Lokasi, Daya Tarik, dan Keseruan Arung Jeram Serayu

Arung Jeram Serayu merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kawasan Banjarnegara, Jawa Tengah. Di mana wisata ini sesuai dengan namanya yakni mengusung konsep one stop adventure activities. Selain itu pihak pengelola juga menyediakan beragam fasilitas sehingga pengunjung tidak akan merasa bosan berlama-lama di sana.

Memungkinkan pengunjung merasakan pengalaman berpetualang di alam sekaligus merasakan kesegaran udara yang masih alami.

Jika kamu penasaran, berikut adalah beberapa ulasan mengenai Arung Jeram Serayu yang bisa menjadi rekomendasi kunjungan.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Arung Jeram Serayu berlokasi di Jalan Banjarnegara Km 15 Desa Randegan, Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah , Indonesia, 53481. Tepatnya kamu membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 jam untuk bisa sampai kesana dari pusat kota Yogyakarta dan Semarang.

Adapun untuk tarif paket wisata tersedia cukup bervariasi sesuai dengan jarak tempuhnya. Berikut adalah rincian tarif paket arung jeram :

  • Durasi 1 jam dengan panjang lintasan 7 KM Rp 185 ribu
  • 2 jam dengan panjang lintasan 14 KM Rp 230 ribu
  • 5 jam dengan panjang lintasan 26 KM Rp 350 ribu

Jam operasional wisata Arung Jeram Serayu di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Aktivitas dan Daya Tarik wisata Arung Jeram Serayu

Sebagai informasi tambahan, wisata arung jeram Serayu terbilang cukup populer di karenakan sungainya lebar dan memiliki rute yang cukup panjang. Selain itu debit airnya juga relatif stabil dan cukup merata di sepanjang tahun. Menariknya lagi lokasi di sana cukup strategis yakni berada di tepi jalan utama Wonosobo – Banjarnegara – Purwokerto.

Adapun wisata ini termasuk yang terbesar di Jawa Tengah. Bagaimana tidak, panjangnya mencapai 14 hingga 26 KM dengan karakteristik sungai dengan arus liar, pertemuan anak sungai, bahkan hingga beberapa titik arus berputar.

Jika kamu tertarik berkunjung ke Arung Jeram Serayu, berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa di lakukan :

1. Rafting

Sebelum memulai petualangan, nantinya pengunjung akan di kumpulkan di basecamp untuk di bagikan life jacket, dayung, helm, skipper, medical kit, dan rescue team. Kemudian guide akan mulai memandu dengan menjelaskan tata cara arung jeram, prosedur keamanan, sekaligus bagaimana menggunakan dayung. Selain itu biasanya 1 perahu akan berisikan maksimal 6 orang dan 1 orang pemandu. Jalurnya tersedia 2 pilihan yakni 14 KM dan 26 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 5 jam.

2. Outbond

Selain melakukan rafting, kamu juga bisa memilih aktivitas lainnya yakni Outbond. Menariknya lagi di sana terdapat instruktur berpengalaman yang memungkinkan aktivitas outbond menjadi lebih seru. Ada beberapa paket outbond yang bisa di pilih mulai dari sekolah, dewasa, bahkan hingga ekstrim.

3. Berkemah

Jika kamu menyukai aktivitas wisata alam, maka berkemah bisa menjadi opsi terbaik untuk dipilih. Tepatnya di tepi aliran sungai Serayu, kamu akan menemukan suasana alam yang terbuka. Di mana kamu bisa mendirikan tenda diarea camping ground bersama teman dan keluarga. Selain itu suasana yang asri dan sejuk, suhunya hanya berkisar 25 hingga 30 derajat celcius.

4. Wisata kuliner

Jika lelah melakukan beragam aktivitas di sana, kamu bisa mampir ke restoran tepi sungai. Menikmati aneka ragam hidangan mulai dari yang tradisional bahkan hingga yang modern. Tidak hanya itu saja, restoran yang tersedia di kawasan wisata Arung Jeram Serayu di lengkapi dengan tempat untuk rapat, gathering, hingga resepsi pernikahan.

Demikian ulasan seputar Arung Jeram Serayu yang bisa menjadi opsi kunjungan seru dan menarik. Dapatkan pengalaman berlibur di alam bersama teman dan keluarga dengan mengunjungi destinasi yang satu ini.

Baca Juga :

***