Wisata umbul manten

Jangan lupa melipir ke wisata Umbul Manten sewaktu kamu berlibur ke Klaten, Jawa Tengah. Umbul Manten merupakan wisata mata air dengan panoramanya yang indah. Di tempat ini, kamu bisa menemukan pemandangan alam bawah laut yang berbeda dari yang lainnya. 

Destinasi wisata ini lokasinya berdekatan dengan lokasi Gunung Merapi. Ketika kamu mengunjungi tempat ini, kamu juga bisa menikmati panorama Gunung Merapi dari jauh. Meskipun tempat wisata ini nggak sepopuler tempat wisata yang lainnya, tapi kamu nggak bakal menyesal telah berkunjung ke sini. 

Fakta Menarik dan Misterius Wisata Umbul Manten

Fakta wisata umbul manten

Sejak dulu kala, wisata Umbul Manten memang terkenal dengan kisah dan legenda mistisnya yang membuat bulu kuduk merinding. Kisah mistis tersebut bahkan masih populer dan menjadi mitos yang misterius hingga sekarang. 

Wisata Dusun Bambu Lembang : Harga Tiket dan Jam Operasional

Tak jarang kisah-kisah mistis tersebut membuat wisatawan keder dan beralih mengunjungi tempat wisata yang lainnya. Namun, buat kamu yang memiliki jiwa-jiwa pemberani, tempat mata air ini wajib masuk ke dalam list liburan kamu. 

Buktikan sendiri cerita mistis yang telah menjadi mitos selama bertahun-tahun tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memilih untuk mengunjungi destinasi wisata ini untuk yang kedua kalinya atau nggak. 

Beberapa cerita mistis yang menjadi mitos misterius di mata air ini berkaitan dengan cerita tentang sepasang pengantin yang hilang. Dari peristiwa tragis tersebut, akhirnya lokasi mata air ini diberi nama Umbul Manten. Bila dalam Bahasa Indonesia artinya adalah mata air pengantin. 

Sejarah Singkat Umbul Manten

Sejarah wisata umbul manten

Di balik indahnya pemandangan Umbul Manten, ternyata tempat ini sempat menyimpan sejarah kelam yang tak terlupakan sampai sekarang. Mata air yang dulunya berfungsi sebagai tempat pemandian masyarakat lokal ini seketika berubah mistis setelah tragedi hilangnya sepasang pengantin. 

Baca Juga:  Mengenal Tradisi Pemakaman Ma'Nene Dari Tana Toraja: Mayat Berjalan ?

Mulai sejak itu, cerita mistis tersebut berkembang menjadi mitos yang menakutkan. Bahkan hingga sekarang, mata air yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah, ini masih identik dengan unsur mistisnya. 

Meski cerita mistis tersebut belum ada buktinya hingga sekarang, namun banyak orang yang mempercayai kisah tersebut. Apalagi kisah ini merupakan cerita turun-temurun dari nenek moyang. 

Konon katanya, cerita mistis tersebut berawal dari sepasang oengantin baru yang melanggar larangan setempat. Di zaman dulu, pengantin yang baru menikah pantang keluar rumah selama 40 hari lamanya. 

Namun, sepasang oengantin tersebut justru nggak mebgindahkan larangan orang tuanya. Mereka tetap bersikeras keluar rumah sebelum 40 hari karena bosan. Ketika suami istri tersebut keluar rumah dan melewati pepohonan yang rindang, keduanya malah lenyap bak tertelan malam. 

Esok haribya saat orang tua mereka mencari, sepasang pengantin tersebut nggak berhasil ditemukan. Menurut mitosnya, sepasang pengatin tersebut hilang tepat di lokasi pemandian Umbul Manten. 

Fungsi Mata Air

Fungsi mata air

Meskipun sarat dengan kisah mistis, tapi wisata Umbul Manten tetap layak untuk kamu datangi sewaktu liburan. Karena tempat wisata ini merupakan mata air yang jernih, masyarakat setempat sering menggunakan tempat ini sebagai pemandian atau melakukan tradisi padusan. 

Tradisi padusan adalah sebuah ritual mandi yang berlangsung secara rutin menjelang bulan suci Ramadhan. Nah, ritual ini biasanya berlangsung di sumber-umber mata air yang keramat. Salah satu mata air yang termasuk keramat adalah Umbul Manten. 

Masyarakat yang melakukan ritual ini mempercayai bahwa dengan berendam di mata air keramat bisa menyucikan jiwa raga dari dosa. Oleh sebab itu, ritual ini rutin dilakukan setiap kali bulan Ramadhan tiba. 

Baca Juga:  6 Ritual Upacara Adat Bali Yang Terkenal, Sakral dan Kaya Akan Budaya !