Cityawesome.com – Wisata Curug Jenggala. Saat kamu berkunjung ke Banyumas, Jawa Tengah, pastikan untuk tidak melewatkan objek wisata Curug Jenggala. Selain harga tiket masuk yang terjangkau, nyatanya Curug Jenggala sendiri cukup hits dan instagramable.

Curug Jenggala sendiri memiliki keindahan pemandangan di mana berasal dari pertemuan 2 aliran sungai. Memiliki jajaran 3 air terjun, kamu akan merasakan keseruan saat mengunjunginya bersama teman dan keluarga.

Nah untuk kamu yang penasaran ingin berlibur ke Curug Jenggala, simak uraian di bawah ini untuk diketahui.

wisata curug jenggala

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Curug Jenggala berlokasi di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53152. Di mana aksesnya dari Purwekerto membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk bisa sampai kesana.

Tarif tiket masuk yang di kenakan juga terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 10 ribu perorang. Sedangkan jam operasional wisata Curug Jenggala di buka setiap hari mulai jam 07.00 sampai dengan 16.00 WIB.

wisata curug jenggala

Daya tarik dan keindahan wisata Curug Jenggala

Curug Jenggala tidak lain adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Di mana sebelumnya wisata ini di beri nama Curug Tempuan sekaligus mewakili kondisinya yang merupakan pertemuan antara sungai Banjaran dan sungai Mertelu.

Menariknya objek wisata ini di lengkapi dengan area spot foto yang kekinian sehingga tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung terutama anak muda.

Adapun beberapa daya tarik dan keindahan wisata Curug Jenggala di antaranya adalah:

1. Jalur trekking

Agar bisa sampai ke area air terjun, pengunjung di haruskan untuk berjalan kaki sejauh 80 meter. Selain itu kamu bisa memilih berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek. Kamu juga tidak perlu khawatir karena jalan setapak yang akan di lalui merupakan jalanan berlapis batu. Lebarnya sekitar 1 meter, di mana dalam perjalanannya kamu akan menikmati keindahan pemandangan berupa sawah, kebun, bahkan hingga PLTA Ketenger.

Baca Juga:  Tiket dan Wahana Seru Kolam Renang Pasir Putih Depok

2. Keindahan panorama alam

Di tengah perjalanan menuju Curug Jenggala, kamu akan menemukan gapura jenggala yang berjarak sekitar 150 meter sebelum sampai ke area air terjun. Selain itu kamu juga akan menemukan panorama 3 air terjun dari atas tebing. Namun jika ingin melihatnya secara lebih dekat, maka kamu hanya perlu turun ke bawah melalui tangga batu dan jembatan.

Sebagai informasi tambahan. 3 air terjun tersebut memiliki arus air yang cukup deras dan tinggi. Oleh karena itu terdapat larangan bagi pengunjung yang ingin berenang di sana.

3. Area spot foto

Curug Jenggala di lengkapi dengan beragam area spot foto kekinian dan instagramable. Seperti salah satunya adalah dek berbentuk hati yang langsung menghadap ke air terjun. Selain itu spot foto menarik lainnya adalah jembatan cinta yang berada di bawah tebing dan melintasi sungai.

4. Objek wisata sekitar

Jika lelah berkeliling dan menghabiskan waktu di Curug Jenggala, kamu bisa mengunjungi objek wisata lainnya yang ada di sekitar.

Adapun objek wisata yang ada di sekitar Curug Jenggala di antaranya adalah Sendang Candrakirana, Curug Muntu, Curug Penganten, Pancuran Pitu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

wisata curug jenggala

Fasilitas wisata Curug Jenggala

Meskipun tarif tiket masuk yang di kenakan cukup terjangkau, namun fasilitas penunjang yang tersedia terbilang lengkap. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir saat mengunjungi objek wisata satu ini. Berikut adalah beberapa fasilitas yang ada di Curug Jenggala :

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet
  • Ruang ganti
  • Mushola
  • Jejeran kios makanan

Demikian penjelasan mengenai wisata Curug Jenggala yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu berada di wilayah Banyumas, berkunjung ke Curug Jenggala bisa menjadi rekomendasi pilihan terbaik.

Baca Juga:  Menguak Keindahan Air Terjun Kanto Lampo yang Populer di Bali

Baca Juga :

***