Cityawesome.com – Persiapan untuk mendaki gunung. Mendaki gunung hingga kini masih menjadi hobi yang banyak di lakukan oleh banyak orang. Hal tersebut di karenakan keseruan dalam menjelajah keindahan alam yang sekaligus memberikan pengalaman.

Selain itu biasanya kegiatan mendaki banyak di lakukan oleh berbagai kalangan terutama mahasiswa. Bahkan terkadang kegiatan pendakian gunung juga di jadikan sebagai kegiatan mahasiswa yang di lakukan secara resmi.

persiapan untuk mendaki gunung

Namun untuk bisa melakukan pendakian, tentunya ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Selain kesehatan yang utama dalam melakukan pendakian, kamu juga harus menyiapkan peralatan yang umum di bawa saat pendakian berlangsung.


Nah untuk kamu yang penasaran, berikut ini merupakan beberapa persiapan yang harus di lakukan untuk mendaki gunung.

1. Pahami lokasi pendakian

Sebelum melakukan pendakian, pastikan kamu memahami lokasi pendakian. Terlebih setiap gunung memiliki medan dan tantangan yang berbeda – beda.

Kamu bisa mencari informasinya di internet atau sekedar bertannya dengan teman yang sudah berpengalaman.

pahami lokasi pendakian

Selain itu, kamu bisa mencari tahu mengenai rute pendakian, ketinggian gunung, izin, ketersediaan air, biaya masuk, dan maasih banyak lagi yang lainnya.

2. Berolahraga

Hal penting lainnya yang harus kamu lakukan adalah dengan berolahraga. Melakukan olahraga beberapa haris sebelum pendakian akan membuat stamina semakin meningkat.

Dengan begitu kamu akan mudah menjelajahi sulitnya trek pendakian dan udara yang juga harus di sesuaikan dengan kondisi tubuh.

Pastikan juga kamu tidak kurang istirahat terutama saat menjelang pendakian gunung di lakukan.

3. Siapkan kelengkapan alat

Saat ingin melakukan pendakian, hal utama yang harus kamu bawa adalah berupa peralatan pendakian dan juga kelengkapan logistik.

peralatan mendaki

Selain makanan yang harus kamu bawa, beberapa peralatan penting lainnya juga harus kamu bawa seperti carrier, sepatu, jaket, tumbler, pisau lipat, senter, peluit, kompas, P3K, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:  7 Pulau Terindah Di Dunia : Adakah Destinasi Impianmu?

4. Pahami penggunaan perlengkapan

Hal penting lainnya yang harus kammu persiapkan sebelum melakukan pendakian adalah memahami penggunaan perlengkapan dengan baik.

Pastikan kamu bisa menggunakan semua peralatan yang ingin kamu bawa sebelum melakukan pendakian. Kamu bisa mengikuti berbagai kursus atau pelatihann tentang pendakian gunung, selain itu kamu juga bisa sekedar mempelajarinya di internet.

Sebaiknya beberapa alat yang wajib bisa kamu gunakan adalah navigasi peta, tali temali, membaca kompas, hingga teknik dasar dalam melakukan pertolongan pertama.

5. Siapkan logistik yang bernutrisi

Saat melakukan pendakian, pastikan logistik yang kamu bawa meliputi makanan yang bernutrisi. Hal tersebut di karenakan sangat penting untuk menjaga tenaga tetap stabil.

Selain itu, pastikan juga kebutuhan logistik yang kamu bawa akan cukup untuk dikonsumsi oleh semua teman kelompok. Tidak hanya makanan karbohidrat, kamu juga bisa membawa berbagai camilan.

persiapan untuk mendaki gunung logistik pendakian

Yang terpenting juga tidak lupa untuk membawa cadangan air yang cukup untuk selama masa perjalanan untuk menghindari dehidrasi.

6. Gunakan pakaian lengkap

Untuk menghindari hipotermia saat melakukan pendakian. Pastikan kamu membawa pakaian yang lengkap dan berlapis.

Selain itu kamu juga bisa membawa pakaian yang berjenis sintetis atau katun sehingga mudah menyerap keringat. Saat melakukan pendakian, sebaiknya kamu tidak menggunakan pakaian berbahan katun.

7. Memahami aturan pendakian

Hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan adalah dengan memperhatikan aturan – aturan pendakian.

aturan pendakian

Selain itu kamu diwajibkan untuk menghormati etika lokal yang ada disana serta tidak sembarangan mengganggu hewan dan tumbuhan.

Oleh karenanya pastikan kamu mengikuti aturan serta regulasi yang ditetapkan.

Itulah beberapa tips yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan pendakian. Sebaiknya kamu mempersiapkan segalanya dengan maksimal untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.***