Cityawesome.com – Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara. Korea adalah sebuah semenanjung yang terletak di Asia Timur. Setelah perang dunia 2 pada tahun 1945, Korea terbagi menjadi 2 negara yaitu Republik Korea atau yang biasa di kenal dengan Korea Selatan dan juga Republik Rakyat Demokratik Korea alias Korea Utara.

Meskipun keduanya berasal dari semenanjung yang sama yaitu Korea. Nyatanya kedua negara ini memiliki perbedaan yang sangat jauh.

perbedaan korea utara dan korea selatan

Korea Selatan termasuk dalam negara kapitalis sedangkan Korea Utara yang merupakan negara komunis. Tentunya perbedaan tersebut sudah tidak bisa di satukan lagi.

Jika kamu penasaran apa saja perbedaan dari kedua negara tersebut, di sini Cityawesome sudah merangkumnya khusus untuk kamu. Berikut adalah perbedaan antara Korea Selatan dan Korea Utara untuk kamu ketahui.

1. Tempat tinggal

Dari segi tempat tinggal, kedua negara ini nampaknya memiliki perbedaan yang signifikan. Di Korea Selatan, kamu akan menemukan beragam apartemen dengan harga dan fasilitas yang bervariasi.

Bahkan harga sewa untuk sebuah apartemen kecil di sana hampir mencapai 2 milyar untuk 1 unit. Hal ini tentunya sangat berbeda jauh dengan Korea Utara.

Meskipun memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak, namun warga Korut tidak perlu membayar biaya sewa apartemen jika sudah menikah.

2. Pekerjaan

Korea Utara biasanya akan mendatangkan produk dari luar hanya untuk dipelajari agar bisa menciptakan dan mengembangkan produknya sendiri.

Hal ini di karenakan Korut yang sangat mencintai produk – produk lokal dari negaranya.

pekerjaan orang korea

Tidak hanya itu saja, kebanyakan pekerja pariwisata di sana sangat di kontrol oleh pemerintah setempat yang bertujuan agar mereka hanya menyampaikan hal yang memang boleh di sampaikan saja kepada wisatawan.

Baca Juga:  Hidangan Korea yang Sering Muncul di Drama, Bikin Laper!

Berbeda dengan Korea Selatan di mana masyarakat bebas menyampaikan apapun mengenai negaranya dan semua tourguide bebas menggunakan pakaian apapun sesuai keinginannya meski celana pendek sekalipun.

3. Keunggulan Perusahaan

Jika terdapat banyak perusahaan besar yang berasal dari Korsel seperti Samsung dan Hyundai. Hal ini sangat berbeda jauh dengan Korut yang sama sekali tidak memiliki perusahaan serupa.

Hal ini di karenakan embargo ekonomi dari negara Korut itu sendiri.

4. Kondisi Jalanan Kota

Jika jalanan kota di Korsel hampir sama dengan jalanan kota di negara lainnya. Berbeda dengan Korut, di sana hampir tidak ada lampu lalu lintas yang menghiasi jalanan kota pada umumnya.

Kebanyakan lampu lalu lintas yang sebelumnya ada di jalanan kota Korea Utara untuk mengatur aktifitas jalanan sudah di gantikan dengan polisi yang bertugas langsung untuk mengatur lalu lintas.

5. Gaya Busana

Perbedaan lainnya yang cukup terlihat adalah penampilan dari warga kedua negara ini. Mungkin sebagian dari kamu juga sudah mengetahui bagaimana kemajuan KPOP dan industri entertainment di Korea Selatan.

gaya busana orang korea

Tentunya ini berpengaruh juga terhadap fashion dari masyarakat Korsel sendiri yang terlihat cukup fashionable dan selalu mengikuti trend.

Namun sangat berbanding terbalik dengan Korea Utara, di mana semua warganya harus memakai celana panjang dan baju sopan dalam sehari – hari mereka. Selain itu di sana hanya ada beberapa model rambut yang di perbolehkan di negaranya.

6. Hiburan

Korea Selatan memang cukup terkenal dengan drama dan juga grup band yang mendunia. Namun berbeda dengan Korea Utara yang hanya memiliki 1 grup band besutan pimpinannya sendiri yaitu Kim Jong Un.

band korea

Bahkan grup band tersebut hanya memainkan musik yang bernuansa propagandis. Selain itu, personil grup band itu sendiri terdiri dari perwira wanita yang memang memiliki skill musik.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Wisata Pulau Jeju Korea Selatan

Nah, itulah beberapa perbedaan signifikan antara Korea Selatan dan Korea Utara yang bagaikan langit dan bumi. lalu bagaimanakah pendapatmu?***