Danau terbesar di dunia

Apakah ada danau dari Indonesia yang masuk ke dalam daftar danau terbesar di dunia? Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa menyimak ulasan kali ini. Sebab, ulasan kali ini akan merinci secara gamblang tentang danau-danau besar yang ada di dunia. 

Lantas, apa saja nama danau terbesar yang masuk ke dalam daftar ini? Daripada kamu bingung dan penasaran, yuk cari tahu jawabannya sama-sama dengan membaca ulasan di bawah ini! 

Danau Victoria

Danau terbesar di dunia, danau victoria

Kalau danau yang satu ini berada di wilayah benua Afrika. Aliran danau ini telah melewati 3 negara bagian di Afrika seperti Tanzania, Uganda, hingga Kenya. Luas danau Victoria mencapai 68.870 km persegi dengan panjang danau sekitar 322 km. 

Dengan begitu, Danau Victoria termasuk ke dalam peringkat besar ketiga di dunia. Sama seperti namanya, pemberian nama danau ini memang berasal dari nama Ratu Victoria. Karena luasnya danau ini, ada banyak hewan lain yang tinggal disini. Mulai dari berang-berang, kuda nil, tikus, dan lainnya. 

Danau Terbesar di Dunia, Huron Lake

Danau terbesar di dunia, huron lake

Sebagai salah satu dari sekian besar danau terbesar, Huron Lake terbentang dari wilayah Kanada hingga Amerika Serikat. Tak heran kalau danau ini masuk ke dalam daftar danau besar dunia. Bayangkan saja, luas danaunya mencapai 82.100 km persegi dan panjang 332 km. 

Danau Tanganyika

Danau terbesar di dunia, danau tanganyika

Dengan luas sekitar 32.600 km dan panjang mencapai 676 km telah menobatkan danau ini sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Bagaimana tidak, danau ini telah telah melewati kawasan negara-negara di benua Afrika seperti Zambia, Burundi, Tanzania, dan sebagainya. 

Menurut sejarahnya, danau ini merupakan cekungan besar yang terbentuk dari aktivitas tektonik. Maka, bisa disimpulkan bahwa Danau Tanganyika termasuk danau alami, bukan danau buatan manusia. 

Baca Juga:  Wisata Ekstrim Di Dunia Yang Sangat Menantang

Danau Terbesar di Dunia, Danau Michigan

Danau michigan

Beralih ke wilayah Michigan, Amerika Serikat, danau ini memiliki luas sekitar 58.000 km persegi dan panjang 494 km. Saling luas dan panjangnya danau ini, bahkan aliran airnya sampai melewati negara-negara bagian di Amerika Serikat. Sebut saja Illinois, Indiana, Wisconsin, dan Michigan. 

Sebagai salah satu danau terbesar di dunia, Danau Michigan memiliki pemandangan alam di sekitarnya yang cukup indah. Danau Michigan juga terkenal dengan Pelabuhan Chicagonya yang menawan. 

Danau Terbesar di Dunia, Baikal Lake

Danau baikal

Tahukah kamu, ternyata Danau Baikal juga termasuk ke dalam daftar danau terbesar yang ada di seluruh dunia. Danau yang terletak di Rusia ini bahkan melewati kawasan Mongolia karena saking panjangnya. 

Danau ini bahkan sempat berada di peringkat ke-6 besar d Kandungan air yang ada di genangannya merupakan 23% air segar. Maka tak heran kalau air yang ada di danau ini bersih dan jernih daripada danau-danau di Amerika Utara. 

Danau Teraneh di Dunia : Terlihat Menarik atau Menyeramkan ?

Danau The Great Slave

The great slave

Kanada memiliki salah satu danau terbesar bernama The Great Slave Lake. Danau ini memiliki luas sekitar 2.700 meter dan panjang danau sekitar 480 meter. Dengan begitu, danau ini termasuk ke dalam salah satu danau terbesar di Kanada. 

Ketika kamu berlibur ke kawasan Danau The Great, kamu akan takjub dengan kondisi airnya yang jernih. Sebab, air danau ini mengalir dari Danau Mackenzie, lalu bermuara ke Samudera Arktik.  Oleh sebab itu, tidak heran kalau kualitas airnya bening dan menyegarkan mata. 

Baca Juga :

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Alam Indah Hawaii 2019

***