Cityawesome.com – Oleh – oleh khas Samosir. Samosir merupakan salah satu kabupaten yang berada di Sumatera Utara. Selain itu, wilayah tersebut di bagi menjadi beberapa kecamatan, di mana 6 kecamatan berada di pulau samosir, sedangkan 3 kecamatan lainnya berada di pesisir Danau Toba.

Mayoritas penduduk asli samosir merupakan suku Batak Toba yang hampi semuanya beragama Kristen. Tidak hanya keindahan alamnya, Kabupaten Samosir juga memiliki beragam oleh – oleh yang akan membuat siapapun tertarik untuk membelinya.

Untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan ke kabupaten Samosir, pastikan tidak ketinggalan beberapa oleh – oleh di bawah ini untuk di bawa pulang.

1. Arsik

Merupakan salah satu makanan khas Batak. Selain memiliki rasa yang lezat, Arsik juga menjadi simbol berkat bagi kehidupan masyarakat Batak itu sendiri.

1. Arsik

Berbahan dasar ikan Mas yang memiliki rasa pedas gurih dan asam. Arsik sendiri di masak dengan menggunakan kayu bakar sehingga menghasilkan rasa yang tidak biasa dan tentunya sulit untuk di lupakan.

Kamu bisa menemukannya dengan mudah di beberapa warung makan yang ada di sekitar pesisir danau Toba.

2. Tipa-Tipa

Merupakan salah satu oleh – oleh yang sangat di gemari oleh kebanyakan wisatawan. Tipa – tipa sendiri merupakan camilan yang biasanya di sajikan dengan teh maupun kopi.

2. Tipa-Tipa

Berupa olahan padi yang sudah tua dan di proses secara khas hingga menghasilkan Tipa – Tipa dengan cita rasa yang sangat nikmat.

3. Kopi Lintong

Pecinta kopi tentunya tidak boleh ketinggalan dengan oleh – oleh khas Samosir yang satu ini. Kopi Lintong menjadi salah satu oleh – oleh yang banyak di beli oleh para wisatawan.

oleh - oleh khas samosir Kopi Lintong

Hal tersebut di karenakan kopi yang berasal dari Samosir memiliki kualitas yang sangat baik dengan tekstur yang terbilang ringan dan aroma yang membuat siapapun jadi tertarik ingin mencicipinya.

Baca Juga:  7 Oleh - Oleh Khas Palangkaraya yang Populer dan Terfavorit

Bahkan pengolahan kopi Lintog juga masih terbilang tradisional. Oleh karena itu kopi yang di hasilkan juga memiliki aroma yanag kuat dan rasa yang lezat.

4. Mangga Sibandang

Akan beruntung jika kamu berkunjung ke Samosir saat sedang musim mangga Sibandang. Sibandang sendiri merupakan pusat budidaya mangga yang terbilang cukup populer di kalangan masyarakat Samosir.

4. Mangga Sibandang

Mangga ini umumnya memiliki bentuk yang lebih besar jika di bandingkan dengan mangga biasanya. Untuk rasanya sendiri mangga Sibandang sendiri memang tidak perlu di ragukan lagi.

Oleh sebab itu harga mangga yang di jual juga relatif lebih mahal jika di bandingkan dengan mangga pada umumnya.

5. Ulos

Kamu bisa menjadikan Ulos sebagai oleh – oleh saat berkunjung ke Samosir. Ulos sendiri merupakan kain yang memiliki beberapa warna san terbilang cukup dominan.

oleh - oleh khas samosir Ulos

Proses pembuatan Ulos juga masih menggunakan tangan dan tanpa menggunakan bantuan mesin sama sekali. Sehingga menghasilkan kain yang berkualitas tinggi. Oleh karena itu sangat mungkin jika oleh – oleh yang satu ini di jual dengan harga tinggi.

Biasanya oleh – oleh yang satu ini di gunakan sebagai pelengkap saat menghadiri acara adat maupun acara resmi dan di jadikan sebagai selendang.

6. Kaos Samosir

Untuk kamu yang gak mau ribet, kaos Samosir juga sangat cocok di jadikan sebagai oleh – oleh saat berkunjung ke daerah Toba ini.

6. Kaos Samosir

Kamu bisa menemukan kaos khas Samosir yang banyak terjual di pasar Tomok. Selain itu harga kaos yang dijual disana juga sangat terjangkau dan tidak jarang wisatawan banyak yang berbondong – bondong untuk membeli kaos dan cindera mata lainnya di pasar ini.

Baca Juga:  Tips Mendapatkan Liburan Gratis Menggunakan Kartu Kredit

7. Cinderamata Khas Samosir

Saat berkunjung ke Samosir, pastikan kamu tidak ketinggalan untuk berburu cinderamata yang unik. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di pengerajin cinderamata yang menciptakan aksesoris khas Samosir. Berbahan dasar kayu, kamu bebas memilih berbagai aksesoris seperti kalung, gelang, hingga gantungan kunci.

oleh - oleh khas samosir Cinderamata Khas Samosir

Selain itu harga cinderamata yang dijual juga sangat terjangkau hanya berkisar Rp 5000 kamu bisa puas memborong cinderamata untuk diiberikan kepada orang terkasih.

Itulah beberapa oleh – oleh khas Samosir yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung kesana. Pastikan kamu tidak ketinggalan untuk memborong berbagai oleh – oleh khas yang telah disebutkan diatas.***