7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Manado yang Terkenal

Berlibur ke Sulawesi Selatan tepatnya Manado memberikan pengalaman seru yang tentunya akan sulit untuk dilupakan. Selain terdapat berbagai tempat wisata menarik, rekomendasi oleh-oleh khas Manado juga sangat sayang untuk dilewatkan. Nah jika kamu ingin mendapatkan rekomendasi oleh-oleh khas Manado, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa yang paling pas di bawa pulang. Simak artikel berikut hingga akhir !

Rekomendasi oleh-oleh khas Manado

1. Cakalang Fufu

Merupakan makanan asli Manado yang sering di jadikan opsi rekomendasi oleh-oleh. Sesuai dengan namanya, cakalang Fufu adalah ikan cakalang yang di olah dengan memberikan rempah dan di masak dengan cara diasap. Selain itu pada umumnya, rasa dari Cakalang Fufu ini adalah asin dan pedas. Terlebih di karenakan prosesnya yang di masak dengan pengasapan, maka tidak heran jika Cakalang Fufu bisa bertahan dalam waktu beberapa hari tanpa harus masuk ke kulkas.

2. Dodol Amurang

Dodol nyatanya tidak hanya berasal dari Garut saja. Jika kamu berkunjung ke Manado, maka kamu bisa menemukan dodol amurang sebagai salah satu opsi oleh-oleh khas. Pembuatannya yang masih alami, bahkan seringkali dodol amurang di bungkus menggunakan daun kelapa. Selain itu dodol amurang juga seringnya di jadikan sebagai hidangan wajib saat masyarakat Manado mengadakan hajatan.

3. Halua Kenari

Sesuai dengan namanya, Halua kenari adalah camilan khas Manado yang terbuat dari kacang kenari dan di tumbuk kasar kemudian di lapisi dengan gula merah cair. Memiliki citarasa manis, kamu bisa dengan mudah menemukan Halua Kenari di berbagai toko oleh-oleh khas Manado.

4. Kacang Goyang

Rekomendasi oleh-oleh khas Manado lainnya yang bisa di bawa pulang adalah kacang goyang. Di mana ini adalah camilan khas Manado dan memiliki beragam warna menarik. Selain itu pembuatannya terbuat dari kacang atom yang di lapisi dengan tepung terigu, gula, dan pewarna makanan. Namun seiring perkembangan zaman, kacang goyang di buat dengan variasi yang lebih menarik yakni di tambahkan dengan bahan lain seperti cokelat.

5. Klappertart

Meskipun sebenarnya kamu bisa menemukan Klappertart dengan mudah di kota lain di Indonesia, namun rasa Klappertart khas Manado ini terbilang cukup berbeda. Lebih enak jika di bandingkan dengan klappertart daerah lain, makanan ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Oleh karena itu kamu perlu memasukkan dalam lemari es sesaat sampai dirumah.

6. Pala Manis

Merupakan manisan khas Manado, Pala manis memiliki citarasa yang khas dan sudah terkenal bahkan hingga ke Malaysia. Selain itu resep pembuatannya juga cukup sederhana yakni hanya dengan campuran gula pasir saja. Oleh karenanya tidak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan Pala Manis sebagai rekomendasi oleh-oleh khas Manado.

7. Sambal Roa

Siaapa yang tidak kenal dengan kuliner khas Manado satu ini. Di mana sambal roa sendiri memang sudah terkenal di Indonesia. Jika kamu berkunjung ke Manado, maka kamu akan menemukan sambal roa yang sudah di kemas untuk bisa di jadikan oeh-oleh khas. Sebagai informasi tambahan, sambal roa sendiri terbuat dari ikan roa yang sudah di asapi dan di masak dengan bumbu, cabe, dan minyak. Rasa pedas dan gurih dari sambal roa sangat cocok di padukan dengan bubur khas Manado.

Nah itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Manado yang enak dan bisa menjadi inspirasi bawaan setelah liburan. Pastikan untuk tidak ketinggalan mengikuti update wisata di Cityawesome.com.

Baca Juga :

***