Cityawesome.com – Panduan wisata Pulau Belitung. Pulau Lengkuas menjadi salah satu tujuan wisata populer yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Lokasainya berada di Tanjung Kelayang, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Meskipun sempat di tutup karena pandemi Covid19, namun keindahan pulau yang satu ini sudah bisa di nikmati oleh semua wisatawan yang merindukannya.

Namun agar keseruan berlibur menjadi lebih menyenangkan, kamu di haruskan untuk bisa menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan aturan dari pihak pengelola.

Jika tertarik berkunjung ke Pulau Lengkuas yang ada di Tanjung Kelayang ini, berikut panduan wisatanya yang harus kamu ketahui.


Syarat berwisata ke Pulau Lengkuas

Bagi wisatawan yang berasal dari luar pulau Belitung, di wajibkan untuk menunjukkan bukti vaksinasi Covid19 dan melampirkan hasil negatif tes rapid antigen. Untuk bukti vaksinasinya sendiri kamu tidak perlu membawa surat melainkan bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi melalui smartphone.

wisata pulau belitung

Untuk sekedar melepaskan lelah, kamu bisa memilih pantai Tanjung Kelayang saat baru datang di pulau Belitung. Di sana ada berbagai penginapan yang bisa kamu pilih dengan harga bervariasi mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.


Panduan menyebrang ke Pulau Lengkuas

Untuk bisa sampai ke Pulau Lengkuas, kamu di haruskan untuk menyebrang terlebih dahulu dari Pulau Kelayang menggunakan kapal motor. Jaraknya sendiri cukup lumayan yakni sekitar 6,5 KM dan membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk menyebrang.

wisata pulau belitung

Untuk tarif sewa kapalnya juga bervariasi yakni mulai dari Rp 500 ribu untuk maksimal 10 penumpang. Nantinya di sepanjang perjalanan kamu akan melihat gugusan batu granit dan beberapa pulau kecil

Selain itu keindahan air laut yang jernih juga sangat sayang untuk dilewatkan. Ada beragam terumbu karang dan ikan yang terlihat jelas dari daratan. Untuk kamu ketahui, pulau Lengkuas memiliki pantai yang terbentuk dari serpihan kerang dan terumbu karang. Sehingga kamu akan melihat area pantai yang berkilauan saat terkena sinar matahari.

Baca Juga:  Pesona Keindahan Obelix Hills, Harga Tiket, dan Jam Buka

Keindahan mercusuar yang populer

Pulau Lengkuas terkenal dengan adanya mercusuar yang merupakan peninggalan Belanda. Bukan main, bahkan mercusuar disana masih berdiri kokoh hingga hari ini. Mercusurar yang ada di Pulau Lengkuas memiliki tinggi sekitar 52 meter dan di bangun pertama kali pada tahun 1882 oleh ZM Willem III.

wisata pulau belitung

Untuk bisa menikmati keindahan di atas Mercusuar, pengunjung akan di kenakan tarif tiket yang cukup terjangkau yakni hanya Rp 5 ribu.

Dari puncak Mercusuar nantinya kamu akan bisa melihat keindahan pemandangan laut lepas bahkan hingga kapal-kapal yang menuju Laut China Selatan.


Aktifitas wisata Pulau Lengkuas

Ada berbagai aktifitas seru dan menyenangkan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Pulau Lengkuas. Selain naik ke puncak Mercusuar, berikut beberapa aktifitas menarik yang bisa kamu lakukan :

  • Berkeliling di kawasan Pulau Lengkuas. Di mana kamu bisa menggunakan perahu motor atau sekedar berjalan dan berswafoto. Jika lelah melanda, kamu bisa berteduh dan beristirahat di bawah pohon rindah untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang penuh petualangan.
  • Aktifitas yang tidak kalah seru dan terkesan wajib di lakukan saat berkunjung ke Pulau Lengkuas adalah dengan berenang di pantai sekaligus Snorkeling dan Diving. Air laut yang ada di pulau ini terkenal sangat jernih sehingga cocok untuk dijadikan tempat menyelam.
  • Jika menyukai kegiatan alam, Camping bisa menjadi aktifitas menyenangkan untuk kamu lakukan. Di tepi pantai nantinya kamu di perbolehkan untuk mendirikan tenda. Namun sebagai informasi tambahan, listrik yang ada di pulau Lengkuas hanya tersedia dari pukul 18.00 sampai 23.00 WIB saja.

Nah itulah panduan wisata ke Pulau Belitung tepatnya di Pulau Lengkuas. Menikmati keindahan pulau saat berlibur tentu akan membuat fikiran lebih mudah fresh dan terhindar dari stress akibat tekanan dari pekerjaan.

Baca Juga:  10 Wisata Kuliner Di Solo Yang Akan Bikin Kamu Ketagihan

Baca Juga :

***