Cityawesome.com – Planetarium Terbaik Di Dunia. Penampakan benda luar angkasa memang selalu membuat kita terkagum dengan keindahannya. Jika penasaran dengan hal – hal berbau luar angkasa, kamu bisa lho mengunjungi planetarium.

Planetarium adalah gedung teater untuk memperlihatkan simulasi susunan bintang dan benda – benda langit lainnya. Atap gedung dari planetarium biasanya berbentuk kubah setengah lingkaran.

Planetarium Terbaik Di Dunia

Kamu akan belajar banyak hal mengenai pergerakan benda – benda langit di malam hari. Bahkan kamu juga bisa melihat dari berbagai tempat di bumi dan sejarah alam semesta.

Untuk pengetahuan kamu, planetarium itu berbeda ya dengan observatorium. Kubah pada planetarium tidak bisa di buka untuk meneropong bintang.

Nah untuk kamu yang ingin berkunjung dan berwisata ke Planetarium, di sini Cityawesome sudah merangkum beberapa Planetarium terbaik di dunia yang bisa kamu kunjungi untuk belajar sekaligus berwisata.

1. Museum Astrologi Shanghai

Planetarium terbaik pertama yang bisa kamu jadikan opsi untuk bisa belajar sekaligus berwisata adalah Museum Astrologi Shanghai. Museum yang berada di China ini menjadi planetarium terbesar di dunia lho, keren kan?

1. Museum Astrologi Shanghai

Jika kamu berkunjung ke planetarium terbesar ini maka kamu akan di suguhkan arsitektur yang inovatif, area pameran dengan berbagai tema, teknologi immersive, dan juga berbagai koleksi berharga semua ada di sana. Selain planetarium, museum ini juga menampilkan observatorium dan telskop surya yang memiliki tinggi hingga 78 kaki.

Kamu akan dapat mengamati matahari melalui teleskop surya di siang hari dan melihat pemandangan bulan, planet -planet, serta benda langit antariksa pada malam hari. Wah, pasti keren banget ya.

2. Planetarium Terbaik Di Dunia “Birla Planetarium”

Planetarium satu ini berlokasi di India. Dengan bangunan yang terinspirasi dari stupa Buddha, planetarium ini juga menjadi salah satu planetarium yang terbedar lho.

2. Planetarium Terbaik Di Dunia "Birla Planetarium"

Selain itu, planetarium ini juga di lengkapi dengan laboratorium elektronik untuk desain dan rancangan peralatan sains. Kamu juga akan melihat galeri astronomi tempat menyimpan koleksi lukisan astronomer saat mengunjungi planetarium ini.

Baca Juga:  Duty Free : Pengertian dan Tips Berbelanja Agar Mudah dan Aman

Ada lebih dari 100 proyek astronomi yang berhubungan dengan berbagai fakta astronomi yang bisa kamu saksikan di sana. Tidak hanya itu saja, planetarium ini juga memiliki Teleskop Celestron C-14 dengan aksesoris kamera CCD ST6 dan filter surya. Pastinya kamu akan mendapatkan banyak ilmu tentang angkasa saat mengunjunginya.

3. Planetarium Terbaik Di Dunia “L’Hemisferic Planetarium” 

Jalan – jalan ke Spanyol beneran gak lengkap rasanya kalau gak mampir ke kota Valencia untuk bisa berkunjung ke L’Hemisferic Planetarium ini. Bahkan planetarium ini masuk sebagai salah satu dari 12 harta karun yang di miliki Spanyol.

3. Planetarium Terbaik Di Dunia "L'Hemisferic Planetarium" 

Planetarium yang di resmikan pada tahun 1998 ini merupakan bagian dari City of Arts an Sciences yang ada di Spanyol. Yang membuat planetarium ini menarik adalah bangunannya yang berbentuk mata. Memang gak salah ya kalau tempat ini di jadikan pusat kota seni dan ilmu.

4. Planetarium Negara

Planetarium yang berada di negara tetangga alias Malaysia ini juga bisa kamu jadikan pilihan untuk berwisata sekaligus mencari ilmu tentang benda angkasa. Terletak di wilayah Lake Gardens, lokasi planetarium ini memiliki luas sebesar 11 ribu meter.

4. Planetarium Negara Malaysia

Saat berkunjung kesana, kamu akan bisa menikmati atraksi teater angkasa yang menunjukkan gambar dari luar angkasa dalam format besar. Selain itu, planetarium ini juga di lengkapi dengan taman hiburan yang menyimpan replika observatori kuno.

5. Nagoya City Science Museum

Terakhir ada Nagoya City Science Museum. Museum ini berada di Nagoya Jepang. Yang membuatnya unik dari planetarium ini adalah teknik memproyeksikan gambar angkasa dengan optical planetarium dan digital planetarium.

Nagoya City Science Museum

Teknik optical planetarium menggunakan serat optik dan proyektor. Sedangkan teknik digital planetarium menggunakan Sky Max DSII yang memproduksi komputerisasi bintang – bintang di seluruh bagian dalam kubah. Keren kan pastinya.

Baca Juga:  Liburan Murah Hemat Biaya : Jangan Risau Dompet Kosong !

Nah itulah beberapa planetarium terbaik di dunia yang bisa kamu kunjungi. Pastinya selain pengalaman, kamu akan mendapatkan banyak ilmu tentang benda – benda luar angkasa nsaat mengunjunginya.***