Cityawesome.comCampuhan Ridge Walk atau bisa di sebut juga dengan bukit Campuhan adalah jalan setapak yang ada di perbukitan Desan Sayan, Ubud, Bali. Di mana jalurnya terbentang sepanjang 2 KM dengan jurang dikanan kirinya. Alasan yang membuat Campuhan Ridge Walk ini populer adalah keindahan wisata sekitar yang cukup mampu membuat siapapun menjadi takjub.

Kamu bisa datang kesana untuk sekedar treking atau bisa juga untuk mengambil foto dengan hasil gambar eksotis. Menariknya lagi kamu bisa memilih untuk memulai treking dari pura Gunung Lebah atau dari Desa Keliki.

Jika tertarik untuk datang, simak ulasan berikut terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi seputar Campuhan Ridge Walk ini.

campuhan ridge walk

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Campuhan Ridge Walk beralamatkan di Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuan, Sayan, Ubud, Gianyar, Bali, Indonesia, 80571. Tepatnya berjarak sekitar 35 KM dari Kuta Bali dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai kesana.

Selain itu nantinya kamu tidak akan di kenakan tarif tiket apapun alias gratis. Hal ini di karenakan Campuhan Ridge Walk merupakan jalanan umum yang tidak di kelola oleh siapapun.

Pengunjung bisa bebas mengaksesnya kapanpun karena jam operasional dari Campuhan Ridge Walk sendiri di buka setiap hari selama 24 jam. Namun untuk mendapatkan keindahan estetik yang memukau, di sarankan untuk datang pada pagi atau sore hari menjelang malam.

campuhan ridge walk

Daya tarik dan keindahan Campuhan Ridge Walk

Sebenarnya Campuhan Ridge Walk ini tidak berbeda dengan jalanan setapak pada umumnya. Namun keindahan alam sekitar membuat Campuhan RidgeWalk ini begitu menarik perhatian. Bentuknya sendiri menyerupai prisma dengan juran di bagian kanan dan kiri.

Baca Juga:  Daya Tarik dan Keindahan Wisata Telaga Menjer Wonosobo

Kemudian di tengah bukit terdapat jalan setapak yang bisa di lakukan treking oleh para pendaki. Selama melakukan trekking, nantinya kamu akan melihat pemandangan rumput kecil yang luas. Terlebih lagi untuk jalurnya masih terbilang cukup mudah di tambah dengan angin sepoi-sepoin memberikan pengalaman mendaki yang berbeda.

Adapun beberapa daya tarik dan aktivitas yang bisa di lakukan di sana adalah :

1. Jalur Trekking bisa di pilih

Setidaknya ada 2 jalur trekking yang bisa di pilih oleh pengunjung yakni Gunung Lebah dan Desa Kaliki. Namun jika kamu memilih untuk melewati Gunung Lebah, maka yang akan kamu temukan adalah area padang rumput. Selain itu untuk spot terbaik berada di tengah jalur.

Kemudian jika memilih untuk melalui Desa Kaliki, maka kamu bisa menemukan banyak kafe dan villa di area sekitar. Selanjutnya jalur trekking bisa di mulai sekitar 800 meter dari area kafe tersebut.

2. Keindahan Sunset dan Sunrise

Bukan tanpa sebab banyaknya wisatawan datang saat pagi dan sore adalah keindahan matahari yang mengagumkan. Terlebih saat cuaca sedang mendukung maka kamu akan melihat keindahan matahari terbit dan terbenam di waktu tertentu. Selain itu jika posisi kamu sudah ada di atas bukit, maka keindahannya tidak akan di halangi oleh tumbuhan apapun.

3. Mendaki

Untuk melakukan pendakian di sana terbilang cukup mudah, bahkan pemula tidak akan merasa kesulitan sama sekali. Hal ini di karenakan jalur trekking cenderung rata dengan lebar sekitar 1,5 meter. Selain itu untuk menuju puncaknya maka kamu hanya perlu melakukan pendakian dengan jarak sekitar 2 KM saja.

Kamu bisa memilih untuk berjalan santai dengan peliharan, melakukan jogging, atau bisa juga dengen bersepeda.

campuhan ridge walk

Fasilitas wisata Campuhan Ridge Walk

Seperti pada penjelasan sebelumnya, di mana Campuhan RidgeWalk adalah jalanan umum setapak yang di samping kanan dan kirinya adalah jurang. Oleh karena itu pengunjung tidakk bisa berharap fasilitas apapun di sana. Bahkan untuk toilet maupun warung makanpun tidak akan di temukan. Sehingga pengunjung harus menyiapkan perbekalan sendiri sebelum melakukan treking di area ini.

Baca Juga:  Info Lokasi, Jam Buka, dan Wahana Terbaru Ricastro Waterzone

Demikian ulasan mengenai Campuhan Ridge Walk yang memiliki daya tarik dan keindahannya tersendiri. Jika kamu sedang berada di area Ubud, menghabiskan waktu untuk sekedar berolahraga pagi atau sore disana bisa menjadi pilihan terbaik.

Baca Juga :

***