Cityawesome.com – Oleh – oleh khas Banjarnegara. Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Di sana terdapat beragam objek wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Selain itu makanan khas Banjarnegara juga terkenal dengan kelezatannya sehingga membuat siapapun pasti akan menjadi ketagihan.

Jika kamu ingin berkunjung ke Banjarnegara, pastikan kamu tidak melewatkan berbagai oleh – oleh khas untuk kamu bawa pulang.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa oleh – oleh khas Banjarnegara yang populer.

1. Keripik Salak

1. Keripik Salak

Kamu bisa membeli keripik salak untuk dijadikan sebagai oleh – oleh khas saat berkunjung ke Banjarnegara. Di mana cemilan yang satu ini menjadi salah satu yang terfavorit di sana.

Selain itu biasanya pembuatan keripik salak sendiri di buat oleh industri rumahan sehingga rasa yang di hasilkan juga lebih nikmat.

Keripik salak sendiri di buat dengan cara mengeringkan buah salak yang sudah di potong kecil – kecil. Hingga kemudian salak yang sudah kering akan di goreng hingga menghasilkan keripik dengan tekstur yang garing dan renyah.

2. Dodol Salak

2. Dodol Salak

Merupakan salah satu oleh – oleh yang populer khas Banjarnegara. Dodol Salak merupakan makanan olahan dari buah salah yang di proses menyerupai dodol pada umumnya. Hanya saja buah salak sendiri menjadi ekstrak dari cemilan khas yang satu ini.

Memiliki tekstur yang lembut dengan citarasa manis, siapapun akan menyukainya saat mencicipi makanan yang satu ini. Selain itu harga dari dodol salak ini juga terbilang sangat terjangkau.

3. Sirup Salak

3. Sirup Salak

Tidak hanya di olah menjadi makanan, salak juga menjadi bahan pembuatan minuman yang sekaligus menjadi salah satu oleh – oleh favorit di Banjarnegara.

Baca Juga:  6 Disneyland Terbaik Di Dunia : Wisata Seru Dan Menyenangkan !

Selain itu sirup salak khas Banjarnegara juga bisa bertahan lama hingga beberapa bulan sehingga kamu bisa membelinya meskipun tetap ingin tinggal lebih lama di sana.

Pengemasan dari minuman yang satu ini juga sangat praktis sehingga mudah untuk dibawa kemana – mana. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko oleh – oleh yang tersedia.

4. Kopi Biji Salak

oleh oleh khas banjarnegara Kopi Biji Salak

Tidak hanya dodol yang di gunakan dengan menggunakan bahan salak. Rupanya salak juga di jadikan sebagai bahan pembuatan kopi. Di mana bubuk kopi tersebut di olah dari bagian yang ada pada biji buah salak.

Karena pembuatannya dari biji salak, tentunya rasa yang di hasilkan juga berbeda dengan kopi pada umumnya.

Selain itu kopi biji salak ini menarik perhatian para wisatawan sehingga kamu bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko oleh – oleh di sana.

5. Purwaceng

oleh oleh khas banjarnegara Purwaceng

Tumbuhan lainnya yang banyak tumbuh di dataran tinggi Banjarnegara adalah Purwaceng. Di mana Purwaceng sendiri sering di manfaatkan sebagai minuman herbal.

Selain itu tumbuhan yang satu ini banyak di jadikan sebagai oleh – oleh khas yang bisa kamu bawa pulang.

Biasanya tumbuhan ini akan berbentuk kopi maupun teh yang bagian tanamannya berasal dari akar dan juga biji dengan rasa yang pedas dan hangat.

6. Carica

oleh oleh khas banjarnegara Carica

Buah Carica merupakan salah satu jenis buah yang masuk dalam jenis pepaya yang tumbuh di dataran tinggi. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di Banjarnegara sekaligus untuk dijadikan sebagai oleh – oleh saat berkunjung kesana.

Kamu bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung atau di olah terlebih dahulu sesuai dengan selera. Namun yang populer di kalangan wisatawan adalah manisan Carica yang banyak kamu temukan di berbagai toko oleh – oleh.

Baca Juga:  7 Persiapan Yang Harus Dilakukan Untuk Mendaki Gunung

Itulah beberapa oleh – oleh khas Banjarnegara yang populer untuk bisa kamu bawa. Selain itu, beberapa oleh – oleh tersebut sangat alami dan sehat untuk dikonsumsi.***