Cityawesome.com – Kota paling aman di Indonesia. Berlibur di tempat yang aman dan nyaman tentunya menjadi keingingan semua orang. Terkadang beberapa tempat di dunia menjadi tempat yang terbilang tidak nyaman untuk di jadikan tempat berlibur. Hal tersebut di karenakan beberapa hal yang menjadi alasan mulai dari fasilitas daerah yang kurang hingga tindak kejahatan yang sering terjadi.

Selain itu, memilih tempat untuk berlibur juga terbilang susah – susah gampang. Oleh karenanya kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu lokasi yang ingin kamu kunjungi. Tidak hanya sekedar menggali informasi mengenai objek wisata dan kuliner, kamu juga bisa menggali informasi mengenai catatan tindak kejahatan yang sering terjadi di daerah tersebut.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa kota yang di anggap paling aman berdasarkan survei Ikatan Ahli Perencanaan (IAP). Tidak hanya untuk liburan, bahkan kota ini juga terbilang nyaman untuk dijadikan tempat menetap. Berikut ini beberapa kota teraman di Indonesia yang cocok untuk dijadikan tempat liburan.

1. Balikpapan

balikpapan

Tidak hanya menjadi salah satu kota penghasil minyak terbesar di Indonesia. balikpapan juga masuk dalam kategori kota yang aman dan sangat cocok untuk dijadikan pilihan tempat tinggal.

Selain itu, Balikpapan juga mendapatkan julukan sebagai kota terbersih di Indonesia. Siapapun pasti akan merasakan kenyamanan dan kemanan di salah satu kota di Kalimantan Timur ini. Bahkan Balikpapan sendiri menjadi salah satu kota metropolitan dengan perkembangan ekonomi yang cukup tinggi di Kalimantan.

2. Banjarmasin

kota paling aman di Indonesia banjarmasin

Kota lainnya yang mendapat julukan sebagai kota yang aman untuk dijadikan tujuan wisata adalah Banjarmasin. Selain memiliki sungai yang banyak, nyatanya Ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki fasilitas publik yang cukup memadai.

Baca Juga:  7 Spot Arung Jeram Terbaik Di Indonesia : Banyak Kontur Menantang !

Bahkan tidak hanya cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata, kamu juga tentunya akan betah jika tinggal di kota aman yang satu ini.

3. Denpasar

denpasar

Bali menjadi provinsi yang tidak hanya memiliki keindahan wisata dan budaya terbaiknya. Namun provinsi yang satu ini juga memiliki kota yang di anggap aman untuk di jadikan destinasi wisata. Denpasar menjadi kota yang berhasil mendapatkan julukan kota aman.

Bahkan untuk di Indonesia, kota Denpasar memiliki aspek keamanan yang cukup tinggi. Dengan begitu kamu tidak perlu merasa khawatir dan was – was saat berkunjung ke kota yang satu ini.

4. Semarang

kota paling aman di Indonesia semarang

Menjadi salah satu kota yang di anggap aman di Indonesia. Kamu bisa berkunjung ke Semarang untuk sekedar liburan atau bahkan kamu juga bisa menjadikan kota ini sebagai pilihan tempat tinggal.

Tidak hanya wisatawan lokal, bahkan turis pun banyak yang betah berlibur ke kota yang satu ini. Selain itu Semarang juga memiliki fasilitas umum yang terbilang cukup lengkap.

5. Solo

solo

Masih berada di provinsi Jawa Tengah. Solo juga termasuk dalam kota yang aman untuk dikunjungi berdasarkan survei IAP. Selain aman dan memiliki destinasi wisata yang lengkap, Solo juga memiliki biaya hidup yang murah.

Sehingga dalam hal ini untuk bisa berkunjung ke Solo kamu tidak perlu harus memiliki uang yang banyak. Di kota Batik ini kamu bisa membeli apapun terutama makanan dengan haarga yang terjangkau.

6. Yogyakarta

kota paling aman di Indonesia yogyakarta

Selain menjadi kota pelajar. Yogyakarta juga sukses mendapatkan julukan sebagai kota yang aman untuk dijadikan destinasi wisata pilihan.

Selain itu Yogyakarta juga memiliki fasilitas yang lengkap terutama dari segi wisata. Di tambah juga dengan kota ini yang masih kaya akan tradisi dan budaya untuk di nikmati.

Baca Juga:  4 Tempat Wisata Jakarta Yang Sering Dikunjungi

Itulah beberapa kota aman berdasarkan survei IAP yang bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata. Di antara beberapa kota di atas, manakah menurutmu yang paling aman?***