Site icon City Awesome

5 Tips Aman Liburan ke Curug Balong Endah

Curug balong endah

Sudah seberapa matang persiapanmu untuk pergi liburan ke Curug Balong Endah? Jika persiapannya masih belum matang, sepertinya kamu harus mengingat-ingat kembali apa saja yang perlu dipersiapkan untuk berlibur ke curug ini. Berikut adalah tips yang bisa kamu pakai!

Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Prima

Kondisi sekitar curug dengan jalanan curam dan berkelok-kelok terkadang membuat kamu was-was selama perjalanan. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus kamu periksa sebelum berangkat ke Curug Balong adalah kondisi kendaraan. 

Apapun kendaraan yang kamu pakai menuju ke curug harus berada dalam kondisi prima. Artinya, kendaraan yang kamu gunakan ke lokasi curug tersebut harus bisa untuk menanjak. Kalau nggak bisa, maka akan sangat berbahaya bagi keselamatan nyawa kamu. 

Apalagi jalur perjalanan menuju ke Curug Balong memiliki medan yang cukup ekstrim. Jalur jalanan yang menanjak akan sangat berbahaya jika kendaraanmu nggak kuat. Makanya, pastikan dulu kendaraan yang kamu pakai aman dan bisa untuk menempuh perjalanan yang menanjak. 

Gunakan Motor ke Curug Balong Endah

Kalau boleh menyarankan, kendaraan yang kamu pakai menuju wisata Curug Balong Endah sebaiknya menggunakan motor. Mengapa seperti itu? Karena menggunakan motor akan jauh lebih lincah dan efektif untuk menempuh perjalanan ke kawasan curug. 

Coba kamu bandingkan dengan kendaraan lain seperti mobil. Dengan kondisi jalan yang sempit dan curam akan sangat berbahaya jika kamu nekat pergi ke curug menggunakan kendaraan beroda 4. 

Atas pertimbangan itulah, sebaiknya kamu menggunakan kendaraan roda dua seperti motor. Dengan menggunakan motor akan jauh lebih aman dan nggak berbahaya untuk menempuh perjalanan sampai ke curug. 

Cek Bensin Kendaraan

Selain kendaraan, jangan lupa juga untuk selalu mengecek persediaan bahan bakar kendaraan. Sebelum berangkat ke curug, alangkah baiknya jika kamu cek dulu stok bensin kendaraan yang kamu pakai. 

Jangan sampai kamu kehabisan bensin saat sedang menempuh perjalanan menuju Curug Balong. Sebab kalau bensinnya habis, bisa-bisa kamu harus menuntun kendaraanmu karena nggak ada SPBU yang tersedia. 

Makanya, untuk menghindari terjadinya hal buruk seperti ini kamu harus memastikan bensin kendaraanmu dalam kondisi penuh. Kalau persediaannya tinggal sedikit, segera isi bensin sampai full sebelum berangkat ke curug. 

Hati-hati saat Musim Penghujan di Curug Balong Endah

Kondisi jalanan Curug Balong Endah yang sempit dan curam akan semakin berbahaya ketika sedang musim penghujan. Jalanan di sekitar sini akan menjadi lebih licin saat hujan tiba. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati selama di perjalanan. 

Usahakan untuk tidak mengendarai sepeda motor dalam kecepatan tinggi. Apalagi saat musim hujan tiba. Dengan kondisi jalanan yang licin akibat hujan akan membuat roda motor jauh lebih licin dan gampang tergelincir. 

Pastikan juga kondisi rem kendaraan dalam kondisi bagus agar tetap berfungsi saat digunakan. Sebab, jika kondisi rem kendaraan kamu blong bisa menyebabkan hal fatal terjadi. 

Tips Aman Berkunjung ke Wisata Curug Parigi 

Bawa Bekal Pakai Wadah Non Plastik 

Karena jarang ada warung yang buka di sekitar Curug Balong, kamu bisa membawa bekal makanan sendiri saat liburan kesini. Dengan membawa bekal makanan, kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk biaya makan selama liburan. 

Nah, tempat makan yang kamu bawa sebaiknya jangan yang terbuat dari bahan plastik. Pakaian saja wadah bekal yang terbuat dari bahan non plastik agar tidak mencemari lingkungan Curug Balong. Itulah gunanya membawa bekal makan sendiri dari rumah. 

Exit mobile version