ranca upas

Jika sedang liburan ke Bandung, belum afdol rasanya kalau kamu nggak mampir juga ke destinasi wisata Ranca Upas. Tempat wisata yang satu ini menawarkan suasana liburan yang asri namun tetap menyenangkan. Bagi kamu yang suka dengan pemandangan alam, lokasi ini cocok sekali untuk kamu kunjungi. 

Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan alam sepuas-puasnya. Selain itu, udaranya yang bersih dan segar akan semakin membuat kamu betah berlama-lama liburan. Nah, buat kamu yang tertarik berkunjung ke sini, lebih baik baca dulu ulasannya berikut ini: 

Rute dan Lokasi Ranca Upas 

pemandangan ranca upas

Destinasi wisata ini terletak di kawasan dataran tinggi Ciwidey. Dari segi geografis, lokasi wisata Ranca ini berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Maka dari itu, nggak heran kalau udara di sini cenderung sejuk dan dingin daripada di tempat lain. 

Wisata Ranca ini juga berdekatan dengan lokasi wisata lainnya, misalnya saja kawasan Kawah Putih. Jika kamu pernah berlibur ke kawasan Kawah Putih, kamu pasti nggak akan sulit menemukan lokasinya. Sebab, lokasi Ranca berdekatan dengan lokasi Kawah Putih. 

Untuk sampai ke kawasan wisata ini, kamu cuma memerlukan waktu yang singkat. Jaraknya pun nggak terlalu jauh dari pusat kota. Sebab perjalanan menggunakan kendaraan dari Soreang menuju Ciwidey hanya sekitar 15 kilometer saja. 

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

tiket ranca upas

Siapapun yang berminat liburan ke Ranca Upas, pasti membutuhkan sejumlah biaya untuk masuk ke dalam wahananya. Para wisatawan yang mau berkunjung ke sini wajib membayar biaya tiket masuk. Rentang harga tiket masuk ke kawasan wisata ini tentunya beragam. 

Bagi wisatawan domestik, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah. Sebaliknya, jika kamu termasuk wisatawan mancanegara, maka biaya tiket masuk yang perlu dibayar sebesar 44 ribu rupiah. 

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Wisata di Gangnam, dari Fashion Street Sampai Kuil

5 Wisata Alam Malang yang Cocok untuk Kegiatan Healing

Lain halnya jika kamu ingin melakukan camping. Biaya camping untuk wisatawan lokal adalah sebesar 33 ribu rupiah. Lalu untuk biaya camping wisatawan mancanegara sebesar 55 ribu rupiah. Harga ini tentu akan mengalami peningkatan menjelang hari libur atau akhir pekan. 

Masih ada biaya lain di luar tiket masuk dan camping, yaitu biaya untuk parkir, renang, atau tempat bermain anak di playground. Untuk parkir, kamu perlu mengeluarkan biaya senilai 2 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah. Lalu untuk biaya renang sekitar 22 ribu rupiah. Sedangkan untuk biaya playground sekitar 10 ribu rupiah. 

Saat kamu berencana liburan ke kawasan wisata ini, sebaiknya kamu cari tahu dulu jam operasionalnya. Pada hari-hari biasa, tempat wisata Ranca buka setiap pukul 09.00 – 17.00 WIB. Lain halnya dengan akhir pekan yang buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. 

Pilihan Wisata di Ranca Upas 

wisata di ranca upas

Ranca Upas memang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Akan tetapi, bukan keindahan alam saja yang bisa kamu nikmati di tempat ini. Masih ada berbagai macam pilihan wisata lain yang bisa menjadi alternatif hiburan buat kamu. Lagipula kawasan wisata Upas juga banyak berdekatan dengan lokasi wisata Bandung lainnya. 

Saat liburan ke Upas, kamu bisa sekalian mampir ke tempat-tempat wisata Bandung lainnya. Mulai dari Cibaduyut, Factory Outlet, hingga ke pemandian air panas Ciater. Kalau kamu suka dengan wisata alam, kamu bisa mampir pula ke wisata Curug Malela hingga ke Gunung Tangkuban Perahu. 

Baca Juga:  Cikao Park: Fasilitas, Jam Operasional, dan Harga Tiket