Cityawesome.com – Wisata Kuliner Solo. Liburan memang selalu menjadi hal yang menyenangkan ya. Nah, jika kamu sedang merencanakan untuk berwisata. Solo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu menghabiskan waktu.

Selain tempat wisatanya yang gak bisa di lupain. Kuliner yang ada di dalamnya juga bisa bener – bener bikin kamu ketagihan. Selain itu kamu juga akan rela antri hanya untuk berwisata kuliner di kota asal Presiden Joko Widodo ini.

Kota Surakarta atau juga di sebut Solo atau Sala merupakan  wilayah otonom dengan status kota di bawah Provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga merupakan kota terbesar ketiga di pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang berdasarkan jumlah penduduk.

Apa aja jajanan solo yang bisa jadi opsi kamu untuk wisata kuliner? Yuk simak artikel ini sampai habis. Cityawesome sudah rangkum 10 wisata kuliner di solo yang pastinya akan bikin kamu ketagihan.

1. Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan

Jajanan pertama yang bisa jadi pilihan untuk kamu berwisata kuliner di solo adalah Gudeg Ceker. Eits, jangan salah, bukan cuman yogyakarta aja yang terkenal dengan gudegnya. Solo juga punya gudeg khas yang gak boleh kamu lewatin.

1. Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan

Kamu bisa berkunjung ke Gudek Ceker Bu Kasno Margoyudan. Gudeg ini lokasinya di Jalan Monginsidi, Margoyudan. Tepatnya di depan Gereja Kristen Jawa dan SMAN 1 Surakarta. Harga untuk 1 porsi gudeg ceker Bu Kasno ini 18 ribu. Sangat terjangkau bukan?

Soal rasa gak perlu di ragukan lagi, kamu akan ketagihan nyobain gudeg ceker khas Solo yang sudah terkenal di mana – mana ini.

2. Wisata Kuliner di Solo “Tengkleng Bu Edi”

Selain gudeg, kamu juga harus mampir ke pasar klewer untuk bisa nyicipin Tengkleng Bu Edi. Kamu pecinta daging kambing gak boleh ketinggalan dengan hidangan yang di olah dari tulang dan jeroan kambing ini.

2. Wisata Kuliner di Solo "Tengkleng Bu Edi"

Lokasi warung makan bu Edi ini tepatnya di sisi bagian utara gapura Pasar Klewer. Tapi jangan kaget kalau kamu harus mengantri untuk bisa nikmatin kelezatan dari Tengkleng bu Edi ini ya. Karena rasa tengkleng yang enak membuat pelanggan ketagihan dan selalu balik lagi sampai rela harus antri panjang.

Baca Juga:  Liburan Akhir Tahun Yang Aman Di Tengah Pandemi, Jangan Lupakan Ini!

3. Wisata Kuliner di Solo “Pecel Solo”

Nah kalau hidangan pecel ya siapa yang gak tau ya. Makanan ini memang selalu ada di mana – mana. Tapi di Solo ada lho jajanan pecel yang terbilang unik yaitu pecel ndeso. Pecel ini juga menjadi makanan yang hits di Solo.

Biasanya pecel ndeso ini terdiri dari nasi merah, daun bayam, kembang turi, daun kates, dan jantung pisang yang di siram dengan bumbu pecel yang rasanya sangat medok.

3. Wisata Kuliner di Solo "Pecel Solo"

Kamu bisa berkunjung ke pecel solo ini yang beralamat di Jalan Dr. Soepomo No,55 Mangkubumen. Harganya juga masih terbilang murah sekitar 10 ribu sampai 20 ribuan aja.

Nuansa warung pecelnya juga tradisional Solo banget lho yang pasti kamu akan merasakan pengalaman berbeda saat kamu dateng ke warung pecel solo ini.

4. Soto Seger Mbok Giyem Solo

Kalau kamu mau wisata kuliner yanng seger – seger. Nah Soto mbok Giyem bisa jadi jawaban untuk kamu. Dengan cita rasa yang khas membuat Soto mbok Giyem ini menjadi hidangan favorit bagi banyak wisatawan.

4. Soto Seger Mbok Giyem Solo

Soto mbok Giyem juga memiliki isian yang lengkap di dalamnya mulai dari potongan daging, kecambah, bihun, hingga bawang goreng dan pasti membuat kamu puas dengan hidangan Soto mbok Giyem. Kamu gak boleh ketinggalan untuk mampir ke warung Soto yang terletak di jalan Bhayangkara ini.

