Sejarah, Lokasi, dan Daya Tarik Wisata Candi Sambisari

Wisata Candi Sambisari – Jika membahas tentang Yogyakarta, di sana banyak candi yang sekaligus menjadi tempat wisata sejarah. Seperti yang paling populer adalah Candi Borobudur dan Prambanan. Namun ada lagi yang tidak kalah populer yakni candi Sambisari. Wisata satu ini berada sekitar 4 KM dari candi Prambanan dan menjadi bangunan bersejarah yang di bangun pada abad ke 9 pemerintahan Rakai Garung.

Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai Candi Prambanan yang bisa menjadi sumber referensi kunjungan. Berikut adalah ulasannya !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Candi Sambisari beralamatkan di Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sambisari, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55571. Tepatnya berjarak sekitar 12 KM dari Yogyakarta menuju Surakarta.

Menariknya harga tiket masuk wisata candi Sambisari terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 5 ribu perorang. Dengan begitu kamu bisa datang secara berbondong-bondong bersama teman dan keluarga. Adapun jam operasional wisata candi Sambisari di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Daya tarik dan aktivitas wisata candi Sambisari

Bangunan wisata candi Sambisari ini memiliki daya tariknya tersendiri. Di mana yang membuatnya unik adalah candi Sambisari berada sekitar 6,5 meter di bawah permukaan tanah. Adapun para arkeolog juga memberikan penjelasan bahwa permukaan tanah di sekitar candi tidak lebih tinggi dari lahan area sekitar. Hanya saja tanah pasir dan bebatuan di sana sudah tertimbun letusan gunung merapi. Hal itulah yang membuat candi Sambisari seolah seperti terkubur.

Candi Sambisari sendiri di temukan pertama kali oleh seorang petani tepatnya pada tahun 1966. Dimana pada saat penggalian, turut di temukan perhiasan, beberapa tembikar, prasasti, bahkan hingga cermin logam. Hingga tepatnya pada tahun 1986, candi ini di lakukan pemugaran oleh Dinas Purbakala. Selain itu candi ini memiliki 1 candi utama dan 3 candi pendukung. Bahkan candi utamanya jjuga masih relatif utuh. Sedangkan untuk 3 candi pendukung posisinya berhadapan dengan candi utama. Di mana tiap candi perwara denah dasarnya berupa bujur sangkat.

Saat berkunjung ke wisata candi Sambisari, ada beberapa aktivitas dan daya tarik yang bisa di lakukan di sana. Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Museum Mini

Diarea sekitar candi, terdapat museum mini yang menyimpan beragam informasi mengenai penemuan candi sekaligus penggalian bersejarah. Kemudian di bagian dalam museum, terdapat arca dan beberapa batuan. Kamu juga akan melihat foto yang menggambarkan situasi candi sebelum di temukan.

2. Wisata kuliner

Jika lelah saat berkeliling area candi, kamu bisa menikmati wisata kuliner yang ada di sekitarnya. Ada soto bathok yang cukup terkenal dan di jual dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp 5 ribu. Selain itu ada beberapa lauk yang bisa di pilih sesuai keinginan mulai dari tempe goreng, sate usus, dan sate telur.

Fasilitas wisata candi Sambisari

Saat berkunjung ke wisata candi Sambisari, pengunjung akan menemukan beragam fasilitas penunjang yang bisa di manfaatkan. Hal ini dilakukan oleh pihak pengelola agar pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di sana. Adapun beberapa fasilitas di antaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Tempat penyewaan sepeda
  • Jejeran gazebo untuk sekedar bersantai

Nah itulah beberapa ulasan mengenai wisata candi Sambisari yang direkomendasikan. Pastikan kamu tidak melewatkan wisata ini saat memilih berlibur ke Yogyakarta.

Baca Juga :

***