Daya Tarik dan Keindahan Wisata Alam Cipacet

Wisata Alam Cipacet – Salah satu lokasi wisata baru di Sumedang adalah Cipacet, yang terletak di Desa Genteng, Kecamatan Sukasari. Ini adalah surga tersembunyi dengan keindahan alam yang menakjubkan untuk para pencinta alam dan petualang. Menurut Ahmad Suryadi dalam buku Menapak Indonesia (2021), Kabupaten Sumedang adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat dengan 26 kecamatan, 7 kelurahan, dan 270 desa. Wisata alam Cipacet adalah salah satu dari banyak tempat wisata di Sumedang.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Sragen

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Wisata Alam Cipacet terletak di Desa Genteng, yang terletak di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang. Salah satu cara untuk mencapai lokasi ini adalah dengan menggunakan Jalan Raya Tanjungsari yang menuju Kota Sumedang. Kemudian, Anda harus belok kiri dari pangkalan ojek Kecamatan Sukasari atau di samping Masjid Besar Tanjungsari. Jalan Raya Tanjungsari berjarak sekitar 5 kilometer. Selama perjalanan, Anda akan banyak disuguhi dengan pemandangan indah perbukitan dan sawah. Anda dapat menikmati udara sejuk di pegunungan sepanjang perjalanan.

Wisata Cipacet tersedia dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Namun, kebijakan pengelola dapat mengubah jam operasional ini. Harga tiket masuk setiap orang hanya Rp10 ribu. Namun, jika Anda ingin menikmati semua wahana permainan, Anda harus membayar lebih banyak untuk tiap jenis permainannya.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Alam Cipacet

Wisata Alam Cipacet terkenal dengan air sungainya yang jernih, yang membuatnya sangat diminati oleh pecinta alam. Tempat ini sangat bagus untuk bermain air karena aliran airnya yang deras. Wisata Cipacet juga memiliki tempat untuk camping yang menyenangkan. Wisatawan dapat mendirikan tenda di antara bentang alam yang indah. Tempat kempingnya memiliki area permainan dan tempat swafoto.

Rekomendasi Wisata Lainnya di Sumedang

1. Objek Wisata Cigirang

Salah satu tempat wisata air adalah Wisata Cigirang, yang terletak di sekitar kaki Gunung Tampomas di Desa Cilangkap, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tempat wisata di sekitar Mata Air Cigirang selalu penuh dengan pengunjung. Kolam renang objek wisata Cigirang selalu penuh setiap musim liburan. Orang-orang yang ingin mengunjungi tempat wisata Cigirang dapat menggunakan Tol Cisumdawu dengan keluar melalui gerbang tol Paseh. Setelah keluar, ambil jalur kanan ke Desa Cilangkap. Anda harus menempuh jarak 10 km dari sana.

2. Jatinangor National Park (Jans Park)

Salah satu tempat wisata buatan terkenal dan terkenal di Sumedang. Jans Park adalah salah satu tempat wisata Sumedang yang selalu penuh dengan pengunjung. Ini adalah tempat wisata populer di bagian barat Kabupaten Sumedang karena menawarkan pelajaran sejarah dan budaya Sunda serta pengalaman alam dan petualangan. Jans Park adalah salah satu tempat wisata paling Instagramable di Sumedang. Para pengunjung akan merasakan sensasi memasuki negeri dongeng yang penuh warna-warni di sini. Untuk mereka yang tidak tahu, Taman Nasional Jatinangor terletak di Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Itu dekat dengan Gerbang Tol Jatinangor.

3. Wisata Air Gajah Depa

Wisata air Gajah Depa adalah salah satu tempat wisata paling Instagramable di Kabupaten Sumedang, meskipun lebih cocok untuk liburan bersama anak-anak. Ini juga merupakan salah satu tempat wisata waterpak terpopuler di Sumedang. Selama liburan, ada dua kolam renang untuk anak-anak dan satu kolam renang dewasa dengan wahana air.

Wisata Air Gajah Depa memiliki kolam salju yang menjadi favorit anak-anak. Selain itu, ada kolam air hangat yang mirip dengan jacuzzi. Anda dapat menggunakan tempat ini untuk merelaksasi dan membuat diri Anda merasa lebih baik. Wisata Air Gajah Depa terletak di daerah sekitar Jalan Raya Serang Nomor 99, di Desa Galudra, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.