Wisata de tjolomadoe

Jika kamu berkunjung ke Karanganyar, sempatkanlah untuk mampir ke wisata De Tjolomadoe. Tempat wisata berupa bangunan bekas pabrik gula ini adalah tempat wisata yang ikonik di Karanganyar. 

Pabrik gula yang dulunya sempat terbengkalai ini telah mengalami revitalisasi dan berubah menjadi ikon wisata Karanganyar. Jadi, kalau kamu sedang berkunjung ke Karanganyar, tempat wisata pabrik gula ini wajib masuk ke dalam list liburan kamu. 

Tiket Masuk Wisata De Tjolomadoe 

Tiket masuk de tjolomadoe

Tempat wisata Tjolomadoe menyediakan berbagai macam wahana dan fasilitas liburan yang unik. Tempat wisata yang dulunya bekas bangunan pabrik gula ini jauh dari kesan seram dan menakutkan karena telah mengalami renovasi. 

Bahkan setelah renovasi, tempat ini menjadi jauh lebih bagus dan komersial untuk menjadi ikon tempat wisata di Karanganyar. Seluruh bangunan yang ada di pabrik ini menjadi lebih modern dan tampilannya sesuai dengan perkembangan zaman. 

Oleh sebab itu, sempatkan mampir sejenak ke lokasi wisata yang terletak di daerah Colomadu, Karanganyar, ini. Tempat wisata ini buka sejak hari selasa sampai minggu. Sedangkan untuk hari senin wisata ini tutup karena libur. 

Lalu, jam operasional wisata bekas pabrik gula ini buka mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Jadi, kalau kamu berminat untuk mengunjungi tempat ini, maka usahakan untuk datang di jam dan hari yang tertera. 

Untuk harga tiket masuk ke area ini kamu perlu merogoh kocek sekitar 25 ribu rupiah per orangnya. Harga tiket ini tergolong murah bila mengingat banyaknya fasilitas dan wahana yang bisa kamu nikmati di tempat ini.  

Zona Pembuatan Gula 

Zona pembuatan gula

Karena tempat wisata De Tjolomadoe dulunya adalah bangunan bekas pabrik gula, maka fasilitas wisatanya pun nggak terlepas dari hal tersebut. Inilah uniknya tempat wisata ini. Kamu bisa berwisata sekaligus menimba ilmu di sini. 

Baca Juga:  6 Hotel Terbaik Di Medan Yang Menyediakan Rooftop Pool

Buat kamu yang penasaran dengan proses pembuatan gula, kamu bisa mampir ke zona pembuatan gula. Area wisata ini terbagi lagi ke dalam zona-zona khusus untuk proses pembuatan gula. 

Aktifitas dan Harga Tiket Wisata Jatim Park 1, 2, dan 3

Mesin-mesin yang terpakai pada masa lampau untuk membuat gula pun masih terpajang hingga saat ini. Nggak heran kalau kesan tempo doeloe masih terasa kental di beberapa bagian area pembuatan gula. 

Makan di Cafe Besali

Cafe besali

Setelah puas berjalan-jalan sambil menimba ilmu di zona pembuatan gula, kamu bisa melipir sebentar ke Cafe Besali. Di cafe ini kamu bisa mengisi perut sejenak untuk memuaskan rasa lapar dan haus akibat seharian jalan-jalan. 

Nah, di cafe ini kamu bisa menyantap berbagai menu makanan yang enak dengan harga terjangkau. Sembari makan, kamu juga bisa menikmati nuansa pabrik peninggalan zaman kolonial yang masih melekat di seluruh gedung cafe. 

Beli Oleh-oleh di Toko Souvenir Wisata De Tjolomadoe

Souvenir de tjolomadoe

Berlibur ke wisata De Tjolomadoe pasti nggak akan membuat kamu menyesal. Sebab, tempat wisata ini memiliki berbagai jenis spot yang instagenik untuk menjadi spot foto-foto yang bagus. Maka dari itu, manfaatkan spot-spot instagramable tersebut untuk menjadi latar foto-foto kamu. 

Sebelum pulang, sempatkan pula untuk mampir sejenak ke area toko souvenir. Belilah oleh-oleh khas dari De Tjolomadoe untuk keluarga atau kerabat dekatmu di rumah. Harga oleh-olehnya pun cukup ramah untuk isi dompet kamu. Jadi, kamu bisa membeli banyak souvenir dan cinderamata untuk oleh-oleh keluarga. 

Baca Juga:  Wisata Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi Oleh Wisatawan