Perlengkapan untuk mendaki gunung

Sebagai seorang pendaki pemula, ada beberapa macam perlengkapan untuk mendaki gunung yang mesti kamu miliki. Perlengkapan-perlengkapan ini nantinya bisa kamu pakai untuk makan dan tidur selama berada di gunung. 

Oleh sebab itu, belilah perlengkapan mendaki dan ikuti seluruh peraturan dasar sebelum kamu mulai mendaki gunung. Nah, apa saja perlengkapan mendaki yang wajib kamu bawa? Berikut ini adalah daftar perlengkapan dasarnya! 

Matras untuk Tidur

Peralatan tidur yang kamu gunakan saat berada di atas gunung nggak boleh sembarangan. Hal ini tentu akan berkaitan dengan rasa nyaman dan kualitas tidur yang kamu miliki. Makanya, pakailah matras khusus camping setiap kali kamu mau mendaki. 

Perlengkapan Mendaki di Gunung Pakai Sepatu Hiking 

Jenis sepatu yang kamu pakai untuk mendaki dan jalan-jalan tentu harus berbeda. Mengapa begitu? Sebab medan yang mesti kamu lalui saat mendaki sangat jauh berbeda dengan saat kamu berjalan-jalan. Oleh sebab itu, gunakan sepatu khusus untuk hiking agar kakimu terlindungi. 

Tenda untuk Camping

Perlengkapan untuk mendaki dan tidur di gunung

Ketika kamu memutuskan untuk mendaki dan berkemah di atas gunung, maka perlengkapan yang wajib kamu bawa adalah tenda camping. Tenda ini nantinya bisa kamu gunakan untuk berkemah dan beristirahat di pos-pos pendakian menuju puncak. 

Perlengkapan Mendaki Gunung Pakai Tas Carrier

Salah satu peralatan mendaki yang paling vital adalah tas carrier. Sebelum kamu berangkat mendaki, kamu harus memiliki jenis tas seperti ini. Jangan gunakan jenis tas biasa untuk mendaki. Belilah tas carrier karena tas ini mampu mengangkut barang-barang yang kamu butuhkan untuk mendaki. 

Supaya tahan lama, belilah jenis tenda camping dengan kualitas bagus. Pertimbangkan pula ukuran, jenis, dan bentuk tendanya agar sesuai dengan ukuran tubuh dan kebiasaan tidurmu. Kalau nggak mau ribet, kamu bisa membeli tenda camping dari merk yang sudah ternama.  

Baca Juga:  [Top 5] Spot Panjat Tebing Terbaik di Indonesia : Rock Climbing Seru !

Sleeping Bag

Sleeping bag

Tenda camping saja nggak cukup untuk tidur di atas puncak gunung. Kamu masih memerlukan peralatan lain yang membuat tidurmu nyaman. Nah, barang tersebut adalah sleeping bag. Barang ini nantinya akan berfungsi sebagai alas tidur kamu saat berada di dalam tenda. 

11 Tips Mendaki Dimusim Hujan Yang Harus Diperhatikan

Jaket Tebal 

Gunung identik dengan suhunya yang dingin. Untuk menghindari resiko hipotermia, kamu harus memastikan tubuhmu tetap hangat. Lantas, bagaimana caranya? Agar suhu tubuhmu tetap hangat, kamu harus memakai jaket tebal khusus outdoor. Jenis jaket ini akan melindungi kamu dari terik panas dan dinginnya cuaca malam. 

Jas Hujan 

Selain jaket outdoor, bawa juga jas hujan setiap kali kamu mau melakukan pendakian. Mengingat cuaca pegunungan yang nggak bisa tertebak, kamu harus mempersiapkan alat pelindung agar tetap aman. Dengan membawa jas hujan, seenggaknya kamu bisa melindungi diri saat hujan turun tiba-tiba. 

Perlengkapan untuk Mendaki, Masak, dan Makan di Gunung

Perlengkapan untuk mendaki dan masak di gunung

Di atas gunung, jarang ada orang yang berjualan makanan. Kalaupun ada, pasti cuma ada satu atau dua warung yang buka. Maka dari itu, kamu harus membawa perlengkapan untuk mendaki gunung untuk masak dan makan. Dengan begitu, kamu nggak perlu bergantung pada warung atau penjual makanan yang ada di atas gunung. 

Senter dan Alat Navigasi 

Terakhir, bawalah senter atau alat navigasi lain seperti HT untuk komunikasi. Dua alat ini wajib kamu bawa di dalam tas carrier kamu. Senter akan berfungsi sebagai penerangan ketika malam menjelang. Sedangkan HT akan berfungsi sebagai alat komunikasi ketika kamu tersesat atau terpisah dari rombongan tim. 

Baca Juga:  Kolam Renang Ampera Waterpark : Tiket, Jam Buka, dan Wahana Terbaru