Cityawesome.com – 6 Makanan khas India yang populer di dunia. India memiliki makanan khas dengan rasa dan bumbu yang bervariasi. Hal inilah yang menjadikan makanan khas India banyak di gemari.

Sebenarnya makanan khas India tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan di bandingkan dengan makanan Indonesia. Oleh karenanya banyak juga masyarakat Indonesia yang menyukai masakan khas India.

Bahkan banyak juga makanan khas India yang di jual di Indonesia. Tentunya kamu tidak akan sulit menemukan makanan khas India di Indonesia. Sehingga tidak perlu jauh – jauh pergi kesana jika ingin mencicipi makanan khas India ini.

Berikut ini 6 makanan khas India yang terkenal dan menjadi favorit.

1. Nasi Biryani

Mungkin kamu juga sudah sering menemukan makanan khas India yang satu ini di Indonesia. Nasi Biryani memang menjadi salah satu makanan khas India yang sangat populer.

nasi biryani

Selain itu, nasi Biryani juga terbuat dari beras Basmati yang teksturnya lebih panjang di bandingkan beras pada umumnya.

Tentunya yang membuat nasi Biryani memiliki rasa yang lezat dan sulit di lupakan oleh lidah penikmatnya adalah karena kaya akan bumbu dan rempah seperti kunyit, kapulaga, ketumbar, hingga merica.

2. Chicken Tandoori

Makanan khas India lainnya yang menjadi favorit adalah Chicken Tandori. Biasanya Chiken Tandori di masak dengan menggunakan alat tradisional berupa oven yang terbuat dari tanah liat.

chicken tandori

Proses pembuatan Chicken Tandori juga terbilang sedikit sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Hal ini di karenakan sebelum proses memasak, ayam harus di rendam terlebih dahulu dengan yogurt dan bumbu lainnya untuk kemudian di simpan di lemari pendingin minimal 6 jam.

Namun rasa yang di hasilkan oleh Chicken Tandori ini tentunya sangat sesuai dengan proses pembuatannya yang membutuhkan waktu sedikit lama.

Baca Juga:  6 Restoran Steak Terenak Di Jakarta Yang Wajib Dicoba

3. Samosa

Menjadi salah satu makanan khas India yang populer bahkan di Indonesia. Samosa biasanya di sajikan sebagai cemilan di kala santai.

6 makanan khas india samosa

Terbuat dari kulit garing berisi kentang dan daging yang sudah di beri bumbu kari. Tentunya makanan ini memiliki rasa yang lezat dan membuat ketagihan saat kamu menikmatinya terutama dalam keadaan yang masih hangat.

4. Naan

Menjadi salah satu makanan khas india yang populer. Naan merupakan roti pipih yang di bakar menggunakan alat khusus.

6 makanan khas india naan

Selain itu, Naan juga menjadi makanan pokok di India dan bisa di sajikan bersamaan dengan makanan khas India lainnya seperti ayam tandoori dan juga kebab.

Naan sendiri memiliki rasa yang netral, sehingga tidak merusak citarasa makanan lain yang di sajikan bersamaan dengan Naan.

5. Chole

Makanan khas India lainnya adalah Chole. Bahkan Chole yang merupakan kari chickpea ini sudah terkenal di berbagai penjuru dunia.

6 makanan khas india chole

Biasanya Chole di nikmati bersamaan dengan roti goreng khas india seperti bhatura. Sekilas Chole seperti masakan kari biasa yang ada di Indonesia. Terdapat buncis, bawang bombay, tomat, hingga jahe yang menjadi bahan utama untuk membuat makanan khas India yang satu ini.

6. Malai Kofta

Jika kamu vegetarian dan ingin sekali menikmati bakso. Malai Kofta bisa menjadi alternatif terbaik yang bisa kamu nikmati.

Terbuat dari campuran kentang, wortel, jagung dan kacang polong. Kemudian Malai Kofta di masak dan di haluskan untuk selanjutnya dicambur bumbu rempah dan juga tepung panir.

6 makanan khas india malai kofta

Malai Kofta ini bisa di sebut sebagai bakso yang bukan berbahan dasar daging pada umumnya melainkan berbahan dasar sayuran.

Nah, itulah beberapa makanan khas India yang populer dan menjadi favorit karena rasanya yang lezat. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan makanan tersebut di Indonesia, atau jika tidak kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Hal ini di karenakan bahan yang di gunakan sangat mudah di temukan di Indonesia.***