Cityawesome.com – Minuman khas Kalimantan Selatan. Berkunjung ke Kalimantan untuk sekedar berlibur menjadi hal yang paling di idamkan oleh siapapun. Hal tersebut di karenakan Kalimantan Selatan memiliki banyak pilihan destinasi wisata menarik dengan keindahan alam yang luar biasa.

Selain itu, aneka kulinernya juga sanngat populer dan kelezatannya sulit untuk dilupakan. Namun berbicara mengenai kuliner, kali ini kita akan membahas aneka minuman khas Kalimantan Selatan yang populer dan membuat siapapun menjadi ketagihan.

1. Es Jagung

Saat berkunjung ke Kalimantan Selatan, pastikan kamu tidak ketinggalan untuk menikmati minuman segar yang satu ini. Es Jagung menjadi salah satu yang paling favorit terutama di Pontianak dan Banjarmasin.

1. Es Jagung

Terbuat dari jagung yang di rebus dan di campur dengan gula serta susu, menambah kenikmatan dan memberikan cita rasa yang unik pada minuman yang satu ini.

2. Es Lidah Buaya

Tidak hanya untuk kecantikan, nyatanya lidah buaya juga bisa di jadikan minuman menyegarkan. Es Lidah buaya menjadi salah satu minuman khas Kalimantan Selatan dengan rasa yang membuat siapapun menjadi ketagihan.

minuman khas kalimantan selatan Es Lidah Buaya

Kamu bisa menemukan minuman yang satu ini saat berkunjung ke Kalimantan Selatan dan mencarinya di berbagai kafe kekinian.

3. Es Nangka Selasih

Buah nangka memang sering di olah menjadi minuman dengan rasa yang menyegarkan. Bahkan minuman es nangka selasih ini menjadi salah satu minuman khas yang direkomendasikan saat kamu berkunjung ke Kalimantan Selatan.

3. Es Nangka Selasih

Tidak hanya nangka dan selasih, biasanya minuman ini di lengkapi dengan nata de coco, gula, hingga perasan air jeruk.

Harga yang di banderol untuk minuman ini juga sangat terjangkau dan membuat siapapun menyukainya.

Baca Juga:  7 Makanan Khas Bali Yang Terkenal Dengan Kelezatannya

4. Kopi Hirang Asli Robusta

Pecinta kopi sebaiknya tidak ketinggalan dengan minuman khas yang satu ini. Kopi Hirang Robusta khas Kalimantan Selatan tidak hanya menjadi minuman khas yang favorit, bahkan kopi ini juga seringkali menjadi buruan bagi pada wisatawan.

minuman khas kalimantan selatan Kopi Hirang Asli Robusta

Banyak yang menjadikan kopi khas Kalimantan Selatan ini untuk dijadikan sebagai oleh – oleh. Di tambah dengan harga yang tidak terlalu mahal membuat siapapun menjadi tertarik untuk membeli kopi khas yang satu ini.

5. Lahang Bambu

Menjadi salah satu minuman khas Kalimantan Selatan yang juga favorit. Terbuat dari bahan utama yakni lahang atau air nira. Yang membuat unik dari minuman ini adalah proses penyimpanannya yakni didalam bambu.

5. Lahang Bambu

Selain itu minuman yang satu ini memiliki warna yang jernih dengan rasa yang asam. Kamu akan dengan mudah menemukan minuman ini di beberapa penjual di pinggir jalan. Harga dari minuman satu ini juga terbilang cukup terjangkau sehingga siapapun bisa menikmati kesegarannya.

6. Sirup Limau Kuit

Minuman khas yang satu ini terbukti ampuh untuk melegakan tenggorokan karena rasanya yang sangat segar.

minuman khas kalimantan selatan Sirup Limau Kuit

Sirup limau kuit sendiri memiliki beberapa pilihan rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera yakni original, melon, dan juga pandan.

Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari bahan utama yakni jeruk limau yang di beri tambahan gula sehingga menghasilkan rasa manis.

7. Teh Gaharu Banjarbaru

Tidak hanya kopinya yang menjadi favorit. Minuman khas yang satu ini merupakan minuman sejenis teh dengan kesegaran yang sulit untuk dilupakan.

Selain itu, Teh gaharu Banjarbaru ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kamu bisa menemukannya dengan mudah terutama ditoko herbal dan juga toko oleh – oleh.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Tempat Nongkrong Kekinian ala Milenial di Denpasar

8. Temulawak Sani

Jika kamu ingin mencari minuman sehat. Temulawak Sani bisa menjadi salah satu minuman favorit yang bisa kamu temukan di Kalimantan Selatan.

minuman khas kalimantan selatan Temulawak Sani

Tidak hanya memberikan kesegaran, kamu juga bisa merasakan manfaatnya dalam tubuh. Minuman ini mudah ditemukan terutama saat bulan ramadhan.

Harga yang dibanderol untuk minuman ini juga sangat terjangkau dan menjadi minuman yang cukup legendaris terutama bagi masyarakat Martapura.

Itulah beberapa minuman khas Kalimantan Selatan untuk bisa kamu cicipi. Dari beberapa yang telah disebutkan, manakan diantaranya yang membuatmu tertarik ingin mencicipinya.***