7 Makanan Khas Ponorogo yang Populer dan Menggugah Selera

Mau tahu makanan apa saja yang menjadi ciri khas Ponorogo? Merupakan kabupaten yang berada di Jawa Timur, Ponorogo memiliki beberapa makanan khas yang cukup terkenal. Langsung saja pada pembahasan utama, berikut adalah beberapa makanan khas Ponorogo yang populer dan menggugah selera.

1. Gethuk Golan

Menjadi salah satu jajanan tradisional, Gethuk Golan sendiri cukup populer di Ponorogo tepatnya desa Golan. Yang membuatnya lebih unik adalah, jika gethuk pada umumnya terbuat dari singkong, maka Gethuk Golan terbuat dari ketan hitam. Di mana pengolahannya menggunakan campuran kelapa dan gula merah yang sudah di cairkan. Untuk bisa menikmati Gethuk Golan, maka kamu perlu untuk datang langsung ke Golan, pasalnya makanan khas ini semakin jarang di temukan di daerah lain.

2. Es Dawet Jabung

Untuk menambah kesegaran, kamu bisa minum es dawet Jabung yang merupakan minuman khas Ponorogo. Adapun es dawet Jabung berisikan cendol, bubur ketan, nangka, dan gempol atau ketan. Di padukan dengan kuah santan yang di campur dengan gula merah cair, minuman ini sangat menyegarkan terlebih saat cuaca panas. Menariknya lagi, cendol yang di gunakan terbuat dari tepung beras bahkan tanpa bahan pengawet apapun.

3. Pecel Ponorogo

Rekomendasi makanan khas Ponorogo lainnya yang cukup menggugah selera adalah pecel. Sebenarnya pecel sendiri bisa di temukan dengan mudah didaerah manapun. Namun yang membuat pecel Ponorogo terasa spesial adalah bumbunya cukup kental dan cenderung pedas. Sedangkan untuk isian sayur terbilang cukup lengkap seperti sayuran hijau, tauge, kemangi, lamtoro, bahkan hingga mentimun. Untuk menambah citarasa, kamu bisa mencampurkannya dengan beberapa gorengan.

4. Rujak Petis Welirang

Makanan satu ini terbilang cukup populer di Ponorogo dengan citarasa yang cukup berbeda. Rujak Petis Welirang memiliki rasa yang lebih gurih dan di campur dengan sambal. Meskipun secara umum, rujak petis Welirang serupa dengan rujak cingur asal Surabaya, namun makanan khas Ponorogo yang satu ini tidak menggunakan cingur kambing sama sekali.

5. Sate ayam Ponorogo

Ponorogo memiliki salah satu makanan khas yang tidak kalah populer di banding dengan daerah lain. Berbeda dengan sate Madura, bentuk potongan dari sate ini adalah di sayat panjang serupa dengan fillet. Selain itu untuk proses mengolahnya, daging akan di rendam terlebih dahulu menggunakan kecap dan minyak sayur. Sate ayam Ponorogo biasanya di bumbui dengan bumbu kacang hingga meresap hingga kedalam daging. Tidak jarang juga jika sate ayam Ponorog di sajikan dengan lontong atau ketupat.

6. Sego Tahu

Merupakan makanan yang terdiri dari nasi putih dan campuran tahu bumbu. Sering kali Sego tahu di tambah telur setengah matang untuk memaksimalkan rasa. Jika tidak ingin menggunakan nasi putih, kamu bisa mengubahnya dengan lontong. Adapun sego tahu asal Ponorogo ini memiliki citarasa yang gurih manis hasil perpaduan dari tahu dan kecap.

7. Tiwul Goreng

Tiwul Goreng adalah salah satu makanan khas Ponorogo yang menarik untuk dicicipi. Tepatnya di Telaga Ngebel, kamu bisa menemukan tiwul goreng dengan citarasa yang menggugah selera. Adapun penyajian Tiwul Goreng ini di mulai dari singkong yang di rendam terlebih dahulu. Agar lebih menambah kenikmatan, maka kamu bisa menambahkan ikan nila goreng sebagai lauk.

Demikian adalah beberapa makanan khas Ponorogo yang populer dan cukup menggugah selera. Dari beberapa makanan diatas, manakah yang paling membuatmu tertarik?

Baca Juga :

***