Cityawesome.com – Wisata Alam Cadas Ngampar. Mengunjungi objek wisata alam tentu akan memberikan pengalaman berbeda. Terlebih saat kamu menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Nah di daerah Ciamis, terdapat salah satu objek wisata alam yang cukup menarik dan sayang untuk di lewatkan. Cadas Ngampar merupakan destinasi wisata yang tepatnya berada di aliran sungai Desa Gunungsari.

Lalu apa yang menarik? Memungkinkan pengunjung untuk merasakan kesejukan udara khas pedesaan. Dengan air sungai yang jernih dan lanskap bebatuan yang luas, keindahan Cadas Ngampar tentu patut di abadikan.

wisata alam cadas ngampar

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata Cadas Ngampar berlokasi di Gunungsari, Sadananya, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, 46256. Tepatya berjarak sekitar 13 KM dari pusat kota Ciamis, Cadas Ngampar menjadi solusi liburan murah. Bagaimana tidak, harga tiket yang harus di bayarkan cukup murah yakni hanya Rp 1.500 untuk anak-anak, dan Rp 3 ribu untuk orang dewasa. Hanya saja jika kamu ingin menikmati aktivitas river tubing, maka akan ada biaya paket yang terpisah.

Untuk jam operasional dari wisata ini, Cadas Ngampar di buka setiap hari mulai jam 07.30 sampai dengan 16.00 WIB.

wisata alam cadas ngampar

Daya tarik wisata Cadas Ngampar

Saat lelah menghadapi kesibukan aktivitas di kota, wisata Cadas Ngampar bisa menjadi solusi terbaik untuk dikunjungi. Suasana alam yang ada mampu menenangkan sekaligus menyegarkan mata. Terlebih lagi aliran sungai di sana terbilang masih alami dengan pemandangan yang asri.

Berikut adalah beberapa daya tarik wisata Cadas Ngampar yang populer :

1. Berada di kaki Gunung Sawal

Lokasinya yang berada di Desa Gunungsari. Di mana areanya menempati sebagian aliran Sungai Cileueur dan berasal dari sumber mata air Gunung Sawal. Kamu akan melihat kejernihan air di sana yang membuat siapapun betah berendam.

Baca Juga:  Keindahan dan Daya Tarik Pantai Ngrawe di Gunungkidul

Sebagai informasi tambahan, Gunung Sawal sendiri terkenal sebagai kawasan suaka mmargasatwa. memiliki ketinggian 1.764 Mdpl, gunung ini memiliki beragam koleksi sawa liar mulai dari Macan tutul hingga Lutung.

2. Sungai yang masih alami

Seperti pada penjelasan sebelumnya, sungai di sana terbilang masih cukup alami. Terlebih lagi ukurannya juga lebar dengan banyaknya bebatuan dari berbagai ukuran. Sesuai dengan namanya, Cadas Ngampar memiliki arti yakni Batu yang terhampar.

Kemudian pada sisi kiri dan kanan sungai terdapat sawah dan area hutan. Oleh karena itu saat berkunjung kesana, pemandangan hijau bisa di nikmati untuk sekedar menyejukkan mata.

3. Sebagai tempat rekreasi

Jika kamu menyukai aktivitas wisata alam, wisata Cadas Ngampar bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk dikunjungi. Meskipun terbilang sederhana, namun aktivitas di dalamnya cukup menarik untuk dilakukan mulai dari berenang, bermain air, bahkan hingga river tubing.

Untuk kedalaman sungainya sendiri cukup beragam, di mana pada bagian tertentu cukup dangkal namun di bagian lain cukup dalam.

4. Sebagai tempat piknik

Jika lelah bermain air, kamu bisa memilih untuk berisitrahat di bantaran sungai. Selain itu ada beberapa gazebo yang bisa di nikmati pengunjung. Terlebih lagi jejeran kios makanan yang di jual dengan harga terjangkau. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan makan atau sekedar bersantai. Hanya saja tetap untuk menjaga kebersihan sungai.

wisata alam cadas ngampar

Fasilitas penunjang wisata

Meskipun harga tiket masuknya cukup murah, namun bukan berarti tidak ada fasilitas apapun di dalamnya. Cadas Ngampar di kelola untuk membuat semua pengunjung yang datang merasa nyaman. Adapun beberapa fasilitas yang bisa di nikmati adalah :

  • Area parkir
  • Toilet
  • Gazebo
  • Jejeran kios makanan
  • Saung
Baca Juga:  Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Prabalintang Tegal

Nah itulah beberapa penjelasan singkat mengenai wisata Cadas Ngampar yang menarik untuk dikunjungi. Di karenakan wisata ini cenderung murah, tentunya kamu bisa berkunjung dan membawa semua keluarga untuk menghabiskan waktu di sana.

Baca Juga :

***