5. Serabi Notosuman

Jajanan legendaris yang satu ini memang selalu menarik perhatian para wisatawan di Solo. Gimana enggak, serabi Notosuman sudah berdiri sejak 1923, bahkan sebelum indonesia merdeka lho. Banyak para wisatawan yang rela antri panjang untuk bisa menikmati kelezatan dari serabi yang terkenal ini.

5. Serabi Notosuman

Kamu bisa mampir dan ikut antri untuk nyobain serabi yang berlokasi di jalan Mohammad Yamin No. 28 ini. Harga yang di baderol juga masih ramah di kantong, hanya sekitar 20 ribu sampai 25 ribu untuk 1 porsi serabi yang isinya 10 buah. Puas kan pastinya?

Baca Juga:  Obyek Wisata Gunung Bromo, Wajib Di Kunjungi

6. Sate Buntel Hj. Bejo

Sekarang kita beralih ke sate – satean. Kamu bisa mampir ke warung sate yang gak kalah legendaris. Sate Buntel Hj. Bejo ini terdiri dari daging kambing yang di cincang dan di bungkus dengan lemak kambing lalu di bakar.

6. Sate Buntel Hj. Bejo

Pak Jokowi juga sudah berlangganan dengan warung sate ini bahkan jauh sebelum beliau menjabat sebaga walikota solo. Wahh, keren kan? Bisa di bayangin juga soal rasanya gimana.

Selain sate buntel yang menjadi bintang menunya, kamu juga bisa nikmatin menu lain seperti gulai, tongseng, dan tengkleng yang gak kalah nikmatnya. Sate Buntel Hj. Bejo yang berlokasi di jalan Lojiwetan ini pokoknya gak boleh kamu tinggalin.

7. Wisata Kuliner di Solo “Galabo Solo”

Tempat kuliner yang bisa jadi pilihan kamu selanjutnya adalah Galabo Solo. Galabo Solo ini merupakan tempat makan yang di buka pada malam hari. Kamu bisa nongkrong bersama teman – teman sekaligus menghabiskan malam di sana.

7. Wisata Kuliner di Solo "Galabo Solo"

Selain itu pastinya akan ada banyak jajanan yang berjejer di sana untuk kamu nikmatin satu – persatu. Galabo Solo ini berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo No. 32, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

8. Selat Solo Mbak Lies

Hidangan khas Solo yang satu ini juga gak boleh kamu tinggalin. Selat Solo mbak Lies ini juga gak kalah terkenalnya di banding yang lain. Dengan 28 ribu kamu sudah bisa nikmatin kelezatan selat khas Solo ini.

8. Selat Solo Mbak Lies

Selain itu, Selat Solo mbak Lies ini juga memiliki dekorasi unik yang bisa memanjakan mata saat sedang menikmati hidangannya. Kamu harus mampir ke warung mbak Lies yang berlokasi di Gang II No. 42, Serengan ini.

Baca Juga:  7 Destinasi Wisata Sejarah Terpopuler Di Indonesia

9. Wisata Kuliner di Solo “Cafe Tiga Djeret”

Untuk kamu anak kafe, yang gak pernah ketinggalan ngafe saat liburan. Kamu bisa mampir dan nongkrong di Cafe Tiga Djeret. Selain makanan dan minuman nya yang pasti enak – enak. Setting dari kafe ini juga gak kalah kerennya.

9. Wisata Kuliner di Solo "Cafe Tiga Djeret"

Bahkan pernak – perniknya terbuat dari barang bekas yang di daur ulang. Kreatif banget kan ownernya. Selain bisa menikmati hidangan yang ada, kamu juga bisa berswafoto di tempat yang terbilang unik ini.

10. Wisata Kuliner di Solo “Nasi Liwet Solo”

Orang Indonesia memang gak pernah ketinggalan dengan yang namanya nasi ya. Nasi liwet khas Solo bisa menjadi pilihan kamu berwisata kuliner.

10. Wisata Kuliner di Solo "Nasi Liwet Solo"

Banyak nasi liwet yang terjual di emperan jalan raya Solo terutama saat malam hari. jadi gak akan membuat kamu kesulitan untuk bisa nikmatin hidangan khas Solo yang satu ini.