Cityawesome.com – Kota tertua di Eropa. Kota menjadi pusat pemukiman dan kegiatan penduduk yang padat dan tanpa henti. Namun di sisi lain, kota juga menjadi detinasi wisata pilihan yang cukup favorit bagi para wisatawan.

Seperti halnya di Eropa, banyak kota yang menjadi rekomendasi terbaik untuk kamu kunjungi. Selain itu di sana juga terdapat rekomendasi kota tertua dengan peradaban manusia yang mengalami kemajuan di setiap tahunnya.

Selain itu berbagai kota tertua di Eropa juga tidak jarang masih meninnggalkan sisa – sisa bangunan kuno yang penuh dengan sejarah.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini kota tertua di Eropa yang bsia menjadi pilihan untuk kamu kunjungi.

1. Plovdiv, Bulgaria

plovdiv

Berlokasi di negara Bulgaria, kamu bisa menemukan kota Plodiv yang menjadi salah satu kota tertua di Eropa. Bahkan kota yang satu ini sudah ada sejak 6000 SM yakni tepatnya pada zaman Neolitik.

Selain itu kota Plodiv juga awalnya di huni oleh penduduk Thracia yang merupakan suku Indo Eropa seperti Persia, Yunani, dan juga Celtic.

Perkembangan Plovdiv juga semakin terlihat di mana sekarang sudah menjadi ibukota budaya Bulgaria serta menjadi kota terbesar kedua di sana. Kamu akan melihat banyak reruntuhan kuno yang tersisa saat mengunjunginya.

2. Varna, Bulgaria

varna

Masih di Bulgaria. Di sana terdapat salah satu kota tertua di Eropa yang bisa kamu kunjungi. Varna bahkan sudah ada sejak tahun 4600 SM yang berlokasi di Pantai Laut Hitam Bulgaria.

Selain itu saat ini kota Varna juga di jadikan sebagai kota pelabuhan yang terbilang cukup penting. Kamu bisa berkunjung ke Varna untuk melihat kemajuan peradaban di sana yang sudah menjadi pusat dari berbagai sektor, baik bisnis, pendidikan, pariwisata, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:  7 Masjid Termegah di Eropa untuk Tujuan Wisata Religi

3. Bratislava, Slovakia

bratislava

Merupakan ibukota termuda yang ada di Eropa. Bratislava menjadi salah satu kota tertua di Eropa yang bisa kamu kunjungi. Selain itu kota yang berlokasi di negara Slovakia ini memiliki cerita sejarah yang cukup panjang untuk diketahui.

Kamu bisa berkunjung ke kota ini untuk memperlajari sejarah didalamnya. Bahkan kota ini juga sudah berdiri sejak tahun 5.000 SM.

4. Athena, Yunani

kota tertua di Eropa athena

Kota tertua lainnya di Eropa yang bisa kamu kunjungi adalah Athena. Berlokasi di Yunani, kota ini sudah berdiri sejak tahun 5.000 SM.

Athena sendiri diambil dari nama Dewi Athena yang dulunya memenangkan kontes melawan Dewa Air yakni Poseidon.

Saat berkunjung kesana, kamu akan melihat beberapa bangunan asli yang sudah ada sejak zaman dahulu dan menjadi spot foto menarik bagi para wisatawan.

5. Chania, Yunani

kota tertua di Eropa chania

Kota yang sudah ada sejak tahun 4000 SM ini berlokaasi di Yunani. Chania bisa kamu kunjungi untuk belajar mengenai sejarah serta kemajuan pradaban disana.

Selain itu kamu juga bisa melihat berbagai reruntuhan batu yang berasa; dari periode Minoa.

6. Argos, Yunani

kota tertua di Eropa argos

Tidak hanya Athena, Argos juga menjadi kota tertua di Eropa yang berada di negara Yunani. Kota yang sudah ada sejak tahun 5000 SM ini memiliki jumlah penduduk sekitar 22ribu orang.

Selain itu Argos juga menjadi kota yang penuh dengan kebudayaan di dalamnya yang bisa kamu kunjungi. Serupa dengan Athena, Argos juga diambil dari nama putra Dewa Zeus dan Dewi Niobe yakni Argus.

7. Thebes, Yunani

kota tertua di Eropa thebes

Menjadi salah satu kotaa tertua di Eropa yang berlokasi di Yunani. Thebes bahkan disebut menjadi kota tertua kedua di Eropa yang sudah ada sejak tahun 3000 SM.

Baca Juga:  Tempat Wisata di New Zealand yang Paling Spektakuler

Selain kota yang satu ini juga terbilang memiliki banyak penduduk dan menjadi kota yang tenang.

8. Nikosia, Siprus

kota tertua di Eropa nikosia

Merupakan ibukota negara Siprus yang sudah ada sejak tahun 2500 SM. Kota Nikosia menjadi kota dengan pemukiman zaman perunggu yang bahkan masih ada hingga sekarang.

Selain itu kota ini juga memiliki pemandangan indah yanng memanjakan mata, lengkap dengan bangunan kuno yang bisa kunjungi.

Nah itulah beberapa kota tertua di Eropa yang bisa kamu kunjungi. Kota tersebut hingga saat ini sudah mengalami banyak kemajuan peradaban yang membuatnya menjadi tujuan wisata.***