Curug Leuwi Bumi

Bagi kamu yang mau trekking ke Curug Leuwi Bumi, pastikan bahwa tingkat keamananmu terjamin. Namun, kamu bisa tetap menjaga dirimu sendiri dari resiko bahaya dengan melakukan beberapa tips berikut ini. 

Jika kamu ingin mencoba trekking, cobalah datang ke Curug Leuwi yang ada di daerah Bogor. Di area wisata ini, kamu bisa mwnikmati panorama curug yang indah dan menyegarkan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk trekking ke curug ini dengan 5 tips berikut ini!

Pakai Alas Kaki

Medan trekking yang harus kamu tempuh selama perjalanan cukup beragam. Ada jalur yang memiliki karakteristik jalan berbentuk setapak dan licin. Namun ada juga rute jalan dengan karakteristik bebatuan yang tajam. 

Untuk melindungi kaki kamu selama trekking ke Curug Leuwi, kamu harus memakai alas kaki yang nyaman dan aman. Jenis alas kaki yang tepat adalah yang dirancang khusus untuk pendakian, misalnya sandal gunung. 

Bawa Botol Air Minum 

Persiapan ke Curug Leuwi Bumi

Jangan meremehkan jalur pendakian ke Curug Leuwi Bumi. Meskipun secara ketinggian masih berada jauh di bawah gunung, tapi medan tanjakannya sangat menantang dan tajam. Perlu stamina dan fisik yang kuat untuk mengakses wisata alam ini. 

Untuk menjaga fisik dan energi kamu tetap fit, bawalah botol air minum dengan kapasitas 1 liter sebagai persediaan minuman. Hal ini perlu kamu lakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama melakukan trekking. 

Meskipun di area curug tersedia fasilitas warung yang menjual minuman, tapi alangkah baiknya jika kamu membawa air minum sendiri. Selain hemat, kamu bisa minum sewaktu-waktu ketika sedang haus. 

Pilih Jalur Trekking ke Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi memiliki beberapa jalur trekking yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan fisikmu sendiri. Mulai dari jalur trekking yang mudah hingga jalur trekking yang sulit bisa kamu pilih. 

Baca Juga:  Informasi Lengkap Akses dan Tips Berkunjung ke Curug Leuwi Hejo

Jalur trekking dengan tingkat kesulitan yang mudah memiliki jarak sekitar 1 km sampai dengan 1,5 km. Bila dikonversi ke dalam waktu tempuh, maka kamu harus menempuh waktu sekitar 1 jam sampai dengan 1,5 jam. 

Sedangkan jalur trekking dengan tingkat kesulitan paling sulit ada 2 rute. Rute yang pertama memiliki jalur tempuh sekitar 3,4 km. Lalu rute yang kedua memiliki jalur tempuh sekitar 10 km dengan waktu tempuh sekitar 8 jam lebih. 

Jangan Bawa Barang Berlebihan

Jalur trekking

Membawa barang terlalu banyak bisa membuat kamu cepat lelah saat sedang trekking ke Curug Leuwi Bumi. Itu sebabnya, bawalah barang secukupnya di dalam tas agar kamu tidak cepat lelah. 

Medan dan jalur ke area curug yang berkelok tentu akan sangat berbahaya bila kamu membawa beban yang terlalu berat. Makanya, bawa saja barang-barang penting yang kamu butuhkan seperti stok makanan, pakaian ganti, serta botol minuman. 

Informasi Lengkap Akses dan Tips Berkunjung ke Curug Leuwi Hejo

Bawa Baju Ganti ke Curug Leuwi Bumi

Perjalanan ke area curug yang panjang dan berkelok akan memakan waktu yang cukup lama. Karena itu, tubuh kamu akan mengeluarkan keringat secara otomatis. Apalagi jika kamu melakukan trekking ketika cuaca sedang terik. 

Keringat yang mengucur deras dari tubuh akan membuat pakaianmu basah dan terasa berat. Maka dari itu, kamu perlu membawa pakaian ganti untuk mengganti baju yang basah karena keringat. 

Lalu, berapa banyak pakaian yang perlu kamu bawa di dalam tas? Sebenarnya, kamu tidak perlu membawa baju ganti dalam jumlah banyak. Cukup bawa satu atau dua baju saja sebagai antisipasi jika ingin ganti pakaian. 

Baca Juga :

Baca Juga:  7 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Indonesia Secara Umum

***