Site icon City Awesome

6 Tradisi Unik saat Ramadan di India

Cityawesome.com – Tradisi unik ramadan di India. Berbicara mengenai ramadan, tentunya setiap negara memiliki tradisi dan budaya yang berbeda – beda. Seperti halnya di India, di mana tradisi ramadan di sana terbilang cukup meriah dengan banyaknya acara buka bersama di beberapa wilayah.

India sendiri sebenarnya merupakan negara yang di dominasi oleh umat Hindu. Namun di sisi lain, India menjadi rumah bagi konsentrasi Muslim terbesar kedua setelah Indonesia. Oleh karenanya jika kamu berkunjung ke India saat ramadan, maka kamu akan menikmati semarak kemeriahan ramadan yang berbeda dengan negara lainnya.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa tradisi ramadan khas India yang meriah dan terkesan ramai.

1. Melakukan pembersihan diri dan lingkungan

Tradisi ramadan khas India yang berbeda dengan negara lain adalah membersihkan diri. Di mana biasanya masyarakat Muslim di India akan melakukan tradisi ini pada akhir bulan Syaban untuk menyambut datangnya bulan ramadan.

Selain itu mereka juga akan membersihkan lingkungan sekitar dengan menggunakan pakaian khas yakni Kurta atau Salwa – Kameez.

2. The Seheriwala

Merupakan tradisi ramadan yang hanya ada di India. The Seheriwala merupakan budaya yang berasal dari Mughal. Di mana nantinya masyarakat muslim India akan berjalan – jalan di kota pada pagi hari dengan berteriak atas nama Allah dan Rasul untuk membangunkan sahur.

Bahkan mereka juga biasanya membawa tongkat untuk mengetuk pintu dan dinding rumah warga. Hingga kini tradisi The Seheriwalas masih sering di lakukan terutama di Old Delhi.

3. Menyajikan makanan khas untuk sahur dan berbuka

Jika kamu berkunjung ke India terutama saat ramadan, pastinya kamu akan melihat saja kuliner khas India yang di jual menjelang waktu berbuka seperti samosa, dahi wada, pakodas, haleem, kheema, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan untuk sahur, nantinya kamu akan lebih mudah menemukan makanan seperti olahan nasi, keema, telur dan paratha yang tidak lain adalah roti lapis khas India yang terbuat dari Gandum.

4. Pria menggunakan celak untuk menegaskan mata

Jika kamu berkunjung ke India saat ramadan, maka kamu akan terbiasa melihat pria Muslim di sana yang menggunakan celak. Hal ini menjadi salah satu tradisi yang banyak di lakukan di India. Celak sendiri merupakan salah satu kosmetik yang di gunakan untuk menegaskan mata. Bahkan tidak hanya itu saja, tidak jarang juga pria di sana yang menggunakan tambahan eyeliner.

5. Memasak hidangan khas di berbagai wilayah

Untuk kamu ketahui sebelumnya, di India sendiri terdapat kuliner khas yang berbeda – beda di setiap daerah. Seperti di India Selatan, makanan khas yang populer di sana adalah Nombu Kanji, di mana makanan ini merupakan bubur nasi yang biasanya di olah bersamaan dengan daging sapi dan kacang hijau.

6. Lebih menyukai berbuka di masjid dan surau kecil

Tradisi yang satu ini sebenarnya tidak hanya ada di India saja. Berbuka puasa bersama di Masjid merupakan salah satu tradisi seluruh umat Muslim saat ramadan. Namun bedanya dengan masyarakat di India adalah di mana mereka lebih menyukai untuk berbuka di surau atau masjid kecil.

Di mana nantinya akan ada donatur yang menyediakan rumahnya untuk di jadikan tempat memasak. Selain itu mereka biasanya akan memasak bihun sebagai salah satu makanan khusus untuk berbuka puasa. Hal ini jugalah yang menjadi alasan penjualan bihun saat ramadan mengalami peningkatan di sana.

Nah itulah beberapa tradisi unik ramadan khas India untuk kamu ketahui. Hingga kini tradisi diatas masih terus dijalankan dan bahkan sudah terjadi secara turun – temurun.***

Exit mobile version