tips liburan keluarga

Liburan keluarga bisa kita katakan sebagai sesuatu yang gampang-gampang susah. Namun, sebenarnya jika kamu merencanakan liburan keluarga dengan matang, maka liburan akan terasa begitu sempurna. Berikut tips liburan keluarga agar liburan menjadi lebih spesial dan menyenangkan

1. Pilih tujuan dengan bijak

tips liburan keluarga

Ini adalah tips yang menjadi dasar perjalanan keluarga. Pertimbangkan preferensi setiap anggota keluarga sebelum kamu membuat keputusan, tetapi yang terpenting pastikan preferensi tersebut praktis untuk setiap anggota keluarga (anak-anak, orang tua, pasangan, dll.).

Contoh: Kamu  mungkin merasa berlibur ke Jepang di tengah musim dingin adalah hal yang menarik, tetapi bagi orang tua atau anak-anak, itu mungkin bukan ide terbaik. Jadi pastikan memilih tempat yang akan cocok bagi semua anggota keluarga.

BACA JUGA: 5 Wisata Belanja di Singapura, Surga Bagi Shopaholic

2. Pesan penginapan atau hotel sebelumnya

Seseorang dapat merasa tenang jika sudah menyaipakn berbagai hal sebelum keberangkatan. Dari mulai memesan hotel, penerbangan, tiket untuk tamasya dan atraksi lainnya ketika seseorang bepergian dengan keluarga mereka. Faktanya adalah bahwa ini bukan hanya tentang ketenangan tetapi lebih tentang keharusan untuk tidak khawatir mengenai hal-hal yang dapat dengan mudah kamu urus hanya dengan satu klik tombol pada aplikasi. 

Tips liburan dengan keluarga: Memesan hotel, penerbangan, tiket tamasya, dan atraksi jauh hari sebelumnya tidak hanya dapat  liburan tanpa rasa khawatir.

3. Simpan dokumen perjalanan dengan aman 

tips liburan keluarga

Tidak perlu diragukan lagi, kamu tentu tidak ingin kehilangan dokumen perjalanan di luar negeri saat bepergian bukan? Namun pada saat yang sama, ingin menyimpannya di tempat yang mudah kamu jangkau sehingga lebih praktis dan tidak merepotkan. Jadi apa solusinya? Simpan Paspor pada tas kecil seperti tas selempang agar praktis dan aman pada saat yang bersamaan. Orang dewasa dapat mengurus tasnya sendiri, tetapi jika kamu bepergian dengan anak-anak, lebih baik bawa tas mereka dan berhati-hatilah.

BACA JUGA: 5 Tips Liburan Murah di Thailand

4. Ketahui apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan di tempat tujuan sebelum  bepergian

Ini sama pentingnya dengan dokumen perjalanan untuk keselamatan dan pengalaman perjalanan bergantung padanya. Jika bepergian ke tujuan baru terutama internasional, sangat penting untuk menyelaraskan dengan budaya. Ketahui apa yang boleh dan tidak boleh turis lakukan, dan aturan khusus tempat tersebut. Jika tidak, hal itu dapat menyebabkan denda. Selain itu, kamu juga pasti akan malu, dan dapat menyebabkan masalah lainnya. Ketahui tentang tingkah laku / etiket dasar setiap negara sebelum kamu liburan

Contoh: Mengenakan pakaian pendek di timur tengah atau di tempat-tempat keagamaan tidak diperbolehkan.

5. Bepergian dengan ringan tetapi jangan lupa hal-hal penting, terutama kotak P3K!

tips liburan keluarga

Meskipun sering dianggap sebagai hal yang praktis untuk bepergian dengan ringan dan hanya menjaga hal-hal penting. Namun jangan sampai lupa untuk membawa obat terutama, jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit.

Tips liburan bersama keluarga: Meskipun kotak pertolongan pertama atau P3K dianggap penting untuk bepergian, penting juga untuk mengingat anggota keluarga dengan kebutuhan medis khusus, Misalnya, inhaler untuk pasien asma.

BACA JUGA: Tips Liburan di Masa Pandemi Biar Tetap Sehat

By Intan