Museum Trowulan: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik Wisata !

Daya tarik Museum Trowulan – Museum Trowulan merupakan salah satu destinasi wisata yang memungkinkan kamu untuk berlibur sekaligus belajar. Lokasinya sendiri berada di wilayah Mojokerto yang mengusung peninggalan kerajaan di masa lampau seperti Majapahit. Tidak main-main, bahkan lokasainya sendiri memang bekas dari kerajaan Majapahit. Oleh karena itu tidak heran jika kamu menemukan beragam candi di sana.

Penasaran untuk datang ke Museum Trowulan? Nah pada artikel kali ini akan di berikan ulasannya secara lengkap agar bisa menjadi sumber referensi !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Museum Trowulan beralamatkan di Jl. Pendopo Agung, Ngelinguk, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61362. Di mana untuk tarif tiketnya sendiri terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 5 ribu perorang. Adapun jam operasional Museum Trowulan di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Daya tarik dan aktivitas Museum Trowulan

Saat memasuki kawasan museum, kamu akan di suguhkan dengan keindahan taman yang asri dan hijau. Selain itu tanaman di sana juga tertata dengan rapih seperti beberapa pepohonan dan rumput hijau. Menariknya lagi pada lokasi taman terdapat patung penghias dari batu dengan pahatan dan ukiran yang cukup unik. Sebagai informasi tambahan, bangunan museum memiliki desain arsitektur seperti bangunan dengan gaya Bali. mengusung warna yang dominan merah bata dan putih lengkap dengan ukiran pada sisi dinding.

Kemudian di lokasi taman terdapat patung penghias dari batu dengan pahatan dan ukiran yang khas ala Jawa dan Bali.

Beberapa benda yang ada di museum di letakkan di ruang semi terbuka dan ada beberapa juga ruangan tertutup. Di mana pada ruangan semi terbuka terdapat beberapa benda seperti candi, patung, atau benda yang berukuran besar. Kemudian pada bangunan tertutup di lengkapi dengan koleksi kecil yang bahkan memang harus di lindungi.

1. Koleksi benda dari tanah liat dan keramik

Museum Trowulan di lengkapi dengan beberapa koleksi benda yang terbuat dari tanah liat dan keramik. Dengan di dominasi oleh benda cagar budaya, kamu bisa belajar tentang sejarah saat berkunjung kesana. Adapun beberapa koleksi yang bisa ditemukan di sana terbuat dari tanah liat dan keramik berupa alat produksi, alat rumah tangga, pertanian, bahkan hingga terakota manusia. Menariknya semua peninggalan yang ada tidak hanya berasal dari Indonesia saja melainkan juga berasal dari beberapa negara lain seperti Thailand, China, hingga Vietnam.

2. Koleksi logam dan batu

Koleksi lainnya yang ada di museum Trowulan diantaranya terbuat dari logam dan batu. Di mana koleksi yang berasal dari logam diantaranya adalah uang kuno, pedang, lampu, cermin, guci, dan lainnya. Sedangkan untuk koleksi yang terbuat dari batu diantaranya adalah miniatur, komponen candi, prasasti, bahkan hingga arca.

3. Aturan Kunjungan

Penting untuk diketahui semua pengunjung. Setiap tempat tentu ada aturan yang berbeda-beda. Nah, salah satu aturan yang di tetapkan di museum Trowulan ini adalah pengunjung yang di larang untuk memotret benda bersejarah di dalam museum. Untuk kamu yang belum tahu, museum Trowulan sendiri memang memiliki aturan yang ketat dan cukup terjaga.

Itulah beberapa ulasan seputar museum Trowulan yang bisa menjadi daya tarik kunjungan. Dapatkan pengalaman sejarah dengan mengunjungi wisata ini bersama teman dan keluarga.

Baca Juga :

***