Minumam khas Bugis

Memasuki musim penghujan, pasti cocok minum minuman yang hangat seperti minuman khas Bugis ini. Minuman berbahan dasar rempah-rempah dan herbal ini memang terbukti ampuh dan bagus untuk tubuh. 

Agar daya tahan tubuhmu tetap kuat dan nggak gampang sakit, kamu bisa membuat minuman Sarabba dan menyeduhnya.  Namun, apa saja cara yang perlu kamu lakukan saat membuat Sarabba? Berikut ini adalah beberapa resep yang bisa kamu coba saat membuat Sarabba. 

Resep Membuat Minuman Sarabba Khas Bugis yang Simpel

Resep minuman khas bugis

Sarabba merupakan minuman khas Bugis yang bagus kamu konsumsi menjelang musim hujan. Supaya tubuh kamu tetap fit dan bugar di tengah cuaca hujan, maka meminum minuman ini adalah pilihan yang tepat. 

Minuman asal Bugis ini memiliki segudang manfaat dan khasiat yang baik untuk tubuh. Namun, sebelum membahas tentang manfaatnya, lebih baik kamu simak dulu bagaimana cara membuatnya. 

Untuk membuat segelas minuman Sarabba, kamu memerlukan bahan-bahan herbal berkualitas. Mulai dari jahe, sereh, lada hitam, kayu manis, dan bahan baku lainnya. Belilah bahan-bahan ini di pasar atau supermarket terdekat. 

Rekomendasi Tempat Wisata di Maros Populer

  • Pertama-tama, rebuslah bongkahan gula jawa ke dalam panci yang sudah terisi air. Usahakan air yang kamu pakai adalah air putih jernih. 
  • Panaskan air dalam panci hingga mendidih. 
  • Kemudian, bahan-bahan herbal seperti kayu manis, jahe, merica, dan biji pala. Rebuslah bahan-bahan tersebut selama sepuluh menit saja. 
  • Jika sudah sepuluh menit, kecilkan kompor dan tambahkan cairan santan kental ke dalam panci. 
  • Aduk secara perlahan hingga semua bahan tercampur rata. 
  • Tuangkan 200 ml air jahe ke dalam rebusan panci. Lalu, tambahkan sebutir kuning telur hingga tercampur dengan semua bahan. 
  • Segelas minuman Sarabba siap untuk kamu seruput. 
Baca Juga:  Objek Wisata Situ Patenggang : Harga Tiket, Fasilitas, dan Wahana

Setelah semua bahan tersedia, maka lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah pembuatannya. Pada kesempatan kali ini, resep yang kamu pakai adalah resep membuat Sarabba secara sederhana. 

Cara Membuat Minuman Sarabba Spesial

Resep sarabba spesial

Selain resep simpelnya, kamu juga bisa membuat Sarabba dengan resep spesial. Resep ini sudah turun-temurun dari nenek moyang. Makanya, meskipun proses pembuatannya lebih sulit, namun cita rasanya otentik dan nikmat. 

Sudah tergiur untuk segera mencicipi minuman yang satu ini? Harap sabar sejenak. Siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat minuman Sarabba spesial. Beberapa bahan tambahan yang perlu kamu siapkan antara lain jahe merah, gula aren, dan telur ayam kampung. 

  • Awali cara pembuatan Sarabba dengan memasukkan air putih ke dalam panci. 
  • Kemudian, masukkan satu siung jahe merah yang sudah kamu geprek sebelumnya. 
  • Selanjutnya, tambahkan pula sedikit gula aren yang sudah diiris tipis-tipis dan lembut. 
  • Aduk-aduk terus sambil menunggu rebusan airnya hingga mendidih. 
  • Kalau sudah mendidih, maka saatnya untuk memasukkan bahan lainnya seperti tumbukan merica dan santan. 
  • Kecilkan kompor, dan masaklah rebusan Sarabba tersebut hingga mendidih. 
  • Jika sudah, tuangkan rebusan air tersebut ke dalam gelas. Minuman Sarabba spesial siap untuk kamu nikmati. 

Khasiat dan Manfaat Minum Sarabba 

Khasiat sarabba

Mungkin banyak yang nggak tahu kalau minuman khas Bugis ini memiliki segudang khasiat yang bagus untuk tubuh. Nah, sekedar informasi, minuman bernama Sarabba ini mengandung bahan-bahan alami yang berkhasiat. 

Meski khasiatnya belum terbukti secara ilmiah, namun sudah banyak orang yang merasakan khasiatnya. Dari segi kesehatan, minuman ini terbukti mampu mencegah gejala flu dan demam setiap kali menjelang musim hujan. 

Baca Juga:  6 Kota Paling Aman Di Indonesia Untuk Dijadikan Tempat Berlibur