Cityawesome.com – Kota Mati Di Dunia. Kota merupakan sebuah tempat yang biasanya padat dan menjadi pusat dari segala aktivitas masyarakat dari segi ekonomi, wisata, hingga hiburan. Namun ada beberapa kota yang tidak seperti pada umumnya.

Ada beberapa kota di dunia yang menjadi kota mati karena di tinggalkan begitu saja oleh penduduknya. Alasan yang sering terjadi, mengapa banyak kota mati yang di tinggal penduduknya adalah karena bencana alam dan juga perang.

Berikut ini Cityawesome sudah merangkumkan beberapa kota mati yang ada di dunia.

1. Wittenom

Kota ini menjadi salah satu kota yang peling berbahaya dan terkontaminasi. Wittenom merupakan kota mati yang sempat menjadi bekas tambang asbes yang beracun. Terletak sangat jauh dan di daerah terpencil di Pilbara, Australia Barat.

Wittenoom

Dulunya kota ini sempat di huni sekitar 20 ribu penduduk yang berprofesi sebagai pengangkut asbes. Namun ada lebih dari 2000 kematian yanag selalu di kaitkan dengan penambangan asbes beracun tersebut. Bahkan sangking berbahayanya, pada tahun 1978 pemerintah memutuskan untuk menutup kota Wittenom demi keselamatan warganya.

Lalu pada tahun 2006, pemerintah juga menghapus Wittenoom dari peta, dan menghilangkan rambu jalan menuju kesana. Selain itu, pemerintah juga memutuskan jaringan listrik serta memasang tanda peringatan.

2. Chernobyl

Kota mati di dunia selanjutnya adalah Chernobyl. Terletak di Ukraina, kota ini sudah lama menjadi kota mati yang di akibatkan oleh bencana nuklir yang pernah terjadi di wilayah tersebut.

Chernobyl

Setelah ledakan nuklir tersebut, kota ini menjadi kota yang hanya di huni oleh sisa – sisa bangunan dan reruntuhan gedung. Banyak sisa – sisa kehidupan yang tidak beraturan di sana sehingga memberi kesan menyeramkan pada kota satu ini.

Baca Juga:  6 Wisata di Surabaya Wajib 2019

3. Ashgabat

Kota mewah satu ini menjadi kota mati di karenakan akses untuk ke dunia luar sangat sulit dan membuat masyarakatnya seperti terisolasi.

kota mati di dunia Ashgabat

Selain itu, kota ini juga di juluki sebagai The City of White Marble. Bagaimana tidak, seluruh kota Ashgabat ini benar benar terbuat dari marmer putih. Di sana terdapat sekitar 543 bangunan yang terbuat dari marmer putih.

Ashgabat juga di nobatkan sebagai kota dengan bangunan berlapis marmer paling putih di dunia dalam Guinness Book of World Records.

4. Ani

Sebenarnya kota ini sempat menjadi jalur perdagangan timur – barat (Asia – Eropa). Bahkan kota Ani sempat berjaya pada abad ke 11. Namun seketika terjadi sebuah konflik internal istana yang terjadi pada abad ke 10 yang membuat kota itu di tinggalkan oleh sekitar 1.600 penduduknya.

kota mati di dunia ani

Selain konflik internal istana, pasukan yunani juga datang untuk menguasai dan mengambil alih kota ini pada abad ke 11. Kebanyakan penduduk dari kota Ani pergi melarikan diri ke kota – kota terdekat. Bahkan sebagian dari mereka juga membuat desa baru di wilayah yang terbilang lumayan jauh.

Tak sampai di situ, ada lagi perang besar antara suku Kurdi dengan kerajaan Georgia. Hal ini tentunya mengakibatkan banyak korban jiwa yang berjatuhan dari kedua belah pihak. Dan setelah peperangan itu berakhir, Ani berubah menjadi kota mati karena terletak di zona militer perbatasan Turki dan Armenia.

5. Craco

Terletak di Provinsi Matera, Italia. Kota Craco cukup sering mengalami peristiwa alam. Hal ini di karenakan kota Craco di bangun di atas bukit dengan kontur tanah yang lembut berpasir. Sehingga kota ini masuk kedalam wilayah rawan bencana.

kota mati di dunia craco

Seluruh bagian kota mulai banyak mengalami kehancuran akibat bencana atanah longsor. Hingga akhirnya pada tahun 1975, para penduduk di evakuasi dan menjadikan Craco sebagai kota mati.

Baca Juga:  Duty Free : Pengertian dan Tips Berbelanja Agar Mudah dan Aman

6. Varosha

Setelah menjadi lokasi medan perang saat tentara Turki menginvasi beberapa puluh tahun yang lalu. Varosha kini menjadi kota mati yang di tinggalkan begitu saja oleh penduduknya. Namun dulunya kota ini sempat menjadi kota makmur, yang terletak di Farmagusta, Siprus.

kota mati di dunia varosha

Saai ini sudah banyak papan larangan di sertai pagar berduri dan para penjaga yang akan melarang siapapun untuk masuk ke wilayah Varosha. Hal ini di sebabkan karena Varosha masih menjadi salah satu zona militer yang harus di hindari.

Itulah beberapa kota mati di dunia yang di tinggalkan penduduknya begitu saja. Jika bukan karena suatu alasan, bisa jadi saat ini beberapa kota tersebut menjadi kota yang indah untuk bisa kamu kunjungi.***