Cityawesome.com – Museum iptek terbaik di Indonesia. Kehadiran museum Iptek memberikan informasi dan pengetahuan bagi siapapun yang mengunjunginya. Iptek merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang memungkinkan kamu belajar mengenai kecanggihan ilmu seiring berjalannya waktu.

Jika kamu memutuskan untuk berkunjung ke wisata edukasi, deretan museum Iptek di bawah ini bisa menjadi rekomendasi terbaik.

1. Pusat Peragaan Iptek (Jakarta)

Berlokasi di ibukota Indonesia, tepatnya di Taman Mini Indonesia Indah di mana kamu bisa mengunjungi Pusat Peragaan Iptek. Museum yang satu ini tidak lain adalah sarana pembelajaran di luar sekolah untuk siswa yang berada di sekitar Jakarta.

1. Pusat Peragaan Iptek (Jakarta)

Saat berkunjung ke pusat peragaan Iptek nantinya kamu akan menemukan berbagai wahana dan alat peraga menarik. Setidaknya ada lebih dari 250 alat peraga yang bisa kamu gunakan mulai dari bila melayang hingga informasi mengenai listrik dan magnet.

Menariknya lagi, Pusat Peragaan Iptek di lengkapi dengan Science Camp, Teropong Bintang, bahkan hingga informasi mengenai teori Dinosaurus.

2. Graha Teknologi Sriwijaya (Palembang)

Beralih ke Sumatera tepatnya di Palembang, terdapat museum Iptek yang tidak kalah lengkap di banding yang lainnya. Berlokasi di Jalan Seniman Amri Yahya, Komplek Taman Budaya Jakabaring. Disana terdapat setidaknya 134 buah alat peraha yang bisa di gunakan oleh semua pengunjung.

2. Graha Teknologi Sriwijaya (Palembang)

Selain itu Graha Teknologi Sriwijaya juga memiliki alat berupa simulasi gelombang tsunami. Bahkan tidak jarang juga museum Iptek yang satu ini menyediakan berbagai event dan perlombaan seperti demo science, sanggar kerja, hingga lomba water rocket.

3. Jateng Science Center (Semarang)

Berlokasi di Balai Sumbing PRPP Jawa Tengah, Jateng Science Center bisa kamu kunjungi untuk mempelajari ilmu science di dalamnya.

3. Jateng Science Center (Semarang)

Ada berbagai koleksi alat peraga yang bisa kamu eksplorasi seperti Mekanika Sepeda rangka, Rumah Hamster, Halilintar, Generator Tangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:  Puncak Halimun Camp Bogor, Cek Harga Tiket Termurahnya !

Oleh karena itu tidak heran jika museum Iptek yang satu ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

4. Mutiara Bangsa Science Center (Indramayu)

Rekomendasi museum Iptek terbaik lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Mutiara Bangsa Science Center. Berlokasi di Indramayu, nantiya kamu akan bisa mengeksplorasi 48 macam Iptek mulai dari Hexagon, Jam Pasir, Sepeda Polygon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Mutiara Bangsa Science Center (Indramayu)

Selain itu di sana kamu akan bisa menikmati bioskop yang mengusung konsep 4 dimensi. Dengan begitu nantinya kamu akan mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan dan berbeda.

Untuk harga tiket masuk Mutiara Bangsa Science Center, kamu harus membauar sekitar Rp 35 ribuan perorang.

5. Puspa Iptek Sundial (Bandung)

Beralih ke Bandung, di sana terdapat salah satu Museum Iptek yang populer di Indoensia. Tepatnya di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, kamu bisa melihat sekitar 180 peraga interaktif yang bahkan bisa di coba dan eksplorasi.

5. Puspa Iptek Sundial (Bandung)

Selain itu sesuai dengan namanya, kamu juga akan bisa belajar mengenai dunia jam matahari atau Sundial.

Keunggulan lainnya yang di miliki Puspa Iptek Sundial adalah di mana alat peraga tidak hanya ada di dalam gedung saja melainkan juga di lengkapi dengan galeri outdoor mulai dari kebun organik, saung kelinci, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Taman Pintar (Yogyakarta)

Taman Pintar merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang terbilang cukup populer. Lokasinya berada di Jogja, Taman Pintar tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung terutama siswa sekolah dasar.

6. Taman Pintar (Yogyakarta)

Berkunjung ke Taman Pintar memungkinkan kamu untuk bisa mempelajari berbagai ilmu science. Selain fasilitas edukasi yang ditawarkan juga cukup lengkap mulai dari Zona Pengelolaan Sampah, Science Theater, Kampung Kerajinan, Planetarium, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru dan Hits di Lhoksumawe

Nah itulah beberapa rekomendasi museum Iptek yang bisa dijadikan wisata edukasi. Mengunjungi wisata edukasi memungkinkan kamu untuk tidak hanya mendapatkan keseruan saja melainkan juga ilmu baru.

Baca Juga :

***