Cityawesome.com – Minuman tradisional Indonesia. Menjadi masyarakat Indonesia harusnya membuat kamu bisa lebih bersyukur. Di mana kamu bisa menikmati keindahan wisata serta aneka kuliner yang memanjakan lidah.

Selain itu mungkin kamu juga sudah mengetahui bahwa terdapat minuman khas Indonesia yang tradisional dan legendaris. Selain itu kepopuleran dari beberapa minuman tersebut tidak pernah lekang oleh waktu.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa minuman tradisional yang legendaris di Indonesia. Kamu akan merasakan kesegaran yang berbeda saat mengkonsumsinya terutama di siang hari.


1. Cendol

Menjadi salah satu minuman khas Indonesia yang tidak pernah hilang di telan zaman. Es cendol ini memiliki nama yanag beragam di beberapa daerah. Seperti halnya Banjarnegara yang menyebutnya dengan es Dawet.

es cendol

Selain itu es cendol sendiri terbuat dari campuran tepung honkwe dan pewarna alami yang berasal dari daun suji atau bisa juga dengan menggunakan daun pandan.

Es cendol juga berbentuk memanjang dengan kuah segar yang terbuat dari campuran santan dan air gula merah. Kesegaran minuman satu ini tatkala di campurkan es serut di atasnya yang menambah kenikmatan rasa.

Kamu bisa menemukan dengan mudah minuman ini di pedangang kaki lima.

2. Goyobod

Minuman khas Jawa Barat ini memang tidakk bisa tertinggal menjadi salah satu minuman tradisional yang hingga kini masih mudah untuk kamu jumpai. Goyobod sendiri merupakan es yang di dalamnya berisi irisan honkwe, tape singkong, alpukat, kolang kaling, tape hitam, dan juga kelapa muda.

es goyobod

Selain itu yang menambahkan kesegaran dari minuman ini adalah kuahnya yang terbuat dari campuran, susu, santan, dan juga air kelapa muda.

Baca Juga:  9 Rekomendasi Makanan Unik Yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

Kamu bisa menemukan dengan mudah minuman yang satu ini di pedagang kaki lima daerah sekitar rumah.

3. Es legen

Minuman tradisional dan legendaris lainnya yang bisa kamu nikmati adalah es legend. Menjadi minuman khas Jawa Tengah, es Legend sendiri terbuat buah lontar.

minuman tradisional indonesia es legen

Kamu akan merasakan kesegaran saat menikmati minuman ini karena rasanya yang hampir menyerupai air kelapa yang manis.

Hanya saja kamu mungkin akan sedikit kesuliatan untuk menemukan minuman ini karena biasanya hanya di jual di beberapa daerah di Jawa yang memang menghasilkan banyak lontar.

4. Es Kacang Merah

Merupakan minuman khas Palembang dengan rasa yang tidak kalah. Sesuai dengan namanya, es kacang merah ini terbuat dari kacang merah yang di rebus hingga empuk dan matang.

minuman tradisional indonesia es kacang merah

Selain itu kamu akan menikmati kesegaran dari minuman yang satu ini dan hingga kini kamu juga mudah untuk menemukannya.

5. Es Pleret

Menjadi salah satu minuman khas Blitar, Jawa Barat. Kamu bisa menikmati kelezatan Es Pleret ini. Di mana bahan utama pembuatannya adalah tepung tapioka dan beras ketan yang di campur air.

minuman tradisional indonesia es pleret

Kemudian di adon dan di bentuk bulatan kecil dan di pipihkan. Sedangkan untuk kuahnya minuman ini terbuat dari campuran santan, sirup kokopandan dan juga campuran es batu di dalamnya.

6. Es Pisang Hijau

Merupakan es pisang yang dibalut dengan kulit hijau. Minuman khas Makassar yang satu ini terbilang cukup populer dan banyak penggemarnya.

minuman tradisional indonesia es pisang hijau

Selain itu kulit yang digunakan untuk membungkus pisangnya terbuat dari adonan tepung beras, santan, tepung kanji, dan juga air daun suji. Kamu akan menikmati kelezatan es pisang hijau ini dengan campuran bubur sumsum, kacang tanah yang sudah disangrai, dan beberapa bahan lagi yang lainnya.

Baca Juga:  6 Tempat Makan Rooftop Terbaik Di Jakarta

Selain itu untuk kuahnya biasanya minuman ini akan dilengkapi dengan sirup, es serut, es krim, hingga susu.

7. Es Selendang Mayang

Merupakan salah satu minuman khasa Betawi yang cukup legendaris. Kamu bisa merasakan kelezatan es selendang mayang di pedagang kaki lima. Hanya saja sekarang kamu akan merasa sedikit kesulitan untuk menemukan minuman ini.

minuman tradisional indonesia selendang mayang

Es selendang mayang sendiri terbuat dari irisan tepung beras yang di campur dengan air, dan di bentuk kotak untuk selanjutnya di kukus. Sedangkan untuk kuah yang menyegarkan, minuman ini terbuat dari campuran, gula merah, santan, garam, dan juga daun pandan.

Itulah beberapa minuman tradisional Indonesia yang legendaris dan masih banyak di nikmati hingga saat ini. Pastikan kamu sudah mencicipi semua minuman yang telah di sebutkan di atas.***