Cityawesome.com – Tips mendaki dimusim hujan. Mendaki gunung hingga kini masih menjadi salah satu hobi yang banyak di sukai oleh masyarakat. Tidak hanya anak muda, bahkan orang tua pun masih banyak yang menyukai aktifitas yang satu ini.

Meskipun melelahkan, namun kamu akan di manjakan dengan keindahan alam saat sudah mencapai puncak ketinggian.

tips mendaki dimusim hujan

Selain itu permasalahan lainnya terjadi saat kamu sudah merencanakan pendakian bersama teman kelompok di musim hujan. Untuk kamu ketahui, mendaki saat musim hujan tentunya akan memberikan resiko yang tinggi untuk keselamatan.

Namun jika kamu masih ingin memaksa melakukan pendakian di musim hujan, berikut ini beberapa tips yang harus kamu perhatikan.

1. Jangan membawa barang yang berlebihan

tips mendaki dimusim hujan Jangan membawa barang yang berlebihan

Saat kamu mendaki gunung di musim hujan, sebaiknya tidak membawa barang bawaan yang terlalu banyak. Kamu bisa membawa barang yang sekiranya penting penting saja.

Sehingga dalam hal ini kamu bisa menghindari membawa barang yang sekiranya tidak terlalu di perlukan untuk mengurangi beban pendakian.

2. Bawalah flysheet

Jangan lupa untuk membawa flysheet saat kamu memaksa untuk melakukan pendakian saat musim hujan. Plysheet sendiri berfungsi untuk melindungi tenda dari guyuran hujan.

Selain itu flysheet juga mampu menjaga kelembapan tenda agar tidak dingin dan basah. Oleh karenanya, pasatikan flysheet menutupi keseluruhan pada bagian tenda.

3. Bawalah jas hujan

3. Bawalah jas hujan

Hal penting yang tidak boleh tertinggal jika kamu melakukan pendakian saat musim hujan adalah jas hujan.

Dengan jas hujan tentunya akan melindungi tubuh agar tetap kering meskipun mendaki saat hujan turun. Namun pastikan kamu membawa jas hujan yang kuat dan sedikit tebal.

4. Gunakan pakaian yang mudah kering

Sebaiknya kamu menggunakan pakaian yang mudah kering jika terkena air. Sehingga dalam hal ini kamu tidak perlu membawa banyak pakaian ganti.

Baca Juga:  7 Persiapan Yang Harus Dilakukan Untuk Mendaki Gunung

5. Menguasai teknik layering

Sebelum melakukan pendakian, sebaiknya kamu memahami teknik layering terlebih dahulu. Di mana teknik layering sendiri berfungsi untuk mengatur temperatur tubuh yang sesuai dengan lapisan yang kamu kenakan.

5. Menguasai teknik layering

Dalam pendakian ada tiga lapis teknik layering yang wajib kamu ketahui yakni base layer, insulating layer, dan juga shell layer.

6. Menggunakan dry bag

Saat mendaki di musim hujan, sebaiknya kamu menggunakan dry bag. Dry bag sendiri merupakan tas yang berbentuk silinder dengan bentuk tabung.

Di mana tas tersebut terbuat dari bahan PVC yang serupa dengan perahu karet. Nantinya tas tesebut bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan barang – barang elektronik dan lain sebagainya.

7. Menggunakan sepatu kedap air

Selainbaju dan tas, ada baiknya kamu juga menggunakan sepatu yang kedap air. Hal tersebut tentunya sangat membantu kamu dan berpengaruh pada suhu tubuh.

tips mendaki dimusim hujan. Menggunakan sepatu kedap air

Hal tersebut di karenakan telapak kaku begitu cepat menyerap suhu dingin, di mana saat telapak kaki telah menyerap suhu dingin, maka temperatur tubuh juga akan mudah menjadi dingin.

Menggunakan sepatu kedap air akan menjaga suhu telapak kaki menjaadi lebih hangat.

8. Menggunakan gaiters

Jika kamu memiliki gaiters, ada baiknya juga untuk kamu gunakan. Gaiters sendiri berfungsi untuk melindungi kaki dari bagian engkel hingga keatas.

Terutama saat musim hujan, akan ada banyak binatang pacet di jalur pendakian. Dengan menggunakan gaiters maka kamu juga bisa melindungi kaki dari pacet.

9. Menggunakan trekking pole

Kamu bisa menggunakan trekking pole untuk membantu kamu menjaga keseimbangan pada saat melakukan trekking.

9. Menggunakan trekking pole

Trekking pole merupakan sejenis tongkat yang bisa kamu manfaatkan sebagai tiang menyangga untuk menghadapi tanjakan dan turunan yang licin.

Baca Juga:  6 Disneyland Terbaik Di Dunia : Wisata Seru Dan Menyenangkan !

10. Hindari pendakian malam

Jika kamu tetap ingin melakukan pendakian saat musim hujan, sebaiknya untuk menghindari pendakian di malam hari. Hal tersebut tentunya untuk keamanan.

Mendaki di siang hari tentunya akan lebih mudah untuk bisa melihat jalur pendakian sehingga bisa meminimalisir resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan.

11. Waspada petir

tips mendaki dimusim hujan Waspada petir

Saat hujan tentu hal yang harus kamu waspadai adalah petir. Untuk menghindari resiko tersambar petir, sebaiknya kamu tidakk beristirahat di tengah hamparan luas. Selain itu, hindari juga pohon yang terlalu tinggi.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan jika ingin mendaki dimusim hujan. Untuk kamu ketahui, mendaki di musim hujan akan memiliki banyak resiko, jika bisa dihindari, ada baiknya untuk kamu tidak memaksa melakukan pendakian di musim hujan.***