Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas Wisata Curug Sewu Kendal

Untuk menikmati air terjun di alam tidak selalu harus melakukan perjalanan yang menantang. Wisata Curug Sewu di Kendal, Jawa Tengah, adalah tempat yang ideal untuk keluarga. Baik orang tua maupun anak-anak dapat melihat langsung keindahan air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini dan menikmati fasilitas rekreasi seperti kolam renang dan taman bermain yang tersedia dengan biaya yang sangat terjangkau.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Curug Sewu beralamatkan di Desa Wisata Curugsewu, Patean, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia, 51364. Harga tiket masuk Curug Sewu sangat murah. Tiket masuk Curug Sewu Kendal seharga Rp15.200 untuk hari biasa dan Rp17.200 untuk hari Sabtu dan Minggu. Untuk berenang, pengunjung harus membayar tambahan Rp10.000. Kawasan wisata air terjun terbuka untuk umum setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 03.00 sore. Namun, demi keamanan, objek wisata ini di tutup sebelum gelap karena merupakan wisata alam dengan mayoritas area hutan.

Daya Tarik dan Keindahan Curug Sewu Kendal

Salah satu tempat menarik di Kendal adalah Curug Sewu, yang terletak di Desa Wisata Curugsewu. Air terjunnya berbentuk berundak-undak dan mencapai ketinggian total 80 meter. Ini membuat Curug Sewu menjadi air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Tidak mengherankan bahwa tempat ini populer sebagai tempat wisata alam untuk keluarga karena pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama alam yang melingkupi air terjunnya, tetapi juga memiliki banyak pilihan lain untuk dilakukan.

Keindahan Alam Curug Sewu Kendal

Kawasan wisata Curug Sewu berada di ketinggian 650 meter di atas permukaan laut, dengan hutan di sekitarnya. Hal ini membuat udara menjadi sejuk dan menyegarkan. Meskipun harus menempuh jalur pegunungan yang berkelok-kelok, perjalanan menuju objek wisata ini tidak terlalu sulit. Jalannya mulus, dengan jajaran hutan pinus yang menghiasi jalan menuju perkebunan yang menyegarkan.

Wisata air terjun ini terletak di pusat kawasan hutan yang di kelola oleh Perhutani Kendal. Setelah melewati gerbang masuk, pengunjung dapat langsung menuju gardu pandang untuk melihat pemandangan air terjun dari ketinggian. Segera setelah memasuki gerbang, mereka dapat mendengar suara deras air mengalir di kejauhan.

Dari gardu pandang Munthuk Jambe, pengunjung dapat melihat bentuk air terjun yang bertingkat-tingkat. Ketinggian tertinggi adalah empat puluh meter, tingkat kedua sekitar lima belas meter, dan tingkat ketiga dua puluh meter. Setelah menikmati pemandangan hamparan hutan dan air terjun dari atas, pengunjung sekarang dapat melihat air terjun dari dekat. Mereka hanya perlu menuruni tebing dan memasuki kawasan hutan, karena arus airnya sangat deras.

Beragam Spot Foto Kekinian

Kawasan wisata Curug Sewu juga memiliki banyak lokasi foto yang menarik. Gardu pandang Munthuk Jambe, area di bibir tebing yang di hiasi pagar pengaman berwarna-warni, adalah lokasi yang paling mencolok. Pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan dan air terjun yang memukau dari ketinggian dari lokasi ini. Di dekat Munthuk Jambe, ada tempat menarik lainnya. Itu adalah tangan raksasa berwarna merah yang terbuat dari besi. Keindahannya adalah pemandangan alam yang dapat di nikmati oleh pengunjung.

Monumen Vespa raksasa di gerbang masuk juga harus di lihat. Sejak tahun 2008, ada replika vespa yang tingginya sekitar dua meter. Ini adalah Vespa besar yang mengingatkan kita pada gelaran Jambore Nasional Vespa yang pernah terjadi di sini. Monumen ini sekarang menjadi salah satu ciri khas Curug Sewu dan tempat pengunjung paling suka berfoto dengannya.

Taman Bermain Anak

Curug Sewu adalah tempat yang bagus untuk liburan keluarga. Taman bermain ini memiliki berbagai wahana permainan mulai dari ayunan hingga kereta mini. Pengunjung juga bisa menikmati fasilitasnya. Tidak ada salahnya menyegarkan diri setelah bermain. Anak-anak dapat mencoba kolam renang yang tersedia. Berenang di daerah pegunungan dengan pemandangan alam pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Air terjun ini juga memiliki kebun binatang mini, tetapi itu tidak lagi ada. Salah satu alasan kebun binatang ini ditutup adalah banyaknya hewan yang tidak terurus.

Fasilitas Wisata Curug Sewu Kendal

Penyediaan infrastruktur yang memadai di Curug Sewu terus meningkat. Ada area parkir yang luas, mushola, toilet, kamar mandi, dan banyak warung makan di dalamnya. Ada kolam renang, lapangan tenis, gedung pertemuan, penginapan, panggung hiburan, gardu pandang, dan taman bermain anak yang memiliki berbagai wahana permainan. Kebun binatang kecil yang dulunya masih beroperasi telah ditutup karena kekurangan perawatan.

Baca Juga :

***