Cityawesome.com – Wisata Gunung Kelud. Gunung Kelud menjadi salah satu rekomendasi tujuan wisata terbaik yang bisa di kunjungi. Berada di Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kediri, Gunung Kelud terbilang cukup populer dan tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung.

Namun untuk kamu ketahui, Gunung Kelud sendiri lokasainya berada di 3 titik lokasi sekaligus yakni Kediri, Blitar, dan Malang.

Tidak hanya puncak gunung saja yang menjadi primadona karena keindahannya, Gunung Kelud di lengkapi dengan berbagai tempat wisata menarik di sekitarnya untuk bisa melengkapi liburanmu. Jika tertarik untuk menghabiskan waktu di kawasan Gunung Kelud, berikut ini beberapa rekomendasi wisata sekitar yang memiliki keindahan menawan.

1. Agrowisata Gunung Kelud

Menjadi salah satu rekomendasi wisata yang berada di kawasan Gunung Kelud. Agrowisata Gunung Kelud memungkinkan kamu untuk bebas berkeliling sekaligus menikmati kebun bunga yang menawan. Ada banyak jenis bunga yang bisa kamu nikmati keindahannya mulai dari mawar, matahari, dan masih banyak lagi yang lainnya.

1. Agrowisata Gunung Kelud

Lebih dari itu, kamu juga akan bisa belajar mengenai sejarah yang ada di Gunung Kelud.

2. Air terjun Tirto Galuh

Kebanyakan gunung di Indonesia di lengkapi dengan keindahan air terjun. Seperti pada gunung Kelud ini di mana kamu bisa mengunjungi air terjun Tirto Galuh. Meskipun tergolong air terjun mini, namun air terjun Tirto Galuh ada banyak dan berasal dari satu aliran sungai.

2. Air terjun Tirto Galuh

Kaindahan alamnya masih terkesan alami dan asri. Bahkan di sana juga tersedia fasilitas wisata berupa flying fox yang bisa menambah keseruan berkunjung. Untuk lokasinya, air terjun Tirto Galuh berada di Desa Sidomulyo Kecamatan Bakung, Blitar.

3. Goa Pohsarang

Rekomendasi wisata lainnya yang berada di kawasan gunung Kelud dan sayang untuk dilewatkan adalah Goa Pohsarang. Di mana goa ini sebenarnya adalah tempat beribadah bagi umat Katolik. Tidak hanya beribadah, di sana goa Pohsarang juga sekaligus di jadikan sebagai tempat ziarah.

3. Goa Pohsarang

Nantinya saat berkunjung ke Goa Pohsarang, kamu akan menemukan gereja yang mengusung arsitektur bangunan Hindu-Jawa. Selain itu berbagai patung Yesus juga hadir melengkapi keindahan gereja ini.

Baca Juga:  Fakta Unik Provinsi Bengkulu, Banyak Sejarah Yang Tercatat !

4. Jalan Misteri

Meskipun namanya terdengar menyeramkan, namun Jalan Misteri yang berada di kawasan gunung Kelud menjadi salah satu tempat wisata yang unik dan menghibur. Sebenarnya secara umum, Jalan Misteri sendiri merupakan jalan biasa yang bahkan sering di lewati oleh wisatawan.

wisata gunung kelud Jalan Misteri

Namun yang membuatnya unik adalah mengenai kendaraan yang melintas, di mana kendaraan akan tetap bisa melaju bahkan jika dalam kondisi mati mesin sekalipun. Hal itulah yang membuat Jalan tersebut di namakan Jalan Misteri sehingga menarik perhatian pengunjung.

5. Puncak Gunung Kelud

Sebagai informasi tambahan, puncak gunung kelud memiliki perubahan tepatnya sejak terjadi letusan pada tahun 2014. Namun keindahan alamnya tetap mengagumkan di mana kamu bisa menemukan danau kawah di atas puncak gunung ini.

wisata gunung kelud Puncak Gunung Kelud

Di sarankan untuk kamu mengunjungi puncak gunung kelud tepatnya pada waktu menjelang pagi. Dengan begitu nantinya kamu akan merasakan selayaknya berada di Danau Kalimutu Pulau Flores.

6. Wisata Air Panas

Rekomendasi wisata lainnya yang ada di sekitar gunung Kelud adalah pemandian air panas. Bukan main, air panas di sana bersumber dari mata air panas alami yang ada di gunung Kelud.

wisata gunung kelud Wisata Air Panas

Pemandian air panas yang ada di sana memungkinkan kamu untuk menikmati kesegaran setelah lelah mendaki dan berkeliling.

Nah itulah beberapa rekomendasi wisata sekitar Gunung Kelud yang sayang untuk dilewatkan. Dari beberapa tempat yang telah di jelaskan, mana yang paling membuat kamu tertarik?

Baca Juga :

***