Cityawesome.com – Objek wisata Situ Patenggang. Indonesia memiliki beragam daerah dengan keindahan dan kebudayaan yang berbeda – beda. Salah satu kota yang tidak ketinggalan menjadi tujuan destinasi wisata adalah Bandung. Saat berkunjung kesana, tentunya kamu tidak akan bingung akan pergi kemana, karena ada banyak sekali objek wisata menarik yang bisa di jadikan pilihan.

Situ Patenggang merupakan salah satu contoh objek wisata di Bandung yang layak untuk dikunjungi. Di mana Situ Patenggang sendiri merupakan sebuah danau yang berada di Bandung Selatan. Nantinya saat berkunjung kesana, kamu akan di manjakan dengan pemandangan yang sejuk dan asri.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa ulasan lengkap mengenai Situ Patenggang untuk kamu ketahui.


Wisata alam Situ Patenggang

Merupakan salah satu objek wisata di Bandung yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Kamu akan menikmati suasana sejuk khas pegunungan di lengkapi dengan daun teh hijau asli dan berbagai pepohonan yang indah serta jernihnya air yang ada. Tidak hanya itu saja, jika kamu beruntung nantinya kamu akan melihat goresan kabut tipis yang menggantung sehingga menjadikan suasana lebih teduh. Udara yang segar memungkinkan kamu menjadi betah berlama – lama saat berkunjung kesana.

Wisata alam Situ Patenggang

Objek wisata Situ Petenggang merupakan danau yang berada di ketinggian 1600 meter dan di kelilingi oleh kebun teh Rancabali. Di mana danau tersebut memiliki luas sekitar 45 ribu hektar. Selain itu lokasinya berdekatan dengan area wisata lain sehingga tidak hanya bisa menikmati keindahan wisata di satu objek saja.

Berawal dari cagar alam, hingga kemudian pada tahun 1981 Situ Patenggang mulai di kelola oleh Pehutani untuk di jadikan objek wisata. Bahkan hingga saat ini objek wisata Situ Patenggang tidak pernah sepi dari pengunjung baik dari lokal maupun luar daerah. Dengan mitos dan legenda yang ada, objek wisata yang satu ini memiliki keindahan dan lengkap dengan spot foto yang kekinian dan instagramable.

Baca Juga:  8 Hotel Murah Terbaik di Solo, Rp 200 ribuan Fasilitas Lengkap !

Alamat dan harga tiket Situ Patenggang

Situ Patenggang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey – Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jika kamu berangkat dari Jakarta nantinya akan ada 3 rute yang bisa di tempuh antara lain :

Alamat dan harga tiket Situ Patenggang
  • Melalui tol Cipularang ke Bandung dan keluar dari pintu tol Kopo untuk selanjutnya berjalan ke arah Soreang ke Ciwidey.
  • Kemudian melalui tol Cipularang dan keluar di pintu tol Buah Batu. Selanjutnya masuk ke Banjaran – Soreang – Ciwidey.
  • Jika kamu menggunakan kendaraan umum, nantinya kamu bisa naik bis jurusan Ciwidey dari terminal Leuwi Panjang. Hingga sampai di terminal Ciwidey nantinya kamu bisa beralih dengan menggunakan angkutan kota menuju Situ Patenggang.

Untuk harga tiket masuk yang di tetapkan pada objek wisata yang satu ini terbilang cukup terjangkau. Di mana kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 18 ribu untuk weekday dan Rp 20 ribu untuk weekend. Sedangkan biaya parkir akan di kenakan sebesar Rp 22.500 untuk Bis dan Truk, Rp 3.500 untuk motor, dan Rp 11 ribu untuk mobil.


Fasilitas dan daya tarik Situ Patenggang

Saat berkunjung kesana, nantinya kamu bisa menikmati keindahan danau yang terbilang masih asri dan menyegarkan. Selain itu berbagai fasilitas wisata bisa kamu nikmati mulai dari sopot foto kekinian dan instagramable, menyewa perahu untuk mengelilingi danau, bahkan hingga menyewa gazebo sekitar Rp 10 ribu. Tidak hanya itu saja, berbagai wahana bisa kamu gunakan seperti seeda air yang bisa di sewa sekitar Rp 40 ribu per jam.

Fasilitas dan daya tarik Situ Patenggang

Tidak hanya wahana menarik yang bisa kamu pilih dan nikmati. Beragam wisata kuliner juga menjadi daya tarik yang untuk dijadikan rekomendasi. Di mana nantinya saat berkunjung kesana kamu tidak perlu menyiapkan bekal dari rumah karena beragam rumah makan dan restoran bisa kamu kunjungi dengan pilihan menu dan harga yang beraneka ragam.

Baca Juga:  Indahnya Wisata Sungai Mudal yang Hits Dikunjungi

Bahkan kamu juga bisa berburu oleh – oleh di toko souvenir yang ada di sana untuk di bagikan kepada keluarga dan orang tersayang.


Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai objek wisata Situ Petenggang yang bisa di jadikan tujuan destinasi wisata terbaik saat berlibur. Pastikan kamu tidak melewatkan objek wisata yang satu ini jika kamu memilih Bandung sebagai kota wisata.***