Cityawesome.com – Danau terdalam di dunia. Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah berlibur ke danau. Namun tahukah kamu di mana danau terdalam yang ada di dunia? Jika di Indonesia, mungkin danau yang populer dan kaya akan legenda adalah danau Toba. Namun pada artikel kali ini kita tidak hanya akan membahas danau di Indonesia melainkan dunia.

Berikut beberapa danau terdalam di dunia yang dilansir dari beberapa sumber.

1. Danau Baikal

Merupakan salah satu danau terdalam di dunia. Tidak main-main, bahkan kedalamannya mencapai 1.620 meter. Bayangkan saja akan sedalam mana danau ini. Lokasinya berada di Seberia, danau Baikal sekaligus menjadi danau air tawar terbesar.

1. Danau Baikal

Bagaimana tidak, danau ini menampung sekiranya lebih dari 20 persen air tawar yang tidak membeku di permukaan bumi.

Selain itu danau Baikal juga terbilang sudah tua di mana perkiraan usianya mencapai 25 juta tahun. Ada berbagai hewan dan tumbuhan di sekitar danau ini yang bahkan tidak di temukan di tempat lain.

2. Danau Tanganyika

Lokasinya berada di perbatasan antara Zambia, Burundi, Tanzania, dan Kongo. Danau Tanganyika memiliki kedalaman sekitar 1.436 meter. Sselain itu danau ini terbilang cukup panjang dan sempit dengan keanekaragaman hayati yang memukau.

2. Danau Tanganyika

Danau ini sejak dari dulu sudah di jadikan tempat memancing dan mencari makan bagi jutaan manusia. Namun dalam beberapa dekade terakhir, masalah mulai datang saat praktik tangkap ikan modern di lakukan.

3. Laut Kaspia

Mungkin sebagian orang menganggap Laut Kaspia merupakan lautan. Namun fakta yang sebenarnya menyebutkan bahwa Laut Kaspia tidak lain adalah salah satu danau terdalam di dunia. Untuk kedalamannya sendiri mencapai sekitar 1.025 meter dan berlokasi di antara pegunungan Kaukasus dan Stepa Asia Tengah.

3. Laut Kaspia

Tidak hanya menjadi danau terdalam, Laut Kaspia juga merupakan danau garam terbesar di dunia.

Baca Juga:  Tips dan Persiapan Sebelum Road Trip yang Seru¬†¬†

4. Danau Vostok

Danau terdalam di dunia lainnya di duduki oleh Danau Vostok. Dengan kedalaman 900 meter, danau ini bahkan terkubur di bawah permukaan es sejauh 4 KM. Untuk lokasinya sendiri, danau Vostok berada di Antartika dan menjadi danau Subglasial terbesar yang pernah ada.

danau terdalam di dunia Danau Vostok

Sejak puluhan tahun yang lalu, para ilmuwan mencurigai adanya sejumlah air tawar yang terperangkap di bawah es. Lebih dari itu bahkan sudah pernah di lakukan pengukuran yang tepat menggunakan radar penembus es tepatnya pada tahun 1996 oleh Inggris dan Rusia.

Hingga pada tahun 2012 lalu, tim peneliti berhasil melakukan pengeboran terhadap es hingga menembus permukaan es dan di temukan banyak kehidupan bakteri di dalamnya.

5. Danau O’Higgins

danau terdalam di dunia O'Higgins

Berada di daerah Andes Patagonian di mana daerah tersebut merupakan daerah yang jarang penduduk. Banau O’Higgins menjadi salah satu danau terdalam didunia. Dengan kedalaman 836 meter, Danau ini memiliki air yang berwarna pirus susu yang khas dan kaya akan tepung batu melalui gletser.

6. Danau Nyasa

Danau yang satu ini memiliki kedalaman dan suhu yang membuat sejumlah lingkungan menjadi sangat berbeda. Dengan kedalaman 706 meter, danau Nyasa termasuk dalam salah satu danau terdalam di dunia.

danau terdalam di dunia Nyasa

Selain itu danau ini berbentuk panjang yang membentang bahkan lebih dari 350 mil di sepanjang perbatasan antara Mozambik, Tanzania, dan Mawawi.

Hingga sekarang sudah tercatat sekiranya ada lebih dari 1000 spesies ikan yang hidup di danau Nyasa ini.

Nah itulah beberapa daftar danau terdalam di dunia yang bahkan kedalamannya mencapai ribuan meter. Menurutmu, berapakah kira-kira kedalaman danau Toba yang ada di Sumatera Utara?

Baca Juga :

Baca Juga:  Top 6 Danau Terbesar di Dunia Serta Keindahannya

***