makanan khas dubai

Selain penuh dengan gedung-gedung mewah nan megah, Dubai ternyata terkenal dengan ragam makanan khas yang menggugah selera. Makanan-makanan khas Dubai tersebut biasanya kebanyakan bahan-bahan segar dan menyehatkan. Sebut saja tabbouleh hingga shawarma yang terbuat dari sayur-sayuran segar.

Dubai terkenal sebagai salah satu kota yang paling maju di abad millenium ini. Ibukota Uni Emirat Arab ini menjadi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi bersama orang-orang tercinta. Mau menikmati wisata malam di Burj Khalifa, kenapa tidak? Traveling tidak akan lengkap tanpa menjelajah wisata kuliner di Dubai. Kalau Anda ingin menikmati kuliner di UEA, berikut makanan khas Dubai yang wajib Anda cicipi.

1. Tabbouleh

lebanese-tabouli makanan khas dubai

Salad Tabbouleh atau tabouli adalah hidangan pembuka yang sehat terbuat dari bulgur, peterseli, mint dan sayuran cincang. Salad khas Dubai tersebut benar-benar segar dan memanjakan lidah, ini karena tabbouleh menggunakan bumbu dengan perasan jeruk, olive oil dan garam.

Makanan yang pernah masuk ke dalam salah satu menu yang ada di Golden Globe 2014, tabbouleh bisa Anda cicipi di Shami Gourmet di Dubai Marina atau Al Mansour Dhow di Deira.

2. Shawarma

shawarma

Shawarma merupakan makanan khas Dubai yang terbuat dari daging kambing, ayam, kalkun, atau sapi asap dan tersaji bersama sayuran, acar, hingga mayonnaise. Semua bahan-bahan itu di gulung bersama roti pita layaknya kebab. Ternyata shawarma sempat populer, lantaran dalam film The Avengers Tony Stark memakan dan menawarkan makanan ini kepada rekan setimnya usai menyelamatkan New Yok.

Di Dubai sendiri ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli shawarma, seperti Jedoudna di Media City, Automatic di Jumeirah Beach Residence, Al Mallah di Satwa, Beirut di Mall of the Emirates, Al Reef di Al Karama, dan My Shawarma di Al Barsha.

3. Falafel

falafel makanan khas dubai

Makanan khas Dubai yang nampak seperti perkedel ini ternyata terbuat dari kacang Arab dan fava beans (kara oncet). Bentuknya bulat lalu mengalami proses penggorengan hingga cokelat keemasan. Setelah itu, hidangan ini biasanya tersaji dengan salad, acar sayuran, saus pedas, dan saus berbahan tahini.

Di Dubai sendiri, hidangan ini biasanya di nikmati langsung atau tersaji dengan roti pita atau roti taboon. Kabarnya, salah satu restoran yang menyajikan falafel terenak di Dubai adalah Falafel & Shawarma Cafe di Al Karama.

4. Machboos

machboos

Makanan khas Dubai yang patut Anda coba selanjutnya yaitu Machboos. Makanan lezat ini penampilannya sedikit mirip dengan nasi briyani. Bedanya, Machboos terbuat dari nasi, tomat serta daging domba atau kambing yang sudah mengandung bumbu. Proses memasaknya juga menggunakan kaldu maupun rempah-rempah.

Machboos sangat enak jika terhidang bersama loomi, yaitu saus yang terbuat dari perasan jeruk limau dan minyak zaitun. Campuran bumbu yang sangat beraroma, tak heran membuat machboos sangat menghidupkan hidangan apa pun.

5. Al Harees

al harees

Makanan dari Timur Tengah memang tidak lepas dari daging sehingga Anda akan menemukan kuliner terkenal bernama Al Harees. Al Harees terbuat dari gandum dan potongan daging yang menggunakan garam atau aneka rempah. Bubur khas Timur Tengah ini menjadi sajian bulan Ramadhan secara turun temurun.

Adonan bubur yang kental biasanya perlu pemanggangan selama beberapa jam terlebih dahulu. Makanan khas Dubai ini terhidang dengan taburan cacahan kacang yang nikmat. Perut Anda bakal langsung kenyang setelah menikmati kuliner dari Dubai.

Itulah beberapa makanan khas Dubai yang sangat terkenal akan kelezatannya. Jangan lupa mencicipinya jika berkunjung ke Dubai.

By Mita