Jejeran Makanan Khas Nias yang Lezat dan Populer

Nias merupakan kepulauan yang berada di sebelah barat pulau Sumatera. Di mana Pulau Nias sendiri masih terkenal akan tradisi Fahombo atau batu loncat yang mencapai 2 meter dengan ketebalan sekitar 40 cm. Adapun tradisi unik tersebut terbilang sudah mendunia dan bertujuan sebagai bukti dari kedewasaan secara fisik. Namun tidak hanya tradisi unik yang mendunia, nyatanya Nias juga memiliki beragam makanan khas yang tidak kalah populer karena memiliki citarasa yang menagihkan. Apa saja makanan khas Nias yang bisa di nikmati? Berikut adalah beberapa di antaranya !

Rekomendasi Makanan khas Nias

1. Babae

Merupakan makanan khas Nias yang sekaligus di jadikan sebagai warisan cagar budaya tak benda dari Sumatera Utara. Babae sendiri tidak lain adalah bubur yang terbuat dari campuran daging, kacang, dan rempah pilihan. Dulunya Babae hanya di nikmati oleh keluarga bangsawan saja, namun seiring berjalannya waktu, makanan satu ini bisa di nikmati oleh semua kalangan tanpa terkecuali.

2. Harinake

Rekomendasi makanan khas Nias lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Harinake. Di mana makanan ini terbuat dari daging babi yang di potong kecil kemudian di olah hingga menciptakan citarasa yang gurih. Selain itu Harinake juga terbilang hidangan spesial karena seringkali di sajikan saat ada upacara adat atau untuk jamuan tamu. Bahkan masyarakat asli Nias seringkali menyajikan Harinake untuk memberikan penghormatan terhadap mertua.

3. Kofo-Kofo

Menjadi salah satu makanan khas Nias yang sangat mudah ditemukan di restoran sekitar Nias. Kofo-Kofo terbuat dari ikan goreng yang di masak kembali menggunakan santan dan berbagai macam rempah. Untuk citarasa dari makanan ini tentu tidak bisa di ragukan begitu saja. Selain itu kofo-kofo mirip dengan gulai ikan pada umumnya.

4. Ni’owuru

Merupakan makanan khas Nias yang menggunakan bahan daging atau ikan yang di asinkan. Namun secara umum, biasanya masyarakat Nias sendiri menggunakan daging babi. Ni’owuru memiliki tekstur yang sedikit keras dan cenderung kering. Selain citarasa yang asin, makanan satu ini memiliki aroma daging yang berbeda. Ni’owuru sendiri lebih sering di hidangkan saat pesta adat, acara keluarga, atau jamuan di acara-acara tertentu seperti pernikahan.

5. Ni Unago

Makanan khas Nias yang satu ini terbuat dari daging babi dan termasuk dalam makanan berat. Tidak main-main, bahkan proses memasaknya memakan waktu 6 hingga 8 jam dengan cara di asap. Penggunaan rempah yang lengkap, menciptakan Ni Unago dengan rasa yang lezat dan nagih bagi siapa saja yang menikmatinya.

6. Nibini Ogo

Jika di lihat sekilas, makanan ini memang serupa dengan pepes. Nibini Ogo bisa di buat menggunakan ikan maupun daging. Caranya dengan melumuri daging dengan bumbu untuk dibungkus menggunakan daun pisang. Adapun cara memasak Nibini Ogo sendiri adalah dengan cara di asap hingga matang. Makanan satu ini lebih nikmat jika di sajikan bersamaan dengan nasi hangat.

7. Silio Guro

Silio Guro adalah salah satu makanan khas Nias yang cukup populer. Di mana ini terbuat dari daging udang yang di giling kemudian di campur dengan kelapa parut dan bumbu rempah. Kemudian jika semua bahan sudah di campur dengan rata, selanjutnya dibungkus dengan daun pisang untuk di bakar. Aroma dari makanan ini terbilang cukup mengggah selera dan cocok jika di nikmati bersamaan dengan nasi hangat.

8. Tamboyo

Tamboyo adalah salah satu makanan daerah Nias yang memiliki citarasa spesial. Bentuknya memang mirip dengan ketupat secara umum. Namun dari segi penggunaan bahan, Tamboyo tentu berbeda dengan ketupat karena menggunakan beras ketan sehingga teksturnya lebih kenyal. Memiliki citarasa yang gurih, tidak heran jika Tamboyo terbilang enak bahkan jika dijadikan camilan sekalipun.

Nah itulah beberapa makanan daerah Nias yang bisa dinikmati. Jika kamu berkunjung ke pulau Nias, pastikan agar tidak kelewatan dengan makanan khas diatas.

Baca Juga :

***