Cityawesome.com – Makanan khas Bali yang terkenal. Bali menjadi salah satu kota favorit di Indonesia yang memiliki beragam destinasi indah di dalamnya. Selain itu pesona pantai Bali juga tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Tidak hanya destinasi wisatanya yang populer, berbagai kuliner khas Bali juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Meskipun sebagian penduduk Bali beragama Hindu, namun bukan berarti kamu akan kesulitan mencari makanan halal untuk yang beragama Muslim.

Hal tersebut di karenakan Bali menjadi kota yang sangat toleransi perihal keyakinan. Berikut ini beberapa makanan khas Bali yang lezat dan halal untuk kamu nikmati saat di sana.

1. Ayam Betutu

ayam betutu

Sesuai dengan namanya, betutu sendiri merupakan bahasa Bali yang artinya campuran bumbu. Ayam betutu di buat dengan campuran bumbu mulai dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu biasanya ayam betutu juga di sajikan dengan sayur dan juga sambal. Sehingga melengkapi kenikmatan rasa yang ada.

2. Bebek Goreng Bumbu Bali

bebek goreng bumbu bali

Berbeda dengan menu bebek lainnya, Bebek goreng bumbu Bali ini di olah menggunakan bebek yang masih muda. Hal tersebut bertujuan agar daging yang di hasilkan tidak alot saat di konsumsi.

Selain itu, bumbu yang di gunakan meliputi lengkuas, kencur, jahe, terasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu rasa yang di hasilkan dari makanan satu ini terbilang sangat lezat dan membuat siapapun menjadi ketagihan.

3. Nasi Jinggo

nasi jinggo

Makanan khas Bali lainnya berupa nasi yang juga cukup populer adalah nasi jinggo. Selain itu makanan yang satu ini juga terbilang cukup unik.

Baca Juga:  11 Makanan Khas Ramadan yang Populer di Maroko

Nasi Jinggo sendiri memiliki ukuran yang kecil layaknya nasi kucing dari Yogyakarta. Lauk yang di sediakan biasanya berupa ayam suwir, telur pindang, orek tempe, mie goreng, hingga sambal.

Kamu bisa membelinya 2 hingga 3 bungkus agar merasakan kenyang saat memakannya.

4. Pia Bali

makanan khas bali bakpia bali

Tidak hanya Yogyakarta yang terkenal dengan bakpia. Kamu juga akan bisa menemukan makanan yang satu ini saat berkunjung ke Bali.

Selain itu yanag membedakan anata bakpia Bali dengan bakpia dari kota lainnya yaitu bagian kulit bakpia Bali sedikit lebih crunchy dengan isian coklat dana juga keju.

5. Pie Susu

makanan khas bali pie susu

Sama halnya dengan pie susu paada umumnya. Makanan Bali yang satu ini memiliki tekstur yang keras di luar namun lembut di dalam. Hanya saja pie susu Bali berbentuk kecil dan hanya di kemas untuk individual.

Selain itu biasanya pie susu Bali sendiri banyak di minati oleh para wisatawan untuk di jadikan sebagai oleh – oleh.

6. Sate Lilit

makanan khas bali sate lilit

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Bali yang satu ini. Sate lilit sendiri menjadi jajanan favorit di Bali. Terbuat dari daging cincang yang di lilitkan menggunakan tusuk sate berbentuk pipih. Kamu akan merasakan kelezatan dari makanan favorit khas Bali ini.

Selain itu jenis daging yang di gunakan juga bervariasi mulai dari sapi, babi, bahkan hingga ikan. Oleh karenanya kamu bisa memilih sapi dan ikan saja jika ingin menikmati sate lilit yang halal bagi umat muslim.

7. Sate Plecing (Arjuna)

makanan khas bali sate plecing

Jika umumnya sate di sajikan dengan menggunakan bumbu kacang. Berbeda dengan sate plecing khas Bali yang di sajikan menggunakan sambal plecing.

Sambal plecing sendiri terbuat dari bahan utama yakni tomat, cabai, kemiri, terasi, dan juga bawang putih. Rasa yang di hasilkan juga tidak perlu diragukan lagi, oleh karenanya makanan yang satu ini sangat di gemari oleh sebagian besar wisatawan yang datang.

Baca Juga:  7 Makanan Khas Lampung yang Populer dan Menggugah Selera

Itulah beberapa makanan khas Bali yang bisa kamu nikmati saat berkunjung kesana.***