Wisata hutan mangrove

Kalau kamu mau mencoba wisata alam yang anti mainstream, maka kunjungi saja tempat wisata hutan mangrove. Meski jarang menjadi pilihan para wisatawan, tempat wisata semacam ini pantas kamu jadikan pilihan liburan untuk menenangkan pikiran. Nah, tempat mana saja yang harus kamu kunjungi? 

Wisata Grand Maerokoco

Wisata grand maerokoco

Ada yang menarik dan unik dari wisata Grand Maerokoco, Jawa Tengah. Tempat wisata ini memiliki kawasan hutan mangrove di sekitar arsitektur rumah adatnya yang kental dengan budaya Jawa. 

Ketika sampai di tempat ini, semilir angin yang lembut akan langsung menyambutmu. Kalau sudah begitu, kamu bisa melanjutkannya dengan menyisir daerah pepohonan mangrove sembari menikmati panorama alamnya. 

Karena suasananya yang tenang, sejuk, dan teduh, Grand Maerokoco bisa menjadi rekomendasi tempat healing. Mampirlah ke destinasi wisata ini untuk merilekskan pikiran dan tubuhmu dari penatnya hiruk-pikuk perkotaan. 

Kalau kamu sedang beruntung, kamu juga bisa melihat atraksi menarik dari sekumpulan ikan dan burung laut dari atas jembatan. Namun kalau kamu mau melihat atraksi tersebut dari jarak dekat, kamu bisa menyewa sebuah perahu untuk menuju ke sana. 

Hutan Mangrove Denpasar

Wisata hutan mangrove denpasar

Kalau kamu liburan ke Bali nggak melulu harus berwisata di wisata pantainya saja. Meskipun pantai identik dengan Bali, namun kamu bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang nggak kalah keren. Nah, salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selain pantai adalah wisata hutan mangrove. 

Lokasi hutan ini berdekatan dengan By Pass Ngurah Rai. Bahkan jika kamu mendatangi lokasinya dengan sepeda, kamu cuma membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Makanya, tempat wisata ini juga wajib masuk ke dalam list liburanmu saat ke Bali. 

Baca Juga:  11 Oleh - Oleh Khas Bali Yang Populer Dan Sayang Untuk Dilewatkan

Kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di hutan mangrove adalah melakukan trekking. Hiruplah udara segar di kawasan wisata ini sembari menikmati pemandangan alam yang asri dan hijau. Bila kamu bosan, kamu juga bisa beralih ke aktivitas memancing saat air laut pasang. 

Wisata Hutan Mangrove Tarakan

Wisata hutan mangrove tarakan

Inilah salah satu wisata hutan mangrove yang masih terjaga kondisinya hingga sekarang. Tanaman mangrove yang ada di Tarakan ini memiliki karakteristik dedaunan yang rindang, sehingga cukup teduh dan asri. 

Hutan mangrove ini menjadi salah satu wisata andalan Tarakan yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Untuk bisa masuk ke dalamnya, kamu perlu merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah. Dengan harga tiket segitu, kamu bisa menikmati tempat wisata ini dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. 

Hutan Pinus Rahong: Harga Tiket dan Aktivitas Wisatanya

Selain pepohonan mangrove yang rindang di sepanjang jalan, kamu juga bisa melihat satwa-satwa liar. Mulai dari bekantan hingga kera jenis ekor panjang sering menyajikan atraksi yang memukau. Hewan-hewan tersebut seringkali bergelantungan di antara pepohonan mangrove. 

Taman Alam Angke Kapuk

Taman alam angke kapuk

Pernahkah kamu mengunjungi kawasan hutan mangrove dengan luas wilayah hingga mencapai 100 hektare? Kalau belum pernah, coba kamu mampir ke wisata Taman Alam Angke Kapuk yang berada di Jakarta Utara ini. 

Taman wisata ini seringkali menjadi destinasi wisata favorit bagi penduduk Ibukota yang ingin rehat sejenak dari ramainya kota. Makanya, destinasi wisata alam ini menyediakan spot-spot wisata yang menarik untuk menikmati alam. 

Wahana yang tersedia untuk liburan pun sangat beragam. Mulai dari jembatan kayu, spot foto yang instagramable, hingga lokasi camping ground tersedia di tempat ini. Karena suasana tempatnya yang rimbun oleh pepohonan mangrove, kamu pasti nggak menyangka kalau taman ini masih menjadi bagian dari wilayah Jakarta.