Cityawesome.com – Makanan khas Sudan saat ramadan. Bagi umat muslim di dunia, bulan ramadan menjadi bulan suci yang paling di nantikan. Oleh karena itu, semua umat muslim di dunia akan menyambut bulan ramadan dengan sebaik mungkin. Dengan beragam tradisi dan makanan khas tentunya akan mudah kamu temui saat ramadan tiba.

Seperti halnya di Sudan. Salah satu negara di Afrika ini tentunya memiliki beragam tradisi dan makanan khas ramadan yang menggugah selera. Hal itu jugalah yang membuat wisatawan tertarik untuk menikmati hidangan khas Sudan dengan berkunjung langsung kesana.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Sudan saat ramadan yang populer dan melezatkan.

1. Asida

Asida

Jika kamu mungkin terasa asing dengan makanan khas yang satu ini. Asida merupakan salah satu makanan khas Sudan yang seringkali di sajikan saat ramadan. Asida sendiri memiliki tekstur yang seperti bubur. Namun yang membuatnya berbeda adalah dari segi bahan, di mana Asida terbuat dari yogurt, daging, tepung jagung, dan beberapa bahan lainnya.

Selain itu makanan yang satu ini sangat kaya akan vitamin, protein dan kalsium. Oleh karenanya Asida sendiri banyak di sukai oleh masyarakat Sudan dari berbagai kalangan. Kamu bisa menikmati hidangan yang satu ini baik dalam keadaan hangat maupun dingin. Di mana Asida sendiri seringkali di jadikan santapan saat berbuka puasa.

2. Full Medames

2. Full Medames

Kamu bisa menjadikan Full Medames sebagai salah satu pilihan menu berbuka puasa. Terutama jika kamu berkunjung ke Sudan, pastikan untuk tidak melewatkan makanan yang satu ini. Full Medames merupakan salah satu makanan tradisional yang terbuat dari bahan utama kacang fava. Di mana proses memasaknya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga:  Nongkrong Asik di Tuan Tanah Pondok Bambu, Menu Terjangkau !

Selain itu bahan tambahan lainnya yang ada pada makanan ini biasanya adalah Peterseli, Jintan, minyak sayur, bawang putih, dan masih banyak lagi yang laiannya. Full Medames sangat di nikmati oleh semua kalangan di Sudan dan membuaat siapapun menjadi ketagihan.

3. Nuaimiah

makanan khas sudan  Nuaimiah

Makanan khas ramadan asal Sudan lainnya yang bisa kamu nikmati adalah Nuaimiah. Di mana kamu akan banyak menjumpai makanan ini jika berkunjung ke Sudan. Selain itu Nuaimiah sendiri biasa di jadikan menu favorit untuk berbuka karena memberikan kehangatan di perut.

Nuaimiah terbuat dari rempah pilihan dan masih termasuk ke dalam jenis Sup. Biasanya makanan ini berisikan daging cincang, tepung terigu, dan juga kacang rebus. Banyak juga wisatawan asing yang penasaran untuk mencicipi makanan yang berasal dari Sudan bagian Utara ini.

4. Salatah Tomatim Bel Daqua

makanan khas sudan  Salatah Tomatim Bel Daqua

Sesuai dengan namanya, makanan khas Sudan yang satu ini terbuat dari bahan utama Tomat. Di mana Salatah Tomatim Bel Daqua serupa dengan salad yang di lengkapi dengan tomat, daun bawang, cabai hijau, dan juga peterseli.

Selain itu tidak lupa juga Salatah Tomatim Bel Daqua ini di sajikan bersamaan dengan saus kacang yang lezat. Seringkali makanan yang satu ini di sajikan saat berbuka puasa dan menjadi menu favorit bagi semua kalangan dan juga wisatawan.

5. Syurbah

makanan khas sudan  Syurbah

Menjadi salah satu rekomendasi makanan khas Sudan yang sering di hidangkan saat berbuka puasa. Kamu bisa mencicipi Syurbah dengan rasa yang menggugah selera. Syurbah sendiri jika di Indonesia serupa dengan bubur Arab.

Makanan yang satu ini memiliki tekstur yang sedikit encer dengan rasa yang seperti kuah kari. Syurbah di buat dengan berbagai rempah pilihan terbaik. Selain itu saat berkunjung kesana terutama di bulan ramadan, pastikan untuk tidak melewatkan makanan ini karena tentunya masyarakt Sudan sendiri banyak yang menjadikan Syurbah sebagai menu favorit.

Baca Juga:  8 Kafe Kekinian di Madiun: Cocok Dijadikan Tempat Nongkrong

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan khas Sudan saat ramadan yang bisa di jadikan pilihan menu sahur dan berbuka. Saat kamu berkunjung kesana terutama saat ramadan, pastikan untuk tidak melewatkan beberapa rekomendasi makanan yang telah di sebutkan di atas.***