Cityawesome.com – Desa wisata terpopuler di Bantul. Desa wisata kini menjadi salah satu pilihan yang banyak di jadikan sebagai tempat berwisata sekaligus menghabiskan waktu berlibur.

Terutama saat pandemi Covid-19, kebanyakan wisatawan mencari tempat wisata outdoor yang berbaur dengan alam. Oleh karenanya banyak desa wisata yang ramai di kunjungi oleh para wisatawan terutama yang berada di wilayah Bantul.

Saat kamu berkunjung ke Jogja, desa wisata di Bantul ini bisa menjadi alternatif pilihan yang bisa kamu kunjungi. Jika kamu penasaran, berikut ini beberapa desa wisata yang populer di wilayah Bantul untuk bisa menjadi pilihan alternatif destinasi wisata alam.

1. Desa Candran

1. Desa Candran

Saat berkunjung ke Jogja dan ingin mampir ke desa wisata yang populer. Desa Candran bisa menjadi alternatif terbaik untuk kamu kunjungi. Berlokasi di Kebonagung, Imogiri, Bantul, desa ini memiliki keindahan alam yang membuat siapapun menjadi betah saat berkunjung.

Selain itu, desa Candran juga masih melestarikan berbagai kegiatan ritual jawa seperti kenduri, nyandran, wiwitan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati sajian kesenian tradisional yang di siapkan untuk wisatawan seperti Gejog Lesung dan lain – lain.

2. Desa Wisata Jagalan

2. Desa Wisata Jagalan

Rekomendasi desa wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi di wilayah Bantul adalah desa wisata Jagalan. Berlokasi di daerah Banguntapan, saat berkunjung nantinya kamu akan bisa melihat berbagai peningggalan rumah adat Jawa Tengah.

Selain itu wisatawan juga bisa sekaligus berkunjung ke makam Senopati, serta makan raja Mataram lainnya.

Kamu juga bisa menikmati berbagai kesenian tradisional mulai dari wayang tingklung, karawitan, orkes, kroncong, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:  6 Fakta Unik Warga Maroko yang harus Diketahui oleh Wisatawan

3. Desa Wisata Surocolo

desa wisata terpopuler di Bantul Desa Wisata Surocolo

Jika kamu ingin menikmati keindahan perbukitan, desa wisata Surocolo bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu kunjungi.

Di sana terdapat pemandangan bukit indah dengan perpaduan aliran sungai yang membuat siapapun menjadi betah saat berkunjung.

Bahkan di dalamnya juga terdapat 3 gua bersejarah yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah gua Sunan Mas yang berlokasi di selatan Sendang Surocolo yang sekaligus menjadi tempat persembunyian Sunan Amangkurat III.

4. Desa Wisata Tembi

desa wisata terpopuler di Bantul Desa Wisata Tembi

Berlokasi di desa Timbulharjo, Sewon. Kamu bisa merasakan kehidupan sehari masyarakat di sana saat berkunjung.

Selain itu, desa yang satu ini juga memiliki keadaan alam yang sangat hijau dan asri. Di lengkapi dengan berbagai pepohonan serta rumah adat Jawa Tengah yang masih banyak berdiri kokoh di dalamnya.

Berbagai kerajinan tangan yang di hasilkan oleh masyarakatnya pun bisa kamu jadikan oleh – oleh terbaik untuk di bawa pulang. Bahkan kamu juga bisa belajar lanngsung dengan pengrajin untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang berbeda.

5. Desa Wisata Wukirsari

desa wisata terpopuler di Bantul Desa Wisata Wukirsari

Berada sekitar 20 kilometer di sebelah tenggara Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat tepatnya di kelurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri.

Desa wisata Wukirsari bisa menjadi alternatif destinasi yang bisa kamu kunjungi. Selain itu di dalamnya masih khas tradisi membatik yang di lakukan secara turun temurun.

Dengan begitu nantinya para wisatawan akan bisa dengan mudah menemukan masyarakat yang melakukan kegiatan membatik baik di rumah maupun di berbagai kelompok.

Itulah beberapa desa wisata terpopuler yang bisa kamu kunjungi di wilayah Bantul. Saat berkunjung ke Jogja, pastikan kamu tidak melewatkan untuk berkunjung ke beberapa desa wisata yang telah di sebutkan di atas.***