Top 4 Rekomendasi Tempat Wisata di Barru Paling Populer

Tempat Wisata di Barru – Kabupaten Barru di Sulawesi Selatan (Sulsel) memiliki banyak tempat wisata alam. Pemandangan alam di kabupaten ini tidak diragukan lagi indah. Ada banyak tempat wisata di Barru yang dapat memberi Anda kesegaran, kesejukan, dan waktu yang menyenangkan. Wisata air terjun dan sungai adalah salah satu yang paling populer.

Walau bagaimanapun, Barru memiliki ciri-ciri khusus daerah. Terletak di daerah perbukitan dan di pesisir laut. Karena berada jauh dari keramaian kota, banyak tempat wisata di Barru yang masih sangat asri, seperti Celebes Canyon. Tidak hanya ada wisata air, tetapi juga wisata alam seperti pegunungan dan bukit seperti Lappa Laona.

Baca Juga : Deretan Tempat Wisata Menarik di Pulau Pangkep

Rekomendasi Tempat Wisata di Barru

1. Pantai Ujung Batu

Salah satu pantai di daerah Barru dengan pasir putih yang indah adalah Pantai Ujung Batu. Bermain air atau berenang, menyelam, bermain skateboard, dan naik perahu adalah beberapa aktivitas populer di Pantai Ujung Batu. Berjemur dan mengambil foto sunset adalah daya tarik lain dari Pantai Ujung Batu. Jika Anda ingin bersantai dan menikmati pemandangan laut biru, ada gazebo di lokasi.

Jika Anda pergi ke Pantai Ujung Batu atau hanya melewati Kabupaten Barru, akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan untuk mengunjunginya. Pantai ini dapat diakses dengan mudah dari jalan raya Kabupaten Barru, yang hanya berjarak sekitar 2 km. Pantai Ujung Batu terletak di Jalan Ladulla di Sumpang Binangae, Kecamatan Barru. Itu hanya berjarak sekitar dua kilometer dari jalan poros kabupaten Barru.

Dengan membayar Rp 5.000, Anda dapat menikmati bersantai, berfoto, berenang, menyelam, naik perahu, dan menikmati sunset.

2. Celebes Canyon

Salah satu objek wisata di Kabupaten Barru adalah Celebes Canyon. Namanya berasal dari kemiripannya dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Tempat ini masih sangat asri karena air sungai mengalir melalui berbagai batuan cadas yang masih sangat alami. Sungai yang disebut Sungai Ule mengalir ke air terjun di Celebes Canyon, yang terdiri dari batuan cadas.

Tempat wisata ini masih terasa bersih tanpa polusi, karena air sungai Ule masih sangat alami. Sangat menarik bahwa Taman Alam Celebes Canyon tetap hangat untuk pengunjung meskipun musim kemarau. Wisata Celebes Canyon berada di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, dan membutuhkan waktu sekitar tiga jam perjalanan dari Makassar.

3. Air Terjun Waesai

Air Terjun Waesai, yang terletak di Dusun Wae Sae, Kecamatan Tanete Riaja, adalah objek wisata alam tambahan di Kabupaten Barru. Saat hari libur dan setelah hari raya, tempat ini selalu penuh orang. Selain itu, tempat ini merupakan tempat rekreasi favorit bagi banyak orang yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota. Air Terjun Waesai jatuh ke bawah batu besar dari ketinggian sekitar 20 meter, dan airnya masih sangat alami, membuat tempat itu sejuk.

Perjalanan ke Air Terjun Waesai tidak akan terlalu lama atau melelahkan karena pengunjung akan menikmati hamparan sawah hijau, sungai kecil, dan hutan bambu yang menyegarkan. Air Terjun Waesai juga menawarkan keindahan pelangi yang dapat dilihat pada siang hari saat cuaca cerah. Pelangi terbentuk saat air jatuh dari ketinggian 20an meter dan membentur di permukaan tanah.

Air Terjun Waesai berada di dusun Wae Sae, Lompo Riaja, kecamatan Tanete Riaja. Sekitar 150 kilometer dari Makassar, dan butuh waktu kurang lebih tiga jam untuk sampai ke sana. Setelah itu, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 km, atau 15 menit, dari tempat parkir. Perjalanan melewati sawah yang hijau nan indah membuat pengunjung tidak lelah.

4. Bukit Maddo

Ketika Anda pergi ke Kabupaten Barru, Anda harus melihat Bukit Maddo, yang memiliki pemandangan alam yang indah dan suasana yang sejuk. Bagi mereka yang suka mendaki, Bukit Maddo adalah tempat yang bagus untuk menikmati keindahan alam setelah mendaki. Namun, perjalanan mendaki akan menawarkan pemandangan indah dari alam. Tidak perlu khawatir jika pengunjung ingin membangun tenda sendiri; ada tempat penyewaan alat kamping yang cukup.

Bukit Maddo terletak di Tellumpanua, Kecamatan Tanete Rilau. Dari Makassar membutuhkan waktu tiga jam untuk sampai ke lokasi.