Cityawesome.com – Minuman khas Ramadan di berbagai negara. Saat ramadan, beragam kuliner menjadi salah satu yang paling sering di bicarakan. Hal tersebut di karenakan waktu berbuka yang menjadi hal paling di tunggu. Di mana semua orang berburu kuliner untuk melepas dahaga. Banyak aneka minuman khas yang biasa di sajikan saat ramadan.

Dalam artikel kali ini akan di jelaskan mengenai rekomendasi minuman khas dari berbagai negara yang sering di jadikan hidangan berbuka. Dengan begitu bisa menjadi inspirasi untuk kamu menyiapkan minuman khas yang menyegarkan.

1. Jollab, Suriah

Jollab

Di Suriah terdapat salah satu minuman khas yang sering di sajikan untuk berbuka puasa. Salah satunya adalah Jollab di mana minuman ini terbilang cukup populer di sana. Untuk kamu yang belum tahu, Jolab sendiri terbuat dari bahan kurma, molase anggur, dan sedikit air mawar. Lebih segar lagi minuman ini di hidangkan bersama es batu dan taburan kacang.

2. Kharoub, Palestina

Kharoub

Merupakan salah satu minuman khas yang berasal dari Palestina. Kharoub terasa menyegarkan terutama jika di sajikan untuk berbuka. Selain itu minuman satu ini terbuat dari tumbuhan Ceratonia Siliqua yang berbentuk kacang popong berwarna cokelat.

Sellain rasanya yang menyegarkan, Kharoub memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti serat, dan juga antioksidan.

3. Kolak, Indonesia

Minuman khas ramadan Kolak

Menjadi salah satu minuman khas yang tidak pernah ketinggalan di Indonesia. Terutama saat ramadan, kolak selalu di hidangkan terutama saat waktunya berbuka. Selain itu kolak sendiri tetap nikmat di sajikan baik dalam keadaan panas maupun dingin.

Biasanya minuman denngan citarasa manis ini memiliki isian berupa pisang, hingga ubi – ubian. Namun seiring berjalannya waktu, kolak juga tidak jarang di modifikasi dengan campuran kolang – kaling dan juga nata de coco.

Baca Juga:  4 Makanan Khas Korea yang Harus kamu Cicipi, Enak Banget!

4. Noomi Basra, Irak

Minuman khas ramadan Noomi Basra

Rekomendasi minuman khas saat ramadan lainnya adalah Noomi Basra. Berasal dari Irak, minuman ini tidak pernah ketinggalan untuk dijadikan sebagai salah satu menu berbuka puasa. Noomi Basra sendiri terbuat dari jeruk nipis kering yang di beri campuran air mawar dan kapulaga. Hingga menghasilkan citarasa yang asam namun tetap menyegarkan.

5. Sobia, Arab Saudi

Minuman khas ramadan Sobia

Minuman yang satu ini terbilang cukup populer di Arab Saudi. Sobia seringkali di sajikan untuk menu berbuka puasa. Terbuat dari campuran roti, barley, kayu manis, dan gula, minuman ini memiliki cita rasa yang manis dan segar.

Kamu bisa menemukannya dengan mudah di pinggir jalan terutama saat bulan ramadan di sana. Selain itu sebenarnya minuman yang satu ini berwarna putih, namun beberapa pedagang memberikan pewarna tambahan sehingga menghasilkan warna yang segar dan menarik.

6. Tamer Hindi, Yordania & Lebanon

Minuman khas ramadan Tamer Hindi

Minuman yang satu ini merupakan minuman khas Lebanon dan Yordania yang selalu di sajikan terutama saat bulan ramadan. Tamer Hindi hampir serupa dengan teh yang berwarna coklat dengan tekstur yang encer.

Namun minuman ini terbuat dari bahan tamarin alias sari dari asam jawa. Di mana nantinya sari tersebut di beri campuran air dan gula. Akan lebih segar minuman ini jika di sajikan dalam keadaan dingin.

7. Qamar El Din, Mesir

Minuman khas ramadan Qamar El Din

Jika kamu berkunjung ke mesir terutama saat ramadan, pastikan untuk tidak ketinggalah Qamar El Din. Di mana Qamar El Din sendiri merupakan salah satu minuman khas yang sering di sajikan untuk berbuka. Sekilas minuman ini serupa dengan jus mangga, namun bahan yang di gunakan adalah Aprikot yang hanya di ambil sarinya saja.

Baca Juga:  Rekomendasi Kuliner di Purwokerto yang Enak dan Hits

Selain itu Qamar El Din juga seringkali di jadikan sebagai puding dengan citarasa yang segar dan sedikit asam.

Nah itulah beragam minuman khas dari berbagai negara yang selalu di jadikan salah satu menu berbuka puasa. Selain itu kamu bisa menjadikan beberapa minuman di atas sebagai inspirasi dengan membuatnya sendiri di rumah.***