindu di dalamnya. Oleh karena itu tidak heran jika kamu menemukan banyak Pura sebagai tempat ibadah di sana. Nah berbicara tentang pura, terkadang beberapa pura tidak hanya di jadikan tempat ibadah juga melainkan sebagai pusat wisata karena bangunan dan arsitektur yang bersejarah.

Seperti salah satunya adalah pura Besakih yang berlokasi di Karangasem, Bali. Terletak di lereng barat daya dan berjarak sekitar 7,5 KM dari puncak Gunung Agung. Pura agung Besakih ini berada di ketinggian 1000 Mdpl dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam jika di tempuh dari Denpasar.

Pembangunan pura ini sudah ada bahkan sejak abad ke 8 tepatnya pada masa Rsi Markandeya yang luasnya mencapai 20 hektar lengkap dengan 22 kompleks pura di dalamnya. Tertarik untuk datang ke pura Besakih? Nah pada artikel kali ini akan di berikan ulasannya untuk bisa menjadi referensi kunjungan.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Pura agung Besakih beralamatkan di Jl. Gunung Mas No.Ds, Besakih, Kec. Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali 80863. Tepatnya berjarak sekitar 30 KM dari pusat kota Karangasem.

Tidak hanya bisa di gunakan sebagai tempat ibadah, pura agung Besakih juga di buka untuk umum dengan tarif tiket yang terjangkau yakni hanya Rp 30 ribu perorang untuk domestik, dan Rp 60 ribu perorang untuk turis asing.

Sedangkan jam operasional Pura Besakih di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Daya tarik dan aktivitas wisata Pura Agung Besakih

Ada beberapa daya tarik sekaligus aktivitas yang bisa di lakukan oleh pengunjung jika datang ke Pura Besakih. Oleh karena itu tidak heran jika pura ini selalu ramai pengunjung setiap harinya baik dari lokal maupun internasional.

1. Bangunan Pura yang Megah

Pura agung Besakih memiliki bangunan yang terbilang cukup indah. Terlebih saat cuaca sedang bagus, maka kamu akan di suguhkan keindahan gunung Agung yang terlihat secara jelas dan begitu dekat. Sebagai informasi tambahan, pura Besakih dipercaya oleh masyarakat Bali memiliki hubungan dengan makna dari Gunung Agung yang sekaligus menjadi gunung tertinggi di Bali.

Hanya berjarak di radius 7,5 KM dari kaki gunung, pura agung Besakih tergolong sebagai tempat wisata rawan bencana.

2. Berkeliling dan berfoto

Nantinya pengunjung bisa berkeliling area pura yang di butuhkan waktu sekitar 40 sampai 60 menit. Memungkinkan kamu untuk melihat setiap keunikan dari arsitektur yang ada. Selain itu untuk bisa melihat keindahan pemandangan pura, maka pengunjung di haruskan melewati anak tangga berjarak sekitar 800 meter.

Jika sudah datang ke pura ini, sangat di sayangkan jika kamu tidak mengabadikan momen dengan mengambil gambar.

Namun di karenakan pura Besakih adalah tempat untuk beribadah, maka tentunya ada batasan wilayah yang boleh digunakan untuk berfoto. Kemudian pada pura tertentu ada wisatawan yang tidak di perbolehkan untuk masuk dan hanya khusus umat Hindu yang ingin beribadah saja.

3. Kompleks pura agung Besakih

Pura ini setidaknya memiliki 22 kompleks pura umum, dan 16 kompleks pura Pedharman. Dimana pada pura umum, nantinya pengunjung bebas datang untuk masuk dan beribadah. Namun pada pura Pedharman pengunjung akan di sesuaikan dengan kasta.

Menariknya di area pura agung Besakih terdapat banyak peninggalan zaman megalitikum seperti tahta batu, teras piramid, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari semua kompleks, pura terbesanya adalah pura Penataran Agung yang bisa dikatakan pusat dari semua pura yang ada. Bangunan dari pura terbesar ini memiliki 7 tingkat dengan 3 arca utama yakni Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa.

4. Destinasi wisata religi

Bagi umat Hindu, pura Besakih bisa menjadi pusat destinasi wisata religi terbaik di Bali. Oleh karena itu pengunjung yang datang diharuskan menggunakan pakaian yang sopan. Terutama khusus wanita yang sedang datang bulan sebaiknya untuk tidak memasuki area bangunan pura.

Pada hari tertentu, biasanya terdapat upacara besar yang di adakan di pura ini. Warga Besakih akan melakukan ritual dengan datang ke pura untuk sembahyang.

Nah itulah ulasan mengenai pura agung Besakih. Daripada penasaran, maka kamu bisa langsung datang untuk sekedar menghabiskan waktu atau ingin mendapatkan pengalaman baru.

Baca Juga :

***