Air terjun tumpak sewu

Sudah pernah berkunjung ke wisata air terjun Tumpak Sewu? Jika belum pernah, sekarang waktunya untuk mempertimbangkan wisata air satu ini ke dalam rencana liburan k3amu. Tapi sebelum itu, coba perhatikan dulu beberapa hal penting ini saat akan berlibur ke Tumpak Sewu. 

Dari beberapa hal yang wajib kamu tahu, hanya ada 4 poin yang paling penting untuk diperhatikan. Sebab jika tidak, resikonya bakal kamu tanggung sendiri. Nah, inilah poin-poin penting ke Tumpak Sewu yang wajib kamu tahu. 

Selalu Pakai Alas Kaki 

Liburan ke Air terjun tumpak sewu pakai alas kaki

Semua kawasan wisata air sepertinya identik dengan resiko jalannya yang licin. Apalagi saat musim penghujan tiba. Jalanan yang semula kering akan basah dan tumbuh lumut. Maka dari itu, tak heran kalau jalannya akan jauh lebih licin daripada sebelumnya. 

Untuk meminimalisir resiko kamu terpeleset atau tergelincir saat berkunjung tempat wisata ini, sebaiknya kamu pakai alas kaki saja. Alas kaki yang kamu pakai pun tak boleh sembarangan dan harus sesuai standar. Salah satu contoh alas kaki yang baik dan sudah sesuai standar adalah pakai sepatu gunung atau sepatu untuk trekking. 

Masuk Air Terjun Tumpak Sewu via Rute Lumajang

Ke air terjun tumpak sewu via lumajang

Wisata air terjun Tumpak Sewu berada di lokasi perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Dengan begitu, kamu bisa melewati jalur via Malang atau via Lumajang. Meski kedua jalur tersebut bisa kamu lewati, tapi sebaiknya pakai jalur Lumajang saja. 

Mengapa demikian? Alasannya adalah karena akses jalannya yang lebih gampang ketimbang lewat Malang. Akses rute via Malang memiliki kondisi yang cukup berbahaya. Kamu harus melewati tangga vertikal yang licin dan beresiko tinggi. Makanya, para pelancong tidak disarankan untuk melewati rute ini. 

Baca Juga:  Aktifitas dan Harga Tiket Wisata Jatim Park 1, 2, dan 3

Sementara itu, akses jalan dari jalur Lumajang jauh lebih aman dan tidak berbahaya. Makanya, pertimbangkan untuk lewat jalur Lumajang saat mau liburan ke wisata air terjunnya. Lagipula, akses jalan via Lumajang juga sudah jadi jalan setapak sehingga akan lebih gampang aksesnya. 

Siapkan Fisik dan Mental yang Kuat 

Siapkan fisik dan mental kuat

Air terjun Tumpak Sewu memiliki karakteristik aliran air yang cukup deras. Selain itu, kondisi lingkungannya juga cukup terjal dan berkelok-kelok. Dengan karakteristik area jalan seperti ini, maka tak heran jika wisata air terjun ini memiliki medan yang cukup berbahaya. 

Oleh sebab itu, bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke tempat ini harus menyiapkan mental dan fisik secara matang. Sebab, keselamatan dan keamanan kamu yang bakal terancam. Fisik yang kuat dan siap sangat baik untuk menaiki tanjakan yang ada di sepanjang jalan menuju air terjun. 

Makanya, sebelum berlibur ke sini kamu harus memiliki fisik dan mental yang kuat agar tidak mudah lelah. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan stamina adalah dengan berolahraga secara rutin. 

Pilih Penginapan di Dekat Air Terjun Tumpak Sewu

Cari penginapan yang nyaman

Hal ini tidak boleh terlewat dari persiapan atau rencana kamu saat mau berlibur ke air terjun ini. Mempersiapkan tempat penginapan sebelum berlibur akan sangat menguntungkan kamu sebagai wisatawan. 

Selain bisa segera beristirahat, kamu juga bisa mendapatkan tempat penginapan terbaik yang sesuai dengan selera kamu. Apalagi jika kamu datang saat akhir pekan. Segera booking kamar penginapan sebelum disewa orang lain. 

7 Rekomendasi Air Terjun di Jepara yang Menarik untuk Dikunjungi

Memilih dan menyewa kamar penginapan dalam beberapa hari sebelum liburan juga akan menguntungkanmu dari segi budget. Sebab, jika kamu menyewa tempat penginapan di hari H atau akhir pekan harga sewanya pasti akan jauh lebih mahal. Makanya, tentukan tempat penginapan yang mau kamu pakai.