7 Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Tondano

Wisata di Tondano – Tidak seperti Manado atau Tomohon, Tondano adalah kota kecil di Sulawesi Utara yang memiliki banyak keindahan alam yang menakjubkan. Oleh karena itu, melakukan perjalanan ke Tondano adalah salah satu pilihan yang menarik jika Anda bepergian ke Sulut. Tempat ini memiliki banyak tempat wisata alam yang indah, seperti danau, gua, air terjun, kolam, dan lainnya. Oleh karena itu, tidak perlu berbicara lebih jauh, mari kita lihat apa yang menarik di Tondano berikut ini!

Baca Juga : Daya Tarik dan Keindahan Wisata Alam Cipacet

Rekomendasi Tempat Wisata di Tondano

1. Benteng Moraya

Tondano memiliki banyak tempat bersejarah yang patut di kunjungi. Salah satunya adalah Benteng Moraya, tempat penduduk Minahasa terakhir melawan kolonial Belanda. Dengan mengunjungi monumen ini, Anda juga dapat mempelajari lebih banyak tentang sejarah suku Minahasa dari relief yang terukir di bagian luarnya. Selain itu, ketika Anda mendaki puncak Benteng Moraya, Anda memiliki kesempatan untuk melihat pemandangan kota Tandono dan Danau Tandono dari kejauhan. Ini adalah alasan mengapa orang-orang di daerah itu menganggap Benteng Moraya sebagai tempat terbaik untuk swafoto.

2. Air Terjun Kandera dari Dalam

Air Terjun Kandera di Tondano adalah tempat yang harus di kunjungi jika Anda menyukai pemandangan air terjun. Selain itu air terjun ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah dari atas, karena tingginya mencapai 75 meter. Suasananya asri dan airnya jernih. Tempat ini memiliki cerita yang menarik. Banyak masyarakat sekitar percaya bahwa di sana terdapat bekas tapak kaki raksasa yang di sebut Kombangen. Tidak jelas jenis makhluk Kombangen! Tidak di ragukan lagi, tempat ini layak di kunjungi.

3. Goa Tonsea Jepang

Goa Jepang Tonsealama adalah wisata sejarah tambahan. Terletak di Jl. Tondano–Airmadidi, Tonsea Lama, Tondano Utara. Jika Anda menyukai sejarah, terutama tentang kedatangan Jepang atau Nippon ke negara kita, tempat ini adalah tempat yang tepat. Berhati-hatilah saat mengambil foto di depan mulut gua, karena banyak kelelawar masuk ke dalamnya. Pemerintah sekarang memperhatikan tempat ini dan menjaganya agar tetap terjaga, bukan seperti sebelumnya.

4. Lekwan Wangko

Anda mungkin bertanya-tanya di mana Lekow Wangko ini berada. Ini adalah tempat yang bagus untuk menginap dan tidak jauh dari Danau Tondano. Ciri khas utamanya adalah pemandangan alam yang indah di kombinasikan dengan lokasi foto kontemporer. Lokasi Lekow Wangko adalah Masarang di Tondano Barat. Foto liburan Anda dapat di percantik dengan banyak lokasi foto menarik, seperti taman bunga, rumah Hobbit, atau balon udara. Latar belakang gunung sangat indah.

5. Danau Tondano

Danau Tondano adalah tempat wisata paling populer di kota Tondano, jadi itu harus menjadi tempat pertama yang harus Anda kunjungi. Selain itu danau seluas 48 km2 ini akan memanjakan mata dengan pemandangannya yang indah. Danau yang menakjubkan ini di kelilingi oleh banyak gunung, mulai dari Gunung Kaweng, Gunung Lembena, dan Gunung Masaran, hingga Bukit Tampusu. Jadi Anda dapat membayangkan suasananya sendiri. Anda pasti akan menikmati piknik di tempat ini.

6. Tondano Uluna

Uluna Tondano adalah mata air jernih yang disukai orang Minahasa. Danau sedalam 3 meter ini memiliki pemandangan bawah air yang luar biasa yang ideal untuk foto dengan GoPro dan diunggah di Instagram. Banyak orang mengambil foto dan diving di sini. Keanekaragaman hayatinya luas, termasuk ikan-ikanan seperti mujair, lobster tawar, dan crayfish, antara lain.

7. Sumamaro Endo

Sumaru Endo, sebuah resort dan restoran terkenal di Minahasa, adalah salah satu tempat wisata Tondano yang paling populer. Warga lokal yang ingin menikmati liburan juga menyukai tempat ini. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti kolam renang, dan penginapan yang nyaman, tempat ini memiliki suasana yang tenang. Di resort-nya, Anda dapat menikmati pemandangan danau Tondano yang indah. Anda tidak akan menemukan tempat wisata Tondano ini karena berada tepat di pinggir danau Tondano. Liburan Anda di tempat yang indah ini tidak akan pernah menyesal!