Cityawesome.com – Air Terjun terbaik Sumedang. Masa liburan menjadi hal yang paling di tunggu – tunggu oleh semua orang. Terlebih di Indonesia, di mana kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di berbagai objek wisata menarik. Kamu akan bisa menemukan banyak objek wisata menarik yang bisa kamu kunjungi salah satunya adalah Air Terjun.

Sebenarnya banyak sekali rekomendasi air terjun di Indonesia yang bisa menjadi pilihan. Namun kali ini akan di bahas mengenai air terjun terbaik di Sumedang dengan keindahan yang membuat siapapun menjadi takjub. Berikut beberapa rekomendasinya !

1. Air Terjun Sindulang

Menjadi salah satu air terjun yang cukup terkenal di Jawa Barat. Curug Sindulang berlokasi di Sumedang tepatnya di aliran sungai Citarik yang memiliki hulu di kawasan gunung Kareumbi. Selain itu air terjun yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 50 meter dengan jumlah mata air berjumlah 24 buah.

1. Air Terjun Sindulang

Tidak hanya itu saja nantinya saat berkunjung kesana kamu akan melihat keindahan alam sekitar yang cukup memanjakan mata. Dengan udara yang masih alami, air terjun Sindulang tidak pernah sepi dari pengunjung baik dari lokal maupun luar daerah.

Untuk masuk ke kawasan air terjun ini, kamu akan di kenakan tarif mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu dengan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Meskipun tarif yang di kenakan cukup terjangkau dan bisa di katakan murah, namun berbagai fasilitas di dalamnya bisa kamu gunakan mulai dari toilet hingga warung.

2. Air Terjun Buud

Air terjun yang satu ini sebenarnya tidak terlalu tinggi hanya sekitar 5 meter. Namun yang menjadi keunggulannya adalah panjang dari air terjun yang mencapai hingga 35 meter. Oleh karenanya curug Buud menjadi salah satu air terjun yang menarik perhatian para wisatawan.

2. Air Terjun Buud

Dengan panjang sekitar 35 meter itu di sebabkan oleh pertemuan antara 2 sungai yakni Sungai Cipicung dan sungai Cikandung. Saat musim hujan, maka aliran air terjun akan semakin indah karena nantinya seluruh tebing akan tertutup oleh air terjun yang besar seperti air terjun Niagara.

Baca Juga:  Review Objek Wisata Bukit Sakura Lampung, Harga Tiket dan Aktifitas !

Untuk bisa berkunjung kesana nantinya kamu akan di kenakan tarif sekitar Rp 2 ribu perorang dengan biaya parkir berkisar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

3. Air Terjun Cigorobog

Rekomendasi air terjun terbaik lainnya di Sumedang adalah Curug Cigorobog. Berlokasi di kawasan hutan Desa Citengah, air terjun ini memilih beberapa undakan dengan ketinggian 40 meter. Selain itu air terjun Cigorobog sendiri di lengkapi dengan 3 buah undakan di mana pada tiap undakan memiiki teras air untuk bermain dan sekedar berendam.

air terjun sumedang Air Terjun Cigorobog

Meskipun air di Curug Cigorobok ini tidak terlalu deras, namun sangat jernih dan sejuk. Kamu akan merasakan suasana yang alami saat berendam di sana.

Nantinya pada bagian bawah terdapat aliran sungai kecil yang bisa di manfaatkan sebagai tempat bermain anak. Untuk bisa masuk ke kawasan ini, nantinya kamu akan di kenakan tarif sebesar Rp 3 ribu. Sehingga untuk berlibur ke Curug Cigorobok bersama keluarga kamu tidak harus memiliki uang banyak.

4. Air Terjun Cipongkor

Berada di desa Ciherang, kamu bisa menjadikan curug Cipongkar sebagai salah satu air terjun yang direkomendasikan di Sumedang. Selain itu air terjun yang ada di curug ini juga tidak terlalu besar namun memiliki aliran yang cukup tinggi.

Cipongkor

Curug Cipongkar sendiri terbilang masih tersembunyi. Hal tersebut di karenakan lokasinya berada di ceruk tebing yang menjulang tinggi dan terhampar sawah yang berundak – undak. Untuk bisa kesana nantinya kamu hanya bisa mengakses dengan berjalan kaki. Sebaiknya untuk kamu mengutamakan keselamatan saat berkunjung kesana.

5. Air Terjun Ciputrawangi

Jika kamu berkunjung ke kabupaten Sumedang, pastikan untuk tidak melawatkan air terjun Ciputrawangi. Berlokasi di desa Narimbang, tepatnya di bagian timur kaki gunung Tampomas dan masih berada di di kawasan taman wisata alam gunung Tampomas.

Air Terjun Ciputrawangi

Karena lokasinya tersebut, nantinya saat berkunjung kesana kamu akan sekalgus melihat berbagai hewan liar seperti monyet, landak, bahkan hingga babi hutan yang menjadi penghuni taman wisata alam Gunung Tampomas.

Baca Juga:  Info Tiket Masuk Candi Borobudur dan Prambanan Terbaru

6. Air Terjun Sabuk

Berlokasi di kawasan hutan gunung Kareumbi, kamu bisa menjadikan Curug Sabuk sebagai salah satu air terjun yang direkomendasikan. Selain itu Curug Sabuk sendiri memiliki beberapa buah air terjun dengan debit air yang berbeda – beda. Dari 4 air terjun yang ada, 2 di antaranya berjajar denngan ketinggian 60 meter.

Air Terjun Sabuk

Saat berkunjung kesana nantinya kamu bisa menikmati mata air terjun yang bersih dan jernih sehingga menyegarkan. Karena lokasinya yang berada di tengah hutan, maka untuk bisa berkunjung kesana nantinya kamu harus melawati akses jalan yang cukup menantang dan hanya bisa di lewati dengan berjalan kaki.

Selain itu untuk masuk ke kawasan Curug ini kamu tidak akan di kenakan terif alias gratis. Hal tersebut di karenakan curug Sabuk masih bebas dan belum di kelola. Namun tetap pastikan untuk mengutamakan keselamatan.

Nah itulah beberapa rekomendasi air terjun terbaik di wilayah Sumedang untuk bisa kamu kunjungi. Berlibur ke air terjun bisa menjadi pengalaman liburan yang berbeda dan menyenangkan.